Loading...

8 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Remaja, Wanita

8 Tips Mengatasi Kulit Wajah BerminyakTERUSKAN.COM – Kulit berminyak membuat Anda down? Anda tidak sendirian. Kulit berminyak adalah keluhan kulit umum, bahkan di antara selebritis seperti Katy Perry dan Cameron Diaz.

Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengalahkannya.

1. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Ketika Anda berjuang dengan kulit berminyak, mencuci wajah dalam setiap kesempatan bisa sangat menggoda. Ini mungkin membuat Anda merasa segar dalam jangka pendek, tetapi lebih dari itu, ini bisa dibilang salah satu cara terburuk untuk merawat kulit berminyak.

Loading...

Sementara mencuci wajah sekali atau dua kali dalam sehari dengan pembersih bebas minyak dan berbasis gel dapat memerangi kotoran dan minyak yang menumpuk, mencuci wajah secara berlebihan dapat memberikan efek sebaliknya!

Mengapa? Kita memproduksi sebum untuk melumasi dan melindungi kulit. Berulang kali melucuti minyak alami ini hanya akan membuat tubuh memproduksi minyak lebih banyak lagi.

2. Jauhkan tangan Anda

Entah sedang tidur atau mendengarkan ceramah membosankan, kita seringkali secara naluriah menyentuh wajah. Namun, membatasi kebiasaan ini akan membantu mengusir jerawat dan kulit berminyak.

Bagaimana? Sepanjang hari, tangan Anda terus-menerus melakukan kontak dengan kotoran, minyak dan bakteri. Ketika Anda menyentuh wajah Anda, Anda memberikan semua kotoran tersebut langsung ke pori-pori Anda di mana itu akan menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat. NO!

3. Hati-hati memilih kosmetik

Bila Anda memiliki kulit berminyak, penting untuk tahu apa yang Anda aplikasikan pada wajah Anda. Jika saat ini Anda menggunakan foundation yang kaya minyak, coba ganti dengan produk berbasis mineral.

Umumnya, makeup terbaik untuk kulit berminyak adalah yang bebas minyak. Dan perhatikan kosmetik yang menyatakan non-comedogenic.

4. Rawat diri Anda dengan masker buatan sendiri

Ada tumpukan resep untuk membuat masker wajah di dunia maya, tapi salah satu masker favorit untuk kulit berminyak adalah masker pisang, madu, dan lemon.

Vitamin C dalam pisang mencegah produksi minyak, sementara asam dalam jus lemon memecah minyak yang ada. Madu menawarkan manfaat anti-bakteri dan membantu mengikat masker bersama-sama.

Caranya mudah, campurkan 1 buah pisang masak, 1 sdt madu, dan 2 sdt jus lemon hingga membentuk pasta semi-halus, lalu oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai kering, lalu bilas.

5. Jangan buang pelembab Anda

Membuang pelembab untuk membantu merawat kulit berminyak hanyalah mitos belaka. Jika Anda sering membersihkan, memakai toner, dan mencuci wajah untuk memerangi minyak, Anda berisiko melucuti sebum dari kulit Anda.

Hal ini tidak hanya mendorong tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak minyak, tetapi juga dapat membuat daerah kering dan bersisik di luar zona T Anda.

Hindari hal ini dengan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan pelembab khusus yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Pilih produk yang ringan, bebas minyak dan non-comedogenic. Jika Anda khawatir tampilan kilap pada wajah Anda, carilah pelembab yang mengandung talc untuk menyerap kelebihan minyak dari kulit Anda.

6. Jangan lupa eksfoliasi

Eksfoliasi sangat penting untuk meningkatkan warna kulit berminyak. Pastikan untuk melakukannya sekali atau dua kali seminggu untuk benar-benar membersihkan pori-pori Anda dari kotoran, sel-sel mati dan kotoran lainnya. Ini akan membantu mencegah menumpuknya sebum dan timbulnya jerawat.

Pilih exfoliator yang dirancang untuk kulit berminyak karena umumnya diformulasikan dengan astringent ringan, seperti tea tree oil yang memiliki efek anti-bakteri. Produk yang mengandung asam salisilat (BHA) juga baik, asam salisilat menawarkan sifat anti-inflamasi dan mendorong fungsi pori efektif.

7. Awasi makanan Anda

Anda mungkin akrab dengan kalimat “Anda adalah apa yang Anda makan.” Memang benar. Beberapa perubahan sederhana dalam diet Anda dapat menjadi kunci untuk mengalahkan kulit berminyak.

Mulailah dengan memastikan bahwa diet Anda dikemas dengan antioksidan seperti bayam dan blueberry, karena antioksidan memainkan peran kunci dalam melindungi kulit Anda dari penuaan, radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari. Makanan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon dan almond, juga sama pentingnya. Superfood ini mempromosikan kulit halus, kenyal dan melawan peradangan untuk warna kulit lebih rata.

Cobalah untuk mengurangi makanan berlemak dan karbohidrat sederhana, seperti gula dan pati, karena makanan ini menyebabkan kadar insulin tubuh melonjak. Hal ini kemudian menyebabkan peradangan, yang hanya akan mengacaukan kulit Anda yang sudah rawan jerawat.

Dan jangan lupa untuk minum banyak air untuk menjaga kulit Anda terhidrasi!

8. Rileks

Percaya atau tidak, stres adalah kontributor besar terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya. Mengapa? Karena respon alami tubuh terhadap stres adalah memproduksi produksi hormon stres kortisol secara berlebihan. Pada gilirannya, kortisol mempromosikan kulit berminyak dan peradangan.

Jika Anda akan melalui periode stres dalam hidup Anda, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia dan santai. Sementara itu, Anda dapat mengobati stres pada kulit Anda dengan produk yang mengandung bahan anti-inflamasi seperti camomile dan teh hijau.

Nah, sekarang Anda tahu bagaimana memperlakukan kulit berminyak, yang tersisa adalah menerapkannya. Selamat mencoba!

(photo: www.pinterest.com)