Loading...

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Buah Kiwi adalah buah kecil dengan panjang sekitar 3 inci dan berat sekitar empat ons. Daging hijau dalam konsistensi dan rasa menyegarkan yang mengingatkan pada strawberry, melon dan pisang, namun dengan rasa manis yang unik.

Buah kiwi, buah yang sering hadir dalam campuran es buah ini, ternyata bukan sekedar buah-buahan biasa. Dikemas dengan lebih banyak vitamin C daripada jumlah yang setara dengan jeruk, buah ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Ya, buah dengan nama latin Actinidia deliciosa ini banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, asam folat dan banyak lagi.

Loading...

Berikut kami paparkan manfaat buah kiwi bagi kesehatan:

1. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Buah kiwi kaya akan vitamin C. Selain itu, buah kiwi juga dikenal sebagai buah yang tinggi akan kadar antioksidan. Vitamin C dan antioksidan sangat baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

2. Membantu pertumbuhan janin

Tahukah Anda, buah kiwi adalah salah satu buah yang mengandung asam folat. Asam folat adalah zat yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan otak pada janin. Selain itu asam folat juga mencegah cacat syaraf pada bayi.

Untuk bertumbuh janin setidaknya membutuhkan 400 hingga 800 mikrogram asam folat.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Mengkonsumsi buah kiwi 2 buah setiap harinya diketahui dapat membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah, dan kadar lemak dalam darah. Dengan demikian, buah kiwi dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

Buah kiwi dapat digunakan sebagai masker guna mendapatkan kulit lebih segar dan elastis. Kandungan antiosidan yang terdapat dalam buah kiwi juga dapat membantu kulit terlihat kencang dan awet muda.

Selain itu, mengkonsumsi buah kiwi dapat membantu menghilangkan kerutan pada wajah dan lingkaran hitam pada mata.

5. Membantu masalah pencernaan

Buah kiwi kaya akan kandungan serat. Serat dapat memperlancar saluran pencernaan. Sangat baik mngkonsumsi buah kiwi bagi mereka yang mengalami perut kembung dan susah buang air besar.

6. Membantu menjaga kesehatan mata

Salah satu zat yang terkandung dalam buah kiwi adalah karotenoid. Zat ini akan membantu melindungi mata dari radikal bebas yang berbahaya.

7. Melindungi DNA

Dalam dunia penelitian fitonutrien, buah kiwi mempesona karena kemampuannya untuk melindungi DNA dalam inti sel manusia dari kerusakan akibat oksigen. Para peneliti belum bisa memastikan senyawa dalam kiwi yang memberikan kapasitas antioksidan pelindung ini, tetapi mereka yakin bahwa properti penyembuhan ini tidak terbatas pada nutrisi yang paling sering dikaitkan dengan buah kiwi, termasuk vitamin C atau beta-karoten.

Kiwi ditunjukkan mengandung berbagai flavonoid dan karotenoid yang telah menunjukkan aktivitas antioksidan, fitonutrien dalam kiwi ini mungkin yang bertanggung jawab dalam melindungi DNA.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, buah kiwi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit asma, menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, dan tentunya masih banyak lagi yang dapat diperoleh dari buah kecil ini.

(photo: www.medicalnewstoday.com)