Loading...

4 Rahasia Agar Tetap Semangat Beraktivitas di Hari Senin

Penulis: Nuzulia Rubrik: Dunia Karir, Wanita

Tips Agar Semangat di Hari Senin

TERUSKAN.COM – Hari Senin adalah hari yang menjemukan bagi sebagian orang, karena di hari ini semua aktivitas rutin mulai dilakukan kembali setelah berlibur di akhir pekan.

Pergi bekerja, sekolah, berbelanja, adalah aktivitas rutin yang dianggap menjemukan bila dilakukan terus menerus apalagi jika dilakukan di lingkungan yang padat seperti di ibukota Jakarta, yang selalu bermasalah dengan kemacetan jalanannya.

Loading...

Bahkan, saking jemunya menghadapi hari Senin, ada yang sampai menyebabkan menurunnya produktivitas dan terhambatnya aktivitas harian. Hal ini bisa dilihat dari “kebiasaan” di hari Senin, seperti terlambat masuk sekolah, terlambat masuk kantor, tidur di kelas, ogah – ogahan saat mengikuti meeting di kantor, dan sebagainya.

Kebiasaan ini harus segera dihilangkan. Kita harus tetap semangat saat menghadapi hari Senin demi lancarnya aktivitas.

Lalu, bagaimana supaya tetap semangat di hari Senin? Berikut triknya:

1. Berpikir positif

“Haduuhhhh,… Senin lagi, Senin lagi,… males!” ungkapan – ungkapan seperti ini harus kita singkirkan, karena ungkapan itu bisa jadi penanda bahwa kita tidak berpikir positif terhadap hari Senin.

Berpikir positiflah tentang hari Senin. Bersyukurlah bahwa di hari Senin ini kita dapat beraktivitas seperti biasa, sehingga kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang sudah diagendakan tepat waktu. Bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu merupakan hal yang menyenangkan, bukan ?

2. Buat agenda kegiatan

Buat daftar agenda kegiatan apa saja yang harus kita lakukan di hari Senin,. Seperti apa saja yang akan kita lakukan di kantor, pekerjaan apa saja yang akan kita kerjakan, alat dan bahan apa yang kita butuhkan, dan lain sebagainya. Sebaiknya membuat daftar agenda kegiatan ini tidak hanya di lakukan untuk menghadapi hari Senin saja, tapi juga untuk menghadapi hari – hari lainnya.

Selain dapat mengurangi beban pikiran kita, membuat daftar agenda kegiatan membuat persiapan kita menghadapi pekerjaan/rutinitas akan lebih matang.

3. Kerjakan beberapa hal di hari Jumat

Tak ada salahnya kita mengerjakan beberapa pekerjaan di hari Jumat. Hal ini dilakukan supaya kita tenang saat berlibur di akhir pekan dan menghindari pekerjaan yang menumpuk di hari Senin.

Membayangkan pekerjaan yang menumpuk di hari Senin, bisa membuat liburan kita tidak tenang karena selalu terpikir pekerjaan yang belum terselesaikan. Selain itu, bisa menyebabkan rasa malas saat menghadapi hari Senin.

4. Nikmati waktu libur di akhir pekan

Nikmati waktu libur di akhir pekan dengan keluarga dan sahabat. Dengan berlibur pikiran kita akan lebih fresh, tentunya dengan memperhatikan kemampuan tubuh kita.

Akan tetapi, jangan sampai terlalu memforsir tubuh dengan banyak berkegiatan saat berlibur, karena waktu libur pada dasarnya juga merupakan waktu kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah bekerja selama sepekan.

Jangan sampai tubuh kita malah kekurangan waktu untuk istirahat karena banyaknya kegiatan. Akibatnya kita akan merasa kelelahan dan hal ini bisa membuat merasa malas menghadapi rutinitas di hari Senin.

**

Demikianlah 4 rahasia untuk membangkitkan semangat menghadapi hari Senin. Semangat membumbung tinggi sehingga produktivitas lancar jaya.

Selamat beraktivitas!