Loading...

5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Ingin tahu bagaimana cara menyingkirkan whiteheads atau yang dikenal denngan nama komedo? Pertama-tama, ketahui dulu apa itu komedo.

Whiteheads atau  juga dikenal sebagai komedo adalah benjolan putih keras yang disebabkan oleh kumpulan sel-sel minyak dan kulit mati di dalam pori-pori. Komedo biasanya berwarna putih atau kuning dan paling sering muncul di permukaan kulit pada daerah hidung. Komedo umumnya akan muncul pada kulit yang berkelebihan minyak.

caramenghilangkankomedo

Loading...

Nah, Anda sudah tahu apa itu komedo, sekarang saatnya untuk pencegahan dan cara menghilangkannya. Komedo dapat dihilangkan dengan menggunakan sabun pembersih khusus komedo, tetapi jika Anda yang ingin lebih aman dan tanpa efek negatif, yuk gunakan bahan alami.

Berikut beberapa tips menghilangkan si putih dari hidung Anda, yang kami kutip dari hirabeautytips.com

1. Mencuci Wajah Dengan Rutin

Cuci wajah Anda dengan air hangat setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan pencuci muka ringan. Karena ritual rutin mencuci wajah akan membantu menyingkirkan komedo dan mencegahnya datang kembali.

2. Uap Air

Salah satu metode yang paling efektif untuk menyingkirkan komedo di rumah yaitu dengan menguapkan wajah Anda pada semangkuk air mendidih selama 10 menit. Uap panas dari air akan membuka pori-pori sehingga akan mengeluarkan kotoran yang terperangkap.

3. Handuk Panas

Jika Anda tidak ingin melakukan uap wajah, Anda bisa mencelupkan handuk dalam air hangat, peras hingga kering lalu terapkan di wajah Anda. Ulangi ini selama beberapa menit hingga membuat wajah terasa hangat dan membuat pori-pori terbuka.

Tapi ingat untuk tidak memaksa komedo untuk keluar karena dapat menimbulkan bekas atau vena yang rusak.

3. Tanah Liat

Anda dapat menggunakan masker tanah liat. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Jika sulit menemukannya, gunakan baking soda dan air yang sudah tercampur hingga berbentuk pasta. Terapkan di seluruh wajah Anda, tunggu hingga kering dan setelah itu cuci wajah dengan air hangat.

4. Lemon 

Gosok perlahan lemon pada wajah Anda dengan menggunakan bola kapas. Asam ringan di dalamnya membantu membuka pori-pori dan menghilangkan komedo. Jus lemon juga mengering minyak berlebih yang menyebabkan komedo.

5. Madu

Madu mengandung sifat antibakteri yang akan membantu menghilangkan komedo.

Oleskan madu langsung tanpa mencampurnya dengan apapun pada daerah yang terdapat komedo setelah membersihkan kulit. Biarkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat.

**

Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari menjadi salah satu cara yang paling mudah dan murah untuk menghilangkan komedo karena akan tetap menghidrasi kulit Anda. Selalu gunakan pengobatan rumah dengan bahan-bahan alami karena lebih mudah dan lebih aman.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.