Loading...

Waspada! Jangan Sepelekan 7 Tanda Sakit Ini

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

gejala penyakit yang harus diwaspadai

TERUSKAN.COM – Jika anda kerap merasakan rasa sakit pada salah satu anggota tubuh tertentu, jangan coba disepelekan,  bisa jadi hal itu adalah tanda anda mengalami gangguan kesehatan serius.  Rasa sakit merupakan pertanda bahwa tubuh anda ingin mengatakan ada sesuatu yang tak beres.

Berdasarkan catatan para ahli, mari simak tanda-tanda penyakit yang harus anda perhatikan berikut ini, seperti dilansir prevention.com:

Loading...

Sakit bagian dada

Berdasarkan sebuah studi, wanita lebih berpeluang besar mengalami gejala serangan jantung dibandingkan kaum pria. Seorang pakar kardiologi Arthur Agatston mengatakan, terdapat tiga indikator gejala serius, namun bisa berpeluang terjadi pada kedua gender.

Di antaranya, sakit bagian dada terus menerus, napas pendek, dan kesakitan bagian atas tubuh di mana sebelumnya tidak terjadi. Jika anda mengalami satu dari gejala di atas, sebaiknya anda harus segera konsultasi ke dokter.

Sakit dada

Sakit kepala berat

Biasanya adalah migrain. Tapi, jika gejala tersebut tidak disertai gejala migrain umumnya, namun gejala yang seperti ini, tib-tiba terjadi sakit kepala yang dirasa berat, bisa jadi itu kemungkinan gejala pembengkakan pembuluh darah otak.

Direktur Center for Women’s Health di New York Elsa Grace Giardina mengatakan, pembengkakan pembuluh darah yang parah seperti itu dapat menyebabkan kerusakan otak dalam hitungan menit, jadi bersegeralah konsultasi pada dokter anda.

Gigi berdenyut

Ini kemungkinan pertanda ada kerusakan saraf pada gigi anda, yang disebabkan oleh lapisan gigi atau yang membusuk. Jika anda tidak menyegerakan melakukan penambalan di dokter secepatnya, maka bakteri pada mulut akan semakin menyerang jaringan saraf.

Tidak hanya itu, jika penanganan tidak dilakukan cepat, bukan tidak mungkin para koloni bakteri itu akan semakin menyebar ke jaringan tubuh lainnya yang tentu akan lebih membahayakan.

Sakit pinggang

Jika anda merasakan sakit pinggang bagian kanan seperti ditusuk-tusuk daging disertai mual dan demam, kemungkinan anda menderita radang usus buntu.

Untuk perempuan, gejala semacam ini juga bisa kemungkinan kista ovarium. Pada kedua kasus tersebut, anda membutuhkan bedah medis sesegera mungkin.

Gejala sakit pinggang

Perut kembung

Dalam sebulan terakhir, anda merasakan semacam perut kembung beberapa hari lebih lama dari biasanya, dan sulit makan? Jika hal itu merupakan gejala baru, skenario terburuk kemungkinan itu adalah kanker ovarium. Pada tahun 2007 lalu, Yayasan Kanker Ginekologi merilis hasil pertama konsensus dari jenis kanker semacam ini: kembung, sakit perut, dan kesulitan makan.

Jika anda mulai mengalami gejala tersebut hampir setiap hari selama lebih dari 2-3 minggu, segeralah berkonsultasi pada pakar atau dokter anda untuk mendiskusikan gejala tersebut

Sakit punggung disertai nyeri jari kaki

Jika anda mengalami nyeri punggung akibat mengangkat banyak barang, obat-obatan penghilang rasa nyeri yang biasa anda konsumsi semestinya bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Namun, apabila obat tersebut tak bekerja, segera temui ahli ortopedi.

Letha Griffin, seorang spesialis pengobatan olahraga dan ortopedi mengatakan, hal itu diakibatkan salah satu lingkaran spon yang menjadi bantalan tulang pada bagian tulang belakang tertekan pada jaringan saraf tulang belakang itu sendiri. Tanpa perhatian serius, hal ini dapat menyebabkan dampak lebih buruk lagi.

Sakit kaki hingga bengkak

Anda mengalami gejala tersebut? Kemungkinan anda menderita deep-vein thrombosis (DVT), atau lebih dikenal dengan pembekuan darah. Hindari pemijatan terlalu kencang pada area yang sakit itu, atau hanya melakukan pembiaran rasa sakit itu. Jika, darah yang membeku itu pecah menyebabkan alirannya masuk ke paru-paru dan mengurangi asupan oksigen.

Cara terbaik, anda harus segera berkonsultasi ke dokter secepatnya, dan dokter akan memerika melalui CT scan atau ultrasound untuk melihat gejala DVT.