Loading...

8 Tips Mengontrol Kecanduan Makan

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

Tips Mengontrol Kecanduan Makan

TERUSKAN.COM – Apakah anda merasa selama ini makan terlalu banyak? Apakah selama ini anda merasa terobsesi untuk selalu membawa camilan?

Bagaimana pun juga kebiasaan makan berlebih tidak baik untuk kesehatan kita. Kebiasaan makan tak sehat dapat menyebabkan salah cerna dan masalah pencernaan lainnya.

Loading...

Yuk, simak beberapa tips berikut untuk mengontrol cara makan anda, seperti yang kami kutip dari Magforwomen.com.

1. Ubah kebiasaan

Sederhananya, coba ubah kebiasaaan cara makan anda. Cobalah berdiet dan konsumsi makanan sehat berserat tinggi, seperti buah dan sayuran.

Bagi yang doyan ngemil, usahakan mengonsumsi snack ringan yang lebih “sehat”. Hindari makanan kecil, seperti cookies atau jenis kue-kue lainnya.

2. Jangan beli makanan terlalu impulsif

Jika stok makanan ada di kulkas, kita akan terus tergoda untuk membuka dan memakannya.

Coba, tahan membeli makanan berdasarkan nafsu yang berdampak buruk untuk kesehatan. Misalnya, kurangi membeli cokelat manis dan menyimpannya dalam jumlah banyak di kulkas.

3. Minum teh herbal

Survei terbaru menunjukkan bahwa meminum teh herbal ternyata dapat membantu kecanduan makan. Jadi, jika anda mulai merasa lapar, coba mengonsumsi secangkir teh hijau atau jenis teh herbal lainnya.

Upaya itu dapat menekan rasa lapar saat itu juga. Dalam jangka panjang, upaya tersebut dapat mengurangi perlahan kecanduan makan.

4. Pasang alarm pengingat

Coba untuk memasang alarm pengingat di ponsel setiap sejam atau dua jam, kapan kita harus berhenti untuk makan.

Saat anda akan membuka kulkas, alarm akan berbunyi untuk mengingatkan agar tidak makan sesuatu yang tidak dibutuhkan tubuh. Zaman sekarang, sudah banyak ponsel canggih yang dilengkapi aplikasi alarm semacam itu.

5. Mulai untuk latihan tarik napas

Nah, tips berikut mungkin kedengaran aneh ya.. Tapi silahkan dicoba ketika anda merasa ingin sekali memakan sesuatu yang sebetulnya tidak lagi diperlukan tubuh, mulai tarik napas dan keluarkan lagi.

Latihan ini dinilai dapat membantu anda mengontrol suatu keinginan berlebih pada saat itu juga.

6. Menyibukkan diri

Cara lainnya untuk menghindari makan terlalu banyak di antaranya adalah menyibukkan diri! Misal, ketika anda ingin sekali makan, coba telepon seorang teman dan mulailah mengobrol.

Hal lainnya, misalnya dengan memainkan permainan di ponsel atau menonton siaran televisi favorit. Dan, masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengontrol diri.

7. Kunyah permen karet

Tahukah anda jika permen karet dapat membantu menekan rasa lapar? Jika, anda ingin sekali makan sesuatu, cobalah mengunyah sebuah permen karet untuk beberapa saat.

Pilih, permen karet tanpa gula, agar lebih nyaman, dan lupakan untuk memakan sesuatu yang tidak menyehatkan.

8. Konsumsi protein saat diet

Makanan yang kaya mengandung protein dapat membantu mengontrol nafsu makan berlebih dengan mengubah tingkat gula darah dalam tubuh. Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan keinginan berlebih untuk makan.