Loading...

5 Tips Merawat Buku Agar Tetap Awet

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fun

TERUSKAN.COM – Buku adalah jendela dunia. Kata-kata ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk Anda dengar bukan  Buku yang menjadi media informasi yang memegang peranan penting bagi sebagian orang terlebih untuk mereka para pecinta buku.

Anda mungkin memiliki beratus-ratus koleksi buku di lemari atau rak pada kamar tidur,namun Anda hanya meletakkannya begitu saja. Sebagai pecinta buku, membeli bukan hanya menjadi hal yang juga penting, melainkan merawatnya juga sangat penting.

Nah, dari pada buku Anda berakhir di gudang penyimpanan, kenapa tidak Anda melakukan perawatan buku agar menjaganya tetap awet ?

Loading...

Berikut beberapa tips merawat buku yang kami lansir dari  apartmenttherapy.com yang akan membantu Anda menjaga agar buku tetap awet.

5 Tips Merawat Buku Agar Tetap Awet

1. Merapikan tulang buku

Bagian tulang belakang dari buku baru bisanya menjadi bagian yang kaku dan akan lebih mudah rusak saat Anda sudah mulai membaca buku. Untuk menjaga kondisi tulang belakang buku tetap awet, buat buku dalam posisi berbaring atau  vertikal dengan permukaan yang keras mengarah ke bagian bawah.

Biarkan cover buku terjatuh lalu ambil 1/4 halaman pad isi buku dan lakukan seperti gambar diatas secara bergantian yang akan membuatnya lebih lentur.

Lanjutkan hingga Anda sampai di pertengahan buku.  Jangan membuka paksa buku atau melipatnya karena akan membuatnya terlepas dari tulang buku.

2. Menyusun buku

Susun buku dengan sesuai dengan bentuk dan ukuran. Buat bagian tulang buku menghadapt keluar, dan halaman menghadap ke dalam.

Hindari memaksa buku masuk ke dalam tumpukan rak yang sudah penuh dan sempit  karena akan merusak cover buku dan lipatan halaman atau membuat cover buku menjadi tergores saat ditarik keluar dengan cara dipaksa.

Jika ingin mengeluarkan buku dari rak, dorong dua buku pada sisi buku yang akan Anda ambil kebagian dalam yang akan memberi sedikit ruang sehingga Anda dapat menariknya keluar. Saat menarik buku, jangan memegang bagian atas dari tulang buku melainkan bagian tengah tulang buku.

3. Menyimpan buku

Jangan menyimpan buku terlalu dekat dengan pemanas, sinar matahari langsung atau di tempat-tempat lembab yang bisa membuat buku Anda penuh dengan jamur.

Jika buku Anda sudah terlanjur terkena jamur, coba untuk menggosok jamur dengan kain yang sangat kering dan biarkan buku tetap terbuka di bawah sinar matahari selama sekitar 45 menit. Jika buku tersebut sangat berharga, bawa ke dokter spesialis konservasi buku sebelum  Anda mencoba untuk membersihkan sendiri.

4. Menghindari debu

Untuk menghindari debu, bungkus buku Anda dengan menggunakan plastik buku yang akan menjaganya tetap bersih dan juga bebas goresan dan kotor.

5. Tangan bersih

Pastikan tangan Anda bersih saat akan mengambil buku. Ingat, tangan yang berminyak, keringat, kotoran dan sisa makanan dapat menyebabkan banyak kerusakan pada buku Anda.

**

Demikian beberapa tips sederhana merawat buku kesayangan Anda agar tetap awet dan bersih.  Anda juga dapat membersihkan rak buku setiap 3 kali seminggu untuk menghindari kotoran atau debu yang menumpuk pada sudut-sudut rak.

Semoga bermanfaat.