Loading...

12 Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Otak

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan

12 Ciri-Ciri dan Gejala Kanker OtakTERUSKAN.COM – Kanker otak merupakan salah satu pembunuh utama manusia selain penyakit jantung dan stroke.

Sama seperti penyakit berbahaya lainnya, kanker otak pun bisa dideteksi gejalanya dengan mudah.

Ada beberapa indikasi yang bisa dilihat dengan kasat mata jika seseorang kemungkinan terserang kanker otak.

Loading...

Beberapa tanda dan gejala kanker otak tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Mudah mengalami sakit kepala tanpa adanya alasan atau penyebab yang jelas

Salah satu gejala kanker otak adalah munculnya sakit kepala yang tak tertahankan secara tiba-tiba. Bukan hanya sakitnya yang tak tertahankan, tetapi juga selalu datang secara berulang ulang tanpa adanya alasan yang jelas.

Mudah mual dan mulas, terkadang disertai muntah muntah

Berhati-hatilah jika Anda sering merasa mual dan terkadang disertai dengan muntah-muntah. Boleh jadi itu adalah gejala awal dari kanker otak.

Tubuh lemas dan lunglai walaupun tidak bekerja berat

Penderita kanker otak juga terkadang merasa lemas dan lunglai, padahal penderita kanker otak tersebut tidak bekerja keras. Rasa lemas dan lunglai ini biasanya terjadi sangat sering dan menyebabkan penderita kanker otak malas mengerjakan apapun.

Sulit untuk berjalan dan berkurangnya keseimbangan tubuh

Pada kondisi tertentu, penderita kanker otak akan mengalami kondisi sulit berjalan. Keseimbangan tubuh penderita kanker otak akan sangat berkurang dan menyebabkan penderita kanker otak akan sempoyongan saat berjalan karena tidak bisa mengontrol tubuh.

Sulit mendengar dan melihat dengan jelas

Selain sulit berjalan dengan benar, penderita kanker otak juga akan mengalami gangguan pada indera pendengaran dan penglihatannya. Penderita kanker otak akan mengalami penurunan daya dengar dan daya lihat. Seiring berjalannya waktu, gangguan pendengaran dan penglihatan ini akan semakin parah.

Mati rasa di kaki dan tangan secara tiba-tiba

Gejala kanker otak juga ditandai dengan mati rasa pada kaki dan tangan secara tiba-tiba. Kedua kaki dan tangan tiba-tiba susah untuk digerakan karena saraf pusatnya diganggu oleh sel kanker.

Sulit berkonsentrasi dalam hal apapun

Penderita kanker otak juga akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, baik itu dalam mengingat suatu benda, tempat ataupun mengingat hal lainnya. Kesulitan berkonsentrasi juga akan menyebabkan penderita kanker otak kesulitan dalam bekerja.

Menurunnya daya ingat dan respon

Penderita kanker otak juga akan mengalami penurunan daya ingat yang sangat drastis. Respon tubuhnya juga akan sangat berkurang sehingga sangat mudah jatuh.

Menurunnya daya penciuman

Selain indera penglihatan, indera pendengaran dan indera peraba, indera penciuman pun akan terganggu jika seseorang terserang kanker otak. Penderita kanker otak akan mengalami kesulitan saat mencium bau apapun.

Lumpuh pada sebagian wajah atau badan

Penderita kanker otak juga akan mengalami lumpuh atau mati rasa pada sebagian wajah dan badannya. Mati rasa ini menandakan salah satu otak tengah mengalami gangguan.

Terserang rasa kantuk yang berkepanjangan

Berhati hatilah jika Anda terserang rasa kantuk setiap hari yang berkepanjangan. Rasa kantuknya tak tertahankan dan disertai dengan rasa lemas, malas mengerjakan apapun dan tidak berkonsentrasi. Beberapa gejala ini merupakan gejala awal dari kanker otak.

Berhentinya haid secara tidak normal pada wanita

Wanita pada umumnya mengalami haidh setiap satu minggu setiap bulannya. Namun siklus haidh tersebut akan terganggu pada saat seorang wanita mengidap kanker otak.

****

Demikianlah beberapa ciri-ciri dan gejala kanker otak yang bisa kami ulas secara ringkas untuk Anda. jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala diatas, segera hubungi dokter untuk memastikan segalanya.