Loading...

Cara Menghilangkan Urat di Tangan

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Urat merupakan garis yang bewarna hijau dan sedikit kemerahan yang terdapat diseluruh tubuh. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki sekalipun didalam lapisan kulit terdalam, terdapat urat-urat yang menempel pada otot dan daging.

Fungsi urat ini adalah membantu otot untuk dapat berkontraksi lebih baik ketika tubuh mengangkat beban sendiri ataupun beban berat. Urat-urat halus ini biasanya muncul ke permukaan kulit terluar, dan seolah-olah membuat kulit memiliki garis alurnya sendiri.

Cara Menghilangkan Urat di Tangan

Cara Menghilangkan Urat di Tangan

Loading...

Munculnya urat halus dipermukaan disebabkan oleh pembuluh darah balik vena yang melebar. Pelebaran pembuluh darah balik vena yang timbul keluar di kulit tangan biasanya sering terlihat pada laki-laki yang seringkali melakukan pekerjaan berat. Bila pada perempuan urat halus ini timbul di bagian kaki dan disebut dengan varises.

Munculnya urat halus hingga nampak sangat jelas sebenarnya tidak berbahaya, tapi bagi beberapa orang, hal ini sangat menggangu penampilan karena tangan merupakan kontak pertama langsung ketika berhubungan dengan seorang klien. Tangan yang memiliki urat menimbul akan tampak sedikit menakutkan.

Penyebab Munculnya Urat di Tangan

Nah, sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan urat di tangan, terlebih dahulu mari kita pelajari berbagai faktor penyebab timbulnya urat pada tangan, yaitu:

Elastisitas dinding pembuluh darah balik vena melemah

Pembuluh darah vena berfungsi untuk mengangkut sisa-sisa metabolisme dalam darah dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Tetapi karena kemampuan pembuluh darah telah menurun, maka kontraksi pembuluh darah vena untuk membawa aliran darah menjadi tidak memompa dengan semestinya

Katup pembuluh darah balik vena yang rusak

Katup berfungsi untuk menahan darah yang sudah dialirkan ke jantung tidak kembali atau keluar ke jaringan tubuh lainnya. Bila katup tersebut rusak, maka aliran darah malah menyatu didalam dan menjadi gumpalan yang menggangu aliran lainnya.

Kemunculan urat dapat disebakan oleh gen atau terlalu berat membawa beban saat bekerja, juga terlalu banyak merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaki dan timbul penyempitan.

Cara Menghilangkan Urat di Tangan

Untuk menghilangkan urat di tangan, Anda dapat melakukan beberapa cara tak berbayar berikut ini:

  • Biasakanlah untuk membaringkan lengan lebih tinggi dari posisi jantung bila sedang tidur. Jangan biarkan tangan menggantung terlalu lama karena darah akan mengumpul seluruhnya dibagian tangan dan tidak dapat kembali ke jantung karena elastisitas pembuluh darah balik vena sudah melemah.
  • Lakukan gerakan berputar dan buka tutup pada tangan perlahan-lahan bila anda duduk seharian didepan komputer, ataupun sambil berolahraga. Dengan melakukan gerakan berputar dan buka tutup, akan membantu pembuluh darah kembali menggerakan ototnya menjadi lebih elastis.
  • Pijatlah tangan namun jangan ditekan, usap lembut dengan menggunakan minyak. Bila tangan yang berurat dipencet terlalu keras, bisa-bisa yang terjadi adalah pembuluh darah tersebut menjadi pecah didalam tubuh.
  • Ubah pola makan dengan mulai memperbanyak asupan buah dan sayuran yang berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi aliran darah. Makanan yang baik untuk alirah darah tersebut adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe. Perbanyak juga vitamin yang kaya akan vitambin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, magnesium, asam folat, kalsium, dan zat besi.

Sebenarnya ada cara menghilangkan urat di tangan secara cepat dan instan. Apa itu? Anda bisa mengunjungi dokter spesialis dan meminta suntikan untuk menghilangkan urat ditangan. Suntikan ini diarahkan langsung pada urat. Hanya saja, selain rasanya yang cukup menyakitkan, suntikan ini pun membutuhkan dompet yang cukup tebal. Meskipun begitu hasilnya langsung dapat terlihat.

Nah, Anda pilih cara yang mana?