Loading...

Khasiat dan Manfaat Temulawak

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan

Khasiat dan Manfaat TemulawakTERUSKAN.COM – Temulawak merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia.

Tanaman merumpun ini memilki batang semu yang merupakan pangkal daun dimana masing-masing batangnya terdapat 2 sampai 9 helai daun.

Bunganya kecil dan melebar dengan warna putih atau kuning. Banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman ini. Untuk orang jaman dulu, setiap dengar kata temulawak pasti identik dengan khasiatnya sebagai penambah nafsu makan.

Loading...

Nah itu pula salah satu alasan masyarakat untuk membudidayakan tanaman ini. Bagian dari tanaman herbal ini yang diambil adalah akarnya atau rimpangnya.

Temulawak atau nama ilmiahnya Curcuma Xanthorrhiza ternyata tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam saja, tetapi juga merawat kesehatan tubuh dari luar, khususnya menjaga kesehatan dan kecantikan wajah karena kandungan senyawa aktif yang dimilkinya.

Banyak produk kecantikan di pasaran yang mengeluarkan produk seperti sabun dan bedak dengan bahan dasar temulawak. Akan tetapi, banyak pihak yang belum tahu pasti apakah manfaat dari temulawak itu sendiri untuk wajah.

Promosi yang ada dari produk pasaran menyebutkan temulawak dapat memutihkan kulit, padahal temulawak tidak mempunyai kandungan yang dapat menghambat pigmen seperti halnya bengkoang.

Minyak atsiri pada temulawak ini lebih berkhasiat dalamhal mencegah penuaan dini, memudarkan noda hitam, dan juga mengusir jerawat.

Khasiat dan Manfaat Temulawak

Berikut uraian dari khasiat dan manfaat temulawak untuk lebih jelasnya.

Menghaluskan Kulit

Pemakaian temulawak untuk perawatan kecantikan Anda, akan efektif membuat kulit Anda lebih halus dan lebih kencang. Selain dengan produk di pasaran, kita dapat mengolah sendiri temulawak menjadi masker untuk perawatan kulit ini.

 Menyamarkan Noda Hitam

Kebanyakan masalah yang dirasakan wanita adalah noda-noda hitam (flek). Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan minyak atsiri pada temulawak dapat menyamarkan noda hitam yang tampak pada wajah Anda.

Mencegah Penuaan Dini dan Kanker Kulit

Temulawak juga mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah toksin-toksin dan radikal bebas yang dapat menyebabkan keriput sehingga mempercepat penuaan wajah. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga dapat berfungsi untk tameng wajah dari paparan sinar radiasi matahari yang berlebih dan berbahaya yang dapat memicu berkembangnya kanker pada kulit.

Membantu Mengatasi Jerawat

Ternyata nggak hanya untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit saja, ramuan masker temulawak juga dapat menusir jerawat dari wajah. Dan nggak cuma dengan masker, jerawat juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air rebusan dari tanaman herbal ini.

***

Untuk produk yang dijual di pasaran, Anda sebagai konsumen harus jeli dengan khasiat yang ditawarkan dari produk tersebut. Produk yang ditawarkan pun bermacam-macam seperti bedak, sabun, make-up, dan lain sebagainya. Lebih baiknya, pilihlah produk yang Anda gunakan secara rutin sehingga khasita dari temulawak dapat terasa.

Opsi lainnya adalah dengan membuat ramuan sendiri dari temulawak. Cara ini memnag memerlukan usaha tetapi Anda sendiri dapat memastikan kealamiannya karen aberasal dari dapur Anda.

Membuat Masker Temulawak

Temulawak dapat dibuat menjadi masker atau hanya mengonsumsi air rebusannya saja. Nah, ini ada sedikit tips mudah untuk membuat masker temulawak.

  • Keringkan temulawak, lalu haluskan temulwaka tersebut sehingga dapat diambil sarinya
  • Ambil satu sendok sari temulawak
  • Campurkan dengan kuntum bunga melati
  • Tambahkan uda rusa asam jawa dengan dua sendk makan jeruk nipis
  • Setelah semua bahan disatukan, campur semuanya dan tumbuk hingga halus sehingga siap menjadi masker
  • Oleskan masker pada wajah secara merata. Tunggu hingga kering selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin

Well, itulah ulasan temulawak yang ternyata mempunyai segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Semoga bermanfaat.