Loading...

Ketahui 5 Hal Tentang Perawatan Kulit di Usia 20 Tahun

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Remaja

Ketahui 5 Hal Tentang Perawatan Kulit di Usia 20 TahunTERUSKAN.COM – Memiliki kulit halus seperti bayi adalah dambaan setiap orang. Namun, untuk memilikinya jelas memerlukan perawatan lebih dan tidak hanya dapat dilakukan dengan mencuci wajah.

Kulit Anda adalah bagian terbesar dari bagian tubuh lainnya. Kulit juga menjadi organ pertama yang akan terlihat karena terletak di permukaan wajah dan tubuh.

Terlebih jika kondisi lingkungan dan cuaca yang semakin tidak menentu, menjadikan masalah kulit sebagai salah satu hal yang paling sering membuat Anda pusing.

Loading...

Polusi mungkin merupakan kontributor terbesar yang menyebabkan beberapa masalah pada kulit. Asap kendaraan bermotor, asap rokok, sinar matahari langsung adalah beberapa “musuh” kulit yang harus dihindari.

Namun, jangan khawatir karena saat ini banyak produk kecantikan yang menyediakan perawatan anti-aging yang tidak kalah dengan pengobatan dokter.

Seiring pertambahan usia, kulit Anda akan mengalami sejumlah perubahan, pergeseran tekstur hingga masalah pigmentasi. Sayangnya, tidak ada ramuan ajaib di luar sana yang dapat menghentikan perubahan ini terjadi, dan Anda tidak akan mungkin menghalau segala kekurangan.

Bagian wajah yang perlu Anda berikan perhatian ekstra adalah dahi, sekitar bibir, serta sekitar mata. Karena di situlah banyak terletak garis-garis halus yang akan terlihat saat tersenyum, sedih ataupun marah.

Masalah yang sering dialami remaja usia 20 tahun ke atas diantaranya ialah kulit berminyak, pori-pori membesar, kulit mengkilap, dan jerawat yang timbul.

Nah, berikut adalah beberapa rangkaian perawatan yang penting untuk dilakukan bagi Anda yang berusia 20 tahun ke atas:

1. Jaga kesegaran dan keseimbangan kulit

Penting untuk menjaga kesegaran dan keseimbangan kulit berminyak. Kosmetik yang masuk pada seri ini termasuk gel pencerah atau gel pembersih yang lebih mudah diserap dan mengatasi kelebihan minyak.

2. Gunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri juga sangat diperlukan untuk menghindari perkembangbiakan bakteri pada kulit wajah yang biasanya menjadi penyebab wajah berjerawat.

3. Seimbangkan minyak pada wajah

Seimbangkan minyak pada wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang akan membuat kulit lebih lembut.

4. Berikan nutrisi di malam hari

Gunakan nourishing gel untuk perawatan malam hari yang akan menjaga keseimbangan sekresi kelenjar minyak.

Gunakan cairan yang dapat menghidrasi atau pelembab bebas minyak. Banyak dermatologist merekomendasikan mulai dari resep retinoid vitamin A derivatif (seperti Retin-A, Tazorac, dan Avage) yang merupakan standar emas untuk mengurangi garis-garis halus, merangsang kolagen, dan mengobati jerawat, atau produk yang kurang keras, retinol tanpa resep dokter.

Sebelum tidur, gunakan sedikit ke seluruh wajah Anda dan tepat di bawah mata Anda, maka Anda tidak memerlukan krim mata.

5. Gunakan scrub gel dan masker

Scrub gel untuk mengangkat kulit mati dan, mengontrol minyak serta masker yang akan menjaga keseimbangan produksi minyak di wajah.

Perawatan tidak harus menggunakan kosmetik, Anda dapat melakukan perawatan di atas dengan menggunakan produk berbahan alami, terlebih untuk menghindari efek samping yang timbul nantinya.

Semoga bermanfaat.