Loading...

6 Tips Mudah Mengatasi Sulit Tidur

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Kita semua tahu, susu hangat dan mandi air panas dapat membantu badan lebih relaks sebelum tidur, namun sering kali di antara kita masih saja sulit terlelap.

Bahkan, jutaan resep pil tidur telah ditulis setiap tahunnya di Inggris saja, dan sebuah survei yang dilakukan Crampex menemukan 86 persen di antaranya mengalami gangguan tidur.

Tips Sulit Tidur

Loading...

Jika kita mengalami hal serupa, jangan putus asa dulu, mari coba beberapa tips natural yang disarankan oleh ahli kesehatan, seperti dilansir Daily Mirror berikut ini:

  1. Tarik napas melalui cuping hidung kiri

Metode yoga ini diajarkan guna mengurangi tekanan darah serta berfungsi untuk menenangkan.

Terapi tidur holistik Peter Smith mengatakan triknya seperti ini: “Letakkan salah satu jari anda untuk menutup lubang hidung kanan, dan mulai perlahan, tarik napas dalam –dalam melalui lubang hidung kiri.”

Teknik ini dinilai cukup baik ketika kita mengalami semacam gejolak menopause yang membuat sulit tidur.

  1. Pijat dan Relaksasi

Merelaksasi seluruh otot mampu membantu tubuh untuk siap tertidur.

Ahli kejiwaan Charles Linden mengatakan triknya seperti ini: “Bersandarlah, tarik napas, dan perlahan bernapas lewat hidung dan, pada waktu yang sama tekan atau lakukan pijatan pada jari-jari kaki cukup keras, lepaskan perlahan.”

  1. Coba tetap terjaga

Nah, tips berikut adalah tantangan di mana kita diminta untuk tetap terjaga, namun pada akhirnya pikiran kita yang akan memberontak. Hal ini dinamakan paradoks tidur menurut psikoterapis Julie Hirst.

Triknya sebagai berikut: “Tetap buka mata anda, katakan berulang pada diri sendiri, “Saya tidak akan tertidur”. Otak tidak akan memproses sesuatu yang negatif, jadi interpretasikan ini sebagai sebuah instruksi untuk tidur dan otot mata mulai lelah dan perlahan akan memejam.”

  1. Putar mata

Seorang penulis The Good Sleep Guide Sammy Margo mengatakan, memejamkan kedua mata dan memutar bagian bola mata selama tiga kali dapat membantu memicu hormon mengantuk, melatonin.”

  1. Coba bayangkan!

Meditasi visualisasi akan bekerja ketika anda menggunakannya dalam tiga rasa.

Sammy mengatakan triknya: “Bayangkan diri anda sedang berada di situasi yang berisikan surga tropis, berlayar pada air yang tenang, atau berjalan di taman bunga-bunga.”

Selagi anda membayangkan “tempat-tempat yang menyenangkan” bayangkan juga, anda bisa mencium wanginya bunga-bunga, merasakan gerakan rumput-rumput yang tertiup angin atau pasir di kaki anda, atau mendengar suara gemericik air dari atas perahu. Hal itu dapat membantu anda sungguh merasa relaks.

  1. Buat daftar kekhawatiran anda

Nah, buat tips yang terakhir ini mungkin agak terkesan janggal bagi anda. Namun, menuliskan daftar kekhawatiran atau pekerjaan yang belum selesai hari ini, lalu memajangnya di meja kerja anda, ternyata sangat membantu pikiran anda terbebas dari rasa gelisah dan ketakutan melupakan sesuatu.

Dengan trik tersebut, anda justru merasa yakin mampu menyelesaikannya pada hari- hari ke depannya, anda pun dapat tidur dengan tenang dan nyenyak di malam hari tanpa harus takut lupa suatu hal.

Selamat mencoba!