Loading...

10 Cara Mengatasi Kondisi Karir Terpuruk

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Dunia Karir

karir terpurukTERUSKAN.COM – Semua dari kita mungkin pernah mengalami tahapan di mana kita mulai tidak bahagia dengan pekerjaan yang dijalani lantaran cenderung begitu-begitu saja.

Setelah itu, mulai menyalahkan lingkungan kerja, bos dan segala sesuatunya yang berjalan tak baik.

Jika saat ini, anda tengah mengalaminya, coba simak beberapa cara mengatasi kondisi karir terpuruk berikut ini, agar anda kembali bersemangat kerja.

Loading...

1. Optimistis

Hal yang satu ini adalah kunci kesuksesan di mana pun. Tak peduli dengan situasi yang ada, tetaplah berharap sesuatu yang lebih baik dan yakinlah sukses akan menjadi jalan anda!

Ingatlah, juga bahwa masa-masa turunnya kinerja dalam karir anda bukan akhir dari dunia.

2. Berhenti merenung

Maksud dari poin berikut ini adalah jika anda terus menerus memikirkan persoalan saat ini, hal itu hanya akan menambah beban kerja pikiran anda. Cobalah untuk lebih menganalisa dan mencari solusi dari persoalan tersebut.

Tenangkan pikiran anda dan pikirkan tentang solusi lebih positif dan langkah ke depan berikutnya. Mungkin beristirahat sejenak dari rutinitas dapat membantu anda memikirkan rencana dengan lebih jernih.

3. Ambil kritik membangun

Hasil kerja anda mendapat respon negatif dari bos? Cobalah ambil beberapa kritik atau saran yang membangun kemampuan anda. Jangan biarkan kritikan membuat anda jatuh, tapi jadikanlah penyemangat anda.

4. Diskusikan permasalahan

Coba diskusikan persoalan dengan seorang teman yang dapat dipercaya dan mintalah pendapatnya. Hal ini akan membantu anda lebih tenang dan mendapat nasihat beberapa nasihat terbaik.

5. Kebutuhan anda

Salah satu alasan mengapa anda merasa frustrasi pada karir anda bisa jadi karena pekerjaan yang sekarang bukanlah sesuatu yang benar-benar ingin anda lakukan.

Jika anda merasa pekerjaan yang dilakukan saat ini menghambat proses kreatif anda, maka sudah saatnya anda harus mengevaluasi semuanya.

6. Gambarkan solusi

Jika anda sudah mengerti apa yang anda butuhkan, pikirkan solusinya. Jika anda punya minat pada industri di luar bidang anda saat ini, mungkin anda bisa mengambil kursus untuk meningkatkan keterampilan anda.

Jika sudah siap, anda bisa berhenti, mengambil pekerjaan lain atau memulai bisnis sendiri. Silahkan tanyakan pada kata hati anda sendiri.

7. Minta bantuan mentor

Saat ini, tidaklah sulit meminta bantuan atau nasihat seorang profesional atau untuk membantu kemajuan karir anda. Jika anda tak bisa mencari solusi sendiri, anda bisa mencari mentor yang tepat.

8. Cari peluang lebih baik

Pekerjaan anda saat ini, bukanlah satu-satunya di dunia! Jadi, jangan pernah merasa dibatasi. Di luar sana, selalu ada peluang lebih baik tengah menunggu anda.

9. Beri tantangan diri sendiri

Cara terbaik untuk mengubah suatu kondisi negatif menjadi positif adalah dengan melihat semuanya sebagai tantangan. Jika ada seseorang yang meremehkan anda, anggaplah itu keuntungan anda.

Berusahalah lebih keras untuk membuktikan bahwa anda memang mampu dan jadikanlah sebagai peluang untuk ke depannya.

10. Tetap bersyukur

Poin terakhir ini akan jauh lebih menenangkan hati. Ingatlah, bahwa di tempat kerja sekarang, anda memiliki orang-orang atau teman-teman yang baik.

Perlakukan mereka dengan hormat dan bersiaplah untuk saling membantu. Anda tak pernah tahu, bahwa mungkin saja orang yang tak menyukai anda bisa jadi teman anda.