Loading...

5 Tips Penting untuk Memperkenalkan Bisnis Anda di Instagram

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Bisnis

Tips berbisnis di Instagram

TERUSKAN.COM Instagram adalah alat yang luar biasa yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda, terutama jika Anda menawarkan produk visual menarik seperti T-shirt atau aksesoris mode yang unik.

Namun, meskipun produk yang Anda tawarkan tidak dapat diterjemahkan dengan baik ke dalam sebuah foto, Instagram masih dianggap sebagai suatu jaringan besar untuk meningkatkan brand awareness atau kemampuan pembeli untuk mengenali merk dari produk yang ditawarkan.

Loading...

Nah, jika Anda memiliki rencana untuk memperkenalkan bisnis Anda melalui Instagram, intiplah lima cara ampuh berbisnis di Instagram berikut untuk bisa mendapatkan lebih banyak pengikut dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda:

1. Mem-posting secara konsisten

Ini merupakan kunci utama untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat menarik perhatian pengikut baru dengan mem-posting Instagram setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari jika memang memungkinkan.

Apabila Anda tidak memiliki foto yang cukup unik untuk hal ini, maka cobalah temukan beberapa gambar menarik lainnya secara online. Selain itu, Anda juga dapat memberi quote atau kutipan menarik pada setiap foto yang Anda posting.

Kutipan pada umumnya dapat menjadi cukup efektif karena jika pengikut Anda menyukai kutipan tersebut, maka mereka akan cenderung men-tag teman-teman mereka pada bagian komentar, sehingga hal ini tentunya akan meningkatkan visibilitas profil Anda.

2. Manfaatkan kegunaan Hashtag

Instagram selalu identik dengan hashtag, dan sangat penting untuk mengkategorikan semua postingan Anda dengan memasukkan berbagai hashtags di kotak keterangan. tren hashtag dapat sangat membantu untuk meningkatkan visibilitas konten Anda.

Di samping itu, Anda dapat mencoba membuat hashtag unik untuk bisnis Anda dan secara berkala memasukkannya ke setiap postingan Anda.

Dengan melakukan tips ini, maka secara otomatis Anda akan menghasilkan kategori yang unik untuk konten bisnis Anda yang kemudian memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan foto dari akun Anda yang ditandai melalui fitur pencarian Instagram.

3. Tawarkan promosi khusus

Seringkali, cobalah memberi penawaran khusus kepada setiap konsumen Anda, misalnya barang gratis atau diskon spesial, dengan syarat yang mengharuskan pengikut Anda untuk berbagi foto yang berkaitan dengan bisnis Anda dengan menggunakan hashtag unik.

Ini merupakan salah satu strategi jitu yang pada dasarnya dapat memberikan pemasaran gratis untuk bisnis Anda, dimana pengikut yang berpartisipasi akan mengiklankan akun profil bisnis Instagram Anda ke semua pengikut mereka sendiri. Dan tentunya trik ini akan memberikan Anda jumlah pelanggan potensial yang lebih besar.

4. Gunakan jenis media sosial lainnya

Fitur pencarian Instagram tidak memiliki fasilitas canggih dari jaringan sosial lainnya seperti Facebook ataukah Google Plus. Oleh karena itu, para pengguna terkadang sulit untuk menemukan profil Anda kecuali mereka sudah mengetahui nama profil pengguna.

Untuk mengurangi efek ini, Anda harus mencantumkan profil Instagram Anda di semua jaringan sosial lainnya yang Anda gunakan. Kemudian mengatur sistem Instagram Anda agar foto yang diposting dapat secara otomatis ter-upload ke Facebook dan Google Plus Anda sehingga pengikut Anda di situs tersebut dapat dengan mudah menavigasi ke profil Instagram Anda.

5. Beriklan di dunia nyata dengan stiker dan kartu nama

Untuk memajukan bisnis, Anda harus dapat melakukan apapun guna memperkenalkan bisnis Anda, termasuk berinvestasi dalam stiker murah serta kartu yang menampilkan nama pengguna Instagram.

Beri kartu nama kepada pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda sehingga mereka dapat membantu Anda beriklan di dunia nyata. Stiker juga dapat digunakan untuk beriklan secara lokal dengan menempatkannya di tempat-tempat umum yang banyak dilalui oleh pejalan kaki atau yang mudah dilihat oleh pengguna kendaraan.

Hal ini dapat menginspirasi orang-orang untuk mencari profil Anda pada perangkat mobile mereka selama kemacetan.