Loading...

Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Vertigo

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Kesehatan

 Penyakit Vertigo

TERUSKAN.COM – Bagi Anda yang mengidap penyakit vertigo tentu merasakan sakit kepala yang luar biasa yang mengakibatkan aktifitas keseharian menjadi terganggu. Keluh kesah memang sering kali dialami penderita penyakit ini.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang penyebab gejala dan cara mengobati penyakit vertigo secara alami.

Loading...

Mengenal Penyebab Penyakit Vertigo

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia mempunyai banyak organ yang membentuk beberapa sistem tubuh yang saling terkait satu dengan yang lainnya, jika salah satu organ mendapat gangguan maka seluruh tubuh akan mengalami sakit.

Penyakit vertigo adalah salah satu penyakit atau gangguan yang menyerang tubuh manusia yang terpusat pada organ telinga.

Penyakit ini dijelaskan sebagai gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam atau disebut perifer yang menyebabkan seseorang merasakan pusing akut yang mempengaruhi pandangannya sehingga lingkungan nampak seakan-akan melayang-layang, naik turun, objek menjadi ganda dan lainnya.

Lebih singkatnya penyebab vertigo adalah vestibulum yang mengakibatkan pusing akut.

Jenis-Jenis Dan Gejala Penyakit Vertigo

Secara umum, jenis vertigo bisa dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu :

1. Vertigo Peripheral

Penyebab penyakit Vertigo peripheral adalah disfungsi perifer yang menjalar hingga bagian batang otak manusia. Jenis vertigo ini dikentahui tandanya dengan adanya gangguan pada sistem pendengaran, tepatnya terletak pada organ saluran kanalis semisirkularis, dimana saluran ini berfungsi mengatur keseimbangan tubuh.

Gejala vertigo jenis peripheral yaitu :

  • Pandangan mata berubah menjadi lebih gelap.
  • Lebih cepat mengalami lelah dan stamina turun drastis.
  • Keseimbangan menjadi hilang.
  • Pikiran sulit untuk fokus atau konsentrasi.
  • Otak merasakan sakit berlebih.
  • Sering mengalami mual dan muntah.
  • Tidak nyaman atau sensitive terhadap cahaya dan suara yang bising.

2. Vertigo sentral

Jenis Vertigo ini adalah gangguan yang terfokus pada otak sentral manusia. Pada umumnya jenis vertigo ini akan menyebabkan beberapa hal yang tidak normal pada pusat keseimbangan di otak manusia.

Namun anehnya mayoritas penderita jenis vertigo sentral tidak tahu menahu bahwa dirinya mengidapnya, hal itu disebabkan gejala vertigo sentral terjadi secara bertahap dan perlahan.

Beberapa gejala – gejala penyakit vertigo sentral yaitu :

  • Kesadaran sering mengalami gangguan.
  • Koordinasi tubuh menjadi hilang.
  • Sering merasakan mual dan muntah.
  • Tubuh merasa selalu lemas tidak berdaya.
  • Penglihatan pada objek menjadi dobel atau ganda.
  • Jarang makan karena susah menelan makanan.
  • Terdapat tanda-tanda kelumpuhan pada otot sekitar wajah.
  • Sakit kepala yang sangat akut.

3. Vertigo vestibuler

Vertigo vertibuler adalah gangguan yang terjadi pada organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear. Hal ini membuat pengidapnya merasa seperti naik kapal laut karena benda – benda di lingkungannya naik turun secara kontinue. Tidak ada gejala lainnya selain ini.

4. Vertigo non-vestibuler

Mayoritas penderita vertigo non-vestibuler tidak dapat menjelaskan secara detail gejala yang dialaminya.

Penyebab penyakit vertigo jenis ini adalah terjadi gangguan pada sistem regulator keseimbangan. Penyebab lainnya adalah terjadi kesalahan ketika terjadi proses informasi pada sistem saraf pusa.

Gejala – gejala yang akan dirasa penderitanya adalah kepala terasa kosong, pusing dan pandangan lebih gelap.

Cara Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami

Anda dapat menerapkan cara mengobati penyakit vertigo secara alami dari bahan-bahan herbal yang kami jelaskan sebagai berikut yaitu :

1. Mengkonsumsi Kulit Manggis

Kulit manggis kaya akan antioksidan yang akan meningkatkan imunitas tubuh. Kulit manggis juga banyak mengandung vitamin C, B1, B2 dan beberapa zat penting bagi tubuh yaitu potassium, kalsium, sodium dan zat besi yang akan menghindarkan terjadinya kerusakan sel tubuh.

Kulit manggis ini diyakini akan mencegah beberapa penyakit yang menyerang sistem syaraf tubuh.

2. Mengonsumsi Daun Sirsak

Daun sirsak kaya akan acetogenins, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium, lemak, fosfor dan vitamin B.

Senyawa acetogenins diyakini akan mencegah penurunan tekanan darah, mengurangi gejala stress dan depresi. Kandungan acetogenins dapat memperbaiki sistem syaraf yang tidak berjalan dengan normal.

**

Demikianlan penjelasan detail tentang penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit vertigo secara alami, kami harapkan ulasan ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas kesehatan.

(Gambar: wikispaces.com)