Loading...

5 Tips Memilih dan Membeli Motor

Penulis: Riyan Sumarno Rubrik: Otomotif

Tips Membeli Motor

TERUSKAN.COM – Saat ini sepeda motor merupakan alat transportasi terbesar di negara Indonesia.

Banyaknya jumlah dealer sepeda motor dan banyaknya pihak yang memfasilitasi untuk memudahkan pembelian sepeda motor dengan cara kredit, memicu masyarakat meningkatkan jumlah sepeda motor di negara ini.

Loading...

Untuk anda yang ingin membeli sepeda motor impian dengan angsuran (kredit) atau uang tunai (cash), berikut adalah beberapa tips penting untuk mencerahkan dan menghilangkan gejolak ketika Anda akan memilih dan  membeli sepeda motor.

1. Identifikasi Jenis Motor yang Tepat dan Ikuti Nurani Anda

Memilih motor seperti memilih pasangan hidup kedua Anda setelah pasangan hidup sebenarnya, yaitu istri.

Yang pertama harus dilakukan adalah mengidentifikasi karakter Anda, Anda ingin motor yang besar dan sering bepergian jarak jauh, atau Anda ingin sepeda motor yang dapat ditaruh barang muatan (utilitas).

Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dan ingin motor tangguh, motor yang tepat bagi Anda adalah Motor Sport Touring seperti Byson, Pulsar Series, Tiger dan lain-lain.

Jika Anda hanya menggunakan untuk sehari-hari dan sering di tempati muatan seperti dokumen atau hanya menemani ibu ke pasar, motor yang tepat untuk Anda adalah Motor Matic seperti Mio Series, Vario Helm In dan lain-lain.

Jika Anda ingin memakai untuk sehari-hari namun ingin tetap terlihat keren, Anda cocok untuk mengendarai Motor Sport Tulen/Bebek Super seperti Apache, CS1, Jupiter MX, Vixion dan lain-lain.

Jika Anda hanya memakai untuk sehari-hari dan sering melintasi jalan macet dan ingin bersantai tidak ribet tekan kopling, Motor Bebek Tulen cocok untuk Anda. Misalnya, Honda New Blade, Jupiter Z atau Supra X 125.

Anda yang memilih dan membeli sepeda motor, Anda yang menggunakan, Anda yang mengurus. Jadi tentukan pilihan motor Anda sesuai dengan nurani Anda.

Jangan dengarkan apa kata orang, tidak ada manusia yang sempurna begitu juga dengan motor. Motor yang sesuai dengan nurani akan membuat Anda lebih semangat dan cinta dalam hal merawatnya.

2. Rencanakan Anggaran Anda

Setelah mengidentifikasi apa jenis motor yang dipilih, sekarang mengatur keuangan Anda. Ingin memilih pembayaran tunai jika uang Anda memang tersedia, atau secara kredit jika Anda belum mampu membayar secara langsung.

Jika Anda ingin membayar dengan uang tunai, maka carilah dealer yang saat ada promo diskon besar-besaran, dan jangan ragu untuk dinego masalah diskonnya.

Jika Anda ingin membayar dengan kredit, pilihlah pihak sewa yang telah handal dan mudah. Kemudian jangan lupa untuk mencari promo, angsuran dan DP ringan dengan cara survei ke beberapa dealer.

3. Lihat Review atau Uji Motor Langsung

Ini adalah yang paling penting, tentu saja Anda tidak ingin “membeli kucing dalam karung” bukan?

Seringlah melihat ulasan pengguna motor tersebut (motor yang akan Anda beli nantinya), baik dari internet atau bertanya secara langsung.

Untuk memantapkan lagi, uji motor langsung ke dealer (hanya untuk Bajaj dan TVS) atau jika Anda memiliki teman yang menggunakan motor tersebut, cobalah rayu untuk tukar pakai selama jangka waktu 3 hari.

4. Kekuatan Semakin Besar, Tanggung Jawab Semakin Besar

Kata-kata yang diambil dari film Spiderman ini mungkin cocok untuk nomor 4. Lebih baik dan canggih motor Anda, maka Anda harus memberikan “lebih” untuk sepeda motor Anda.

Intinya di sini adalah konsumsi bensin. Sebagian sepeda motor masih aman untuk “minum” bensin bersubsidi (Premium), tapi banyak yang sudah tidak mampu untuk motor saat ini.

Untuk lebih jelasnya, lihat kompresi motor pilihan Anda. Jika masih di bawah 9,0:1 maka masih aman untuk “minum” premium, tetapi jika sudah berada di atasnya, diwajibkan “minum” pertamax.

Selain mendesak subsidi pemerintah karena premium untuk kelas tidak mampu, yang lebih penting adalah untuk daya tahan mesin sepeda motor tercinta Anda. Tidak ada salahnya memberikan yang terbaik untuk sepeda motor yang setia menemani Anda sehari-hari ketika bepergian.

5. Periksa Sepeda Motor Baru Anda

Jika transaksi sepeda motor impian telah berhasil, jangan lupa untuk memeriksa langsung pada bagian-bagian penting seperti bagian body, cat, chassis (untuk memastikan rangka tidak miring), listrik dan sebagainya sebelum tanda tangan serah terima sepeda motor.

Dan jika sudah sampai di teras rumah Anda, segera untuk mencoba motornya, jika ada kendala yang tidak biasa, jangan ragu untuk mengklaim masalah ini ke dealer tempat Anda membeli.

Usahakan untuk mengklaim masalah ini selambat-lambatnya 1 hari setelah sepeda motor tiba di rumah, dalam rangka memudahkan proses jika Anda harus bertukar unit motor baru karena ada cacat pada komponen-komponen tertentu. Karena, biasanya saat itu proses pembuatan STNK motor belum berjalan.

**

Demikianlah 5 tips yang dapat Anda gunakan sebagai panduan jika ingin membeli motor.

Apapun motor Anda dan siapapun Anda, prioritaskan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Gunakan helm berstandar SNI dan jangan lupa hingga berbunyi “klik” pada tali saat menggunakan helm.

Jika Anda berniat tur/pergi jauh, gunakan jaket yang memiliki windproof atau protector, sarung tangan berprotector, bantalan lutut, sepatu bot dan pelindung punggung (back protector).

Jangan lupa untuk selalu ingat dengan yang kuasa, yaitu dengan cara berdoa sebelum bepergian dan hindarilah mengemudi jika mengantuk.