Loading...

6 Tes Kesehatan Rutin Untuk Wanita

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Seorang wanita selalu dapat diandalkan atau paling tidak dapat secara konsisten membantu mengurus kesehatan keluarga, sahabat atau orang lain. Tapi terkadang lupa untuk merawat diri mereka sendiri.

Kesibukan dalam mengurus pasangan, anak, atau orang tua seringkali membuat Anda lupa bahwa Anda juga memiliki tubuh yang perlu dijaga kesehatannya.

Tes Kesehatan Rutin Wanita

Loading...

Banyak wanita yang belum mengetahui bahwa ada berbagai tes yang harus rutin dilakukan guna menjaga kesehatannya, penelitian demi penelitian membuktikan bahwa wanita dapat merawat orang yang mereka cinta dengan lebih baik bila memiliki kesehatan yang sempurna.

Bahkan jika Anda meluangkan waktu untuk mengurus diri sendiri, Anda mungkin akan merasa bingung. Dengan semua perubahan terbaru dalam sistem perawatan kesehatan, pesan tentang pedoman skrining dan pencegahan penyakit sudah cukup membingungkan.

Jadi, inilah daftar 6 tes kesehatan yang harus dilakukan untuk menyelamatkan nyawa wanita agar dapat tetap sehat.

Tekanan darah dan kolesterol

Sebagian besar wanita menyatakan bahwa penyakit yang paling mereka takuti adalah kanker payudara. Skrining kanker payudara adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan para wanita. Namun disamping itu, penyakit jantung rupanya adalah pembunuh nomor satu pada wanita.

Penyebab utama penyakit jantung adalah tekanan darah dan kolesterol, oleh karena itu, skrining tahunan terhadap tekanan darah dan kolesterol sangat penting dilakukan dalam pencegahan penyakit jantung.

Mamografi

Mamografi tahunan sangat direkomendasikan oleh American Cancer Society untuk para wanita dengan usia 40 tahun keatas. Penyebabnya dapat bervariasi tergantung pada sejarah pribadi atau keluarga wanita dari kanker payudara dan faktor lainnya.

Beberapa wanita mungkin perlu untuk mulai lebih awal atau mendapatkan pemutaran tambahan dengan USG atau MRI.

Kolonoskopi

Kolonoskopi merupakan salah satu tes kesehatan yang harus diperiksakan secara rutin oleh para wanita. Sebelumnya, kanker usus besar dipandang sebagai penyakit pria. Rekomendasi terbaik adalah bahwa seorang wanita harus melakukan tes kolonoskopi setiap 10 tahun, dimulai pada usia 50.

Pemeriksaan kulit tahunan

Pengidap kanker kulit terus meningkat setiap tahun, khususnya di kalangan perempuan. Ini adalah kanker paling umum yang sering menyerang baik pria ataupun wanita, dan melanoma adalah kanker paling umum di kalangan wanita muda usia 25-29.

Melakukan pemeriksaan kulit tahunan merupakan hal yang sangat penting untuk mendeteksi dan mencegah kanker kulit di kalangan wanita.

Pemeriksaan diabetes

Dengan jumlah orang yang kelebihan berat badan dan tingkat obesitas yang terus berkembang, kasus diabetes tipe 2 berada pada level tertinggi sepanjang masa.

Wanita dengan usia 45 tahun ke-atas, siapapun yang memiliki faktor risiko untuk terkena diabetes, orang dewasa dengan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi, semuanya harus melakukan pemeriksaan rutin dan mendapatkan kadar glukosa yang cukup.

Pemeriksaan gigi

Sayangnya, sekarang ini banyak orang yang mengabaikan kesehatan mulut mereka, studi terbaru menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang melewatkan pemeriksaan gigi mereka karena menganggapnya tidak begitu penting. Padahal faktanya, kesehatan mulut Anda dapat sangat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh Anda.

Menyikat gigi dua kali sehari, flossing sekali dalam sehari dan mengunjungi dokter gigi 1 atau 2 kali setahun sangatlah dianjurkan.