Loading...

8 Cara Alami Menghilangkan Sakit Gigi

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Menghilangkan Sakit GigiTERUSKAN.COM – Sakit gigi memang menjadi masalah yang menyebalkan. Sampai-sampai rasa sakit yang dialami karena sakit gigi membuat anda tidak bisa beraktivitas bahkan tidak bisa tidur semalaman. Hal inilah yang menjadikan sakit gigi dibenci sama banyak orang.

Sakit gigi pastinya disebabkan karena keadaan gigi yang kurang bersih dan terawat, sehingga kuman-kuman pun akan dengan mudah menggerogoti gigi anda. Penyebab lainnya adalah rahang gigi atau gusi mengalami pembengkakan, retak dan lain sebagainya.

Nah, jika anda mengalami sakit gigi dan ingin menyembuhkannya dengan cara yang alami, anda bisa mengikuti beberapa cara tradisional di bawah ini.

Loading...

• Kunyit

Kunyit adalah salah satu tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sakit gigi yang anda alami.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan kunyit secukupnya dan membakarnya dengan bakar api. Jika sudah dibakar, tumbuk kunyit hingga halus dan gunakan bubuknya pada gigi anda.

• Bawang putih

Mungkin anda bertanya-tanya apakah bawang putih mampu menyembuhkan sakit gigi? Jawabannya bisa. Bawang putih dikenal banyak orang sebagai bahan bumbu dapur saja, padahal bawang putih bisa menjadi salah satu obat untuk mengobati sakit gigi yang ampuh.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu anda hanya perlu menyiapkan satu siung bawah putih. Kupas dan buang kulitnya dan tumbuk hingga hancur. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit kacang dan oleskanlah pada permukaan gigi anda yang sakit.

• Merica atau lada

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan merica atau lada adalah dengan menyiapkan satu sendok teh lada atau merica bubuk dan campurkan dengan garam. Kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

• Peppermint

Untuk menyembuhkan gigi dengan peppermint, anda hanya perlu menyiapkan sekitar 5 gram peppermint dan merebuskan dengan satu cangkir gelas dan tambahkan sedikit garam.

Diamkan sampai mendidih. Jika sudah diangkat, diamkan terlebih dahulu. Minumlah ramuan ini minimal 2 kali sehari.

• Asafetida

Asafetida adalah salah satu bahan yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa sakit. Cara penyembuhan menggunakan asafetida adalah dengan menyiapkan sekitar satu sendok makan Asafetida dan campurkan dengan setengah sendok makan air lemon.

• Bayam

Siapkan beberapa lembar daun bayam yang masih bagus dan kunyah daun tersebut. Hal ini akan membantu memperkuat gusi.

• Mentimun

Buah mentimun mungkin dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Akan tetapi, siapa yang mengira kalau buah berwarna hijau muda ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi?

Cara pembuatannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan buah mentimun yang sudah dicuci dan potonglah menjadi bagian kecil. Setelah itu, masukan ke bagian gigi yang mengalami sakit.

• Es Batu

Menggunakan es batu adalah salah satu cara yang bisa anda andalkan untuk menghilangkan mati rasa pada tubuh. Untuk itulah, es batu sangat berguna bagi anda yang sedang menderita sakit gigi. Dengan es batu ini, rasa sakit pada gigi akan dimatikan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokkan es batu pada gigi yang sakit selama beberapa menit.

**

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati sakit gigi tanpa harus menggunakan obat kimiawi. Selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Selamat mencoba!