Loading...

7 Makanan Terbaik Cegah Kerontokan Rambut

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Mencari makanan yang mampu mencegah atau mengurangi kerontokan rambut anda, tidaklah sulit bila anda kerap menengok isi dapur. Jika anda saat ini sedang mengalami masalah kerontokan rambut, cobalah ubah gaya hidup makan anda. Hal ini merupakan cara paling alami dan mudah untuk mengatasi masalah rambut anda saat ini.

cara cegah rambut rontok

Mari, simak 7 makanan terbaik yang berfungsi untuk memperkuat dan membentengi akar rambut anda, seperti dilansir Allwomenstalk.com.

Loading...

Salmon

Ikan salmon merupakan makanan kaya mengandung Omega-3 asam lemak, di mana makanan ini menjadi satu di antara makanan terbaik lainnya untuk mencegah kerontokan rambut. Jenis makanan yang mengandung Omega 3 asam lemak, terbukti tidak hanya baik untuk kecerdasan otak, namun juga rambut anda.

Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak,  padahal zat tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan batang rambut anda hingga 3 persen.  Jadi, pastikan makanan kaya Omega 3, seperti salmon, kacang-kacangan, atau tuna ada di menu anda.

Bayam

Sudah bukan rahasia, sayur-sayuran hijau banyak mengandung vitamin yang diperlukan tubuh. Selain vitamin, kandungan antioksidan dan mineral di dalamnya, juga terbukti mampu mencegah kerontokan rambut sekaligus menjadikan kulit anda lebih bercahaya.

Salah satunya sayur bayam, juga sangat dikenal mampu membantu pencernaan dan juga memberi nutrisi pada mata dan tulang. Asal anda tahu, ternyata bayam lebih sehat dkonsumsi saat anda memasaknya, dibandingkan hanya dibuatkan minuman jus. Jadi, cobalah mengolah bayam dengan beragam menu.

Telur

Untuk makanan satu ini, mungkin akan membuat kita kembali pada pertanyaan ayam atau telur. Haruskah kita memakan atau menghindarinya?

Jika anda sedang mencari cara untuk mencegah kerontokan rambut, telur merupakan sesuatu yang perlu anda konsumsi sesering mungkin. Telur sangat tinggi nutrisi dan penting juga untuk kesehatan mata, dengan kandungan asam amino esensial yang mampu meningkatkan HDL (baik) kolesterol.

Gandum

Gandum dikenal sebagai sarapan sehat sekaligus makanan kecil yang lezat. Tapi, tahukah anda, gandum ini juga berguna untuk mencegah kerontokan rambut. Gandum juga sangat baik sebagai sumber protein biotin saat diet serta menyehatkan kulit kepala.

Namun, keuntungan memakan gandum tak hanya sampai di situ, meningkatkan hormon untuk mengontrol nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengontrol tekanan darah menjadi fungsi gandum lainnya bagi tubuh.

 Wortel

Salah satu jenis sayuran ini merupakan makanan yang sangat baik sekaligus mampu membantu meningkatkan minyak yang dapat membuat kulit kepala tetap sehat ketika anda ingin mencegah kerontokan rambut.

Wortel juga mengandung beta karoten yang memproduksi vitamin A yang juga membantu meningkatkan produksi minyak nutrisi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rambut tipis bahkan kerontokan. Anda bisa juga mendapat asupan beta karoten dari kentang manis, mangga, dan labu.

atasi rambut rontok

Tiram

Makanan laut satu ini dikenal kaya mengandung zat besi. WebMD mencatat jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut, maupun bulu mata, serta kulit kepala gatal.

Selain tiram, anda juga bisa memperoleh zat besi pada makanan seperti, kacang, daging sapi, telur.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin esensial lainnya dan mineral yang menjadi kunci mencegah kerontokan rambut. Jika anda seorang vegetarian, tetaplah menyimpan makanan jenis kacang-kacangan di dapur anda sebagai sumber protein yang lezat. Rambut kita terdiri dari komposisi protein, jadi makanlah secukupnya untuk menguatkan rambut dan tulang anda.

Jika anda tidak terlalu menyukai kacang-kacangan, coba makanan lainnya yang mengandung zat sama, seperti tofu, yogurt Yunani, atau daging ayam.