Loading...

8 Efek Minuman Bersoda Terhadap Kesehatan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

bahaya soda

TERUSKAN.COM – Sekarang ini, tidak sedikit orang yang lebih memilih minuman ringan bersoda daripada air putih, khususnya anak-anak. Anak-anak di seluruh dunia dan bahkan orang dewasa mengkonsumsi asupan minuman ringan dalam jumlah yang lebih banyak, dan hanya meminum satu atau dua gelas air setiap hari.

Wanita bahkan percaya bahwa diet mereka akan lebih berhasil dengan konsumsi minuman ringan karena dianggap mampu mengurangi kalori dalam tubuh. Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada beberapa efek yang dapat merugikan kesehatan tubuh Anda jika terlalu sering mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung soda?.

Loading...

Isi dalam satu kaleng minuman bersoda begitu kuat bahkan sampai pada tahap mampu digunakan untuk membersihkan porselen di toilet Anda. Jadi, bisa dibayangkan betapa buruk efeknya pada lapisan lambung.

Efek dari minuman ringan yang tak terhitung banyaknya dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda terutama bila dikonsumsi secara rutin.

Berikut adalah beberapa efek dari minuman ringan pada kesehatan Anda. Setelah Anda mengetahui beberapa efek tersebut, pikiran Anda akan secara otomatis berubah dan mulai memilih minuman yang lebih sehat:

Meningkatkan Kalori

Jumlah kalori yang hadir dalam sekaleng soda atau minuman ringan dapat membuat latihan atau diet Anda menjadi sia-sia.

Jika Anda telah kecanduan soda, sekarang adalah saatnya untuk memulai beralih ke air putih yang jelas memiliki manfaat lebih baik bagi tubuh.

Buruk Untuk Gigi

Salah satu efek buruk dari minuman ringan adalah dapat menyebabkan kerusakan oral. Soda mengandung terlalu banyak gula dan asam, yang buruk bagi kesehatan mulut Anda karena mampu melarutkan kalsium dari enamel gigi, serta rongga mulut.

Jadi, kurangi asupan minuman bersoda Anda setiap hari.

Risiko Diabetes

Konsumsi rutin minuman yang didalamnya mengandung kokas hanya akan memprovokasi diabetes. Jika penyakit diabetes merupakan penyakit turunan dalam keluarga, maka akan lebih baik untuk menghindari minuman tersebut.

Rawan Terkena Batu Ginjal

Minuman ringan bersoda dapat menyebabkan erosi kalsium, yang pada akhirnya akan menetap di ginjal dalam bentuk batu. Hal ini terjadi karena keseimbangan radikal asam dan mineral.

Jadi jangan sampai Anda memperburuk kesehatan tubuh dengan konsumsi minuman yang tidak sehat.

Menghancurkan Sistem Pencernaan

Satu kaleng minuman ringan mengandung sejumlah besar asam fosfat. Asam ini bersaing dengan asam klorida yang hadir dalam perut Anda. Ketika kedua asam tersebut bercampur, maka hal ini akan mempengaruhi fungsi kerja dan dengan demikian menghancurkan sistem pencernaan pada waktunya.

Penyebab Dehidrasi

Tahukah Anda bahwa minuman ringan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya dehidrasi dalam tubuh?. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit lainnya.

Melemahkan Tulang

Hal ini telah terbukti, bahwa konsumsi minuman ringan dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan cepat rapuh sehingga menjadikan Anda mengalami osteoporosis. Begitu pula anak-anak, tulang mereka akan melemah jika terus mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin.

Mengandung Kafein

Asupan kafein dalam minuman bersoda dapat menyebabkan iritabilitas, rasa gelisah, ketegangan, tekanan darah tinggi, kencing berlebihan dan efek samping lainnya yang berdampak buruk pada tubuh Anda.

Maka sebaiknya Anda mulai menjatuhkan pilihan pada minuman sehat seperti air putih dan jus buah-buahan.