Loading...

Menikmati Pesona Keindahan Pantai di Bali Timur

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Bali merupakan salah satu provinsi kecil yang memiliki destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi dan tidak akan pernah mati.

Bali terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Bali bagian Utara, Barat, Timur, dan Selatan. Setiap bagian tersebut mempunyai wisata pantai yang tersohor hingga mancanegara. Akan tetapi, para wisatawan lebih banyak mengunjungi Bali bagian Selatan padahal Bali bagian Timur tidak kalah cantik pemandangannya.

Bukan berarti bali bagian ini sepi pengunjung, hanya saja tidak seramai bali bagian Selatan. Salah satu alasan kenapa Bali bagian ini sedikit pengunjungnya adalah tempat yang terlalu di ujung. Dari bandara pun cukup memakan banyak waktu, otomatis pelancong enggan untuk ke pantai cantik bagian ini.

Loading...

Untuk anda yang berencana berlibur ke Bali dan ingin menikmati cantiknya pantai, tidak ada salahnya mengunjungi pantai bagian Timur. Ini dia 5 pantai cantik di Bali Timur yang dapat anda kunjungi dan nikmati keindahannya:

1. Pantai Amed dan Tulamben

pantai amed

Pantai Amed dan Tulamben merupakan pantai cantik yang saling bersebelahan di Bali bagian Timur yang terletak di Kabupaten Karangasem berlokasi di kaki bukit. Pemandangannya sangat indah untuk dinikmati dan obyek menarik bagi Anda pecinta diving.

Pantai Amed adalah keindahan surga yang eksotis. Pantai Amed digunakan untuk berlatih menyelam, karena lokasi ini cocok untuk penyelam pemula. Celah-celah batu karang yang bagus dapat anda nikmati.

Terdapat tempat khusus untuk snorkeling, yaitu Cemuluk dan sekitar 4 kilometer lebih jauh ke selatan di sepanjang pantai terletak Banyuning. Jadi dalam waktu satu hari anda dapat bermain ke dua pantai sekaligus.

2. Pantai Candi Dasa

pantai candidasa

Panai Candi Dasa merupakan pantai yang mempunyai pura atau tempat persembahyangan umat Hindu di Bali. Pantai ini terletak di kabupaten Karangasem.

Candi Dasa baik pantai dan puranya mempunyai keindahan yang sangat memukau. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, salah satunya adalah snorkeling dan diving. Pantai ini masih bersih nan asri, jauh dari kesan kumuh.

Perjalanan yang anda tempuh dari Denpasar menuju pantai Candi Dasa ditempuh sekitar 2 jam. Pantai di Kabupaten Karangasem ini dikenal memukau wisatawan dalam dan luar negeri.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini yakni menikmati kuliner khas Bali di tepi pantai dan juga bisa menikmati aktivitas nelayan di sekitar pantai. Warna airnya pun masih sangat alami dan tentunya membuat sejuk mata.

3. Pantai Padangbai

padangbai

Pantai Padangbai terletak di kabupaten Karangasem. Pantai ini terkenal dengan pelabuhan penyeberangan feri Bali-Lombok. Apabila anda berlibur dari Lombok dan akan melanjutkan liburan ke Bali, tentu anda akan menemukan pantai PangBai.

Kebersihan dan keindahan pantai Padangbai ini cukup terjaga dan terkelola dengan sangat baik. Pemandangan lain yang dapat lihat adalah banyaknya masyarakat sekitar yang memancing ikan.

4. Nusa Lembongan

nusalembongan

Nusa Lembongan, pantai yang jarang dijamah ini merupakan surganya pantai di Bali Timur. Dari Denpasar, Anda dapat ke sana melalui pantai Sanur menaiki speed boat.  Nusa Lembongan masuk ke dalam kabupaten Klungkung.

Nusa Lembongan terkenal akan budidaya rumput lautnya. Tidak banyak masyarakat lokal yang sering berkunjung di tempat ini, lebih banyak wisatawan dar luar negeri. Mungkin itulah sebabnya Nusa Lembongan tetap menjadi pantai yang terjaga keindahannya.

5. Nusa Penida

nusapenida

Bali bagian timur mempunyai pantai sekaligus pulau, yaitu Nusa Penida. Jika anda ingin berlibur ke lokasi ini, bisa melalui 2 jalur yakni dari pantai Sanur dan dari Pantai PadangBai.

Hanya saja masyarakat lebih banyak menggunakan jalur PadangBai ke Nusa Penida, karena hanya memakan waktu 10-15 menit saja. Sementara dari pantai Sanur sekitar 1 jam.

Sama seperti Nusa Lembongan, pantai ini membudidayakan rumput laut. Setiba di pantai ini anda akan bertemu dengan suasana yang sedikit kering, namun sepanjang perjalanan hamparan hijau rumput laut dapat anda nikmati. Anda juga dapat mencoba langsung untuk membudidayakannya bersama masyarakat setempat.