Loading...

Cara Membuat Motor Honda Beat Kencang

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Otomotif

Cara Membuat Motor Honda Beat Kencang

TERUSKAN.COM – Para bikers tentu sudah mengenal dengan baik Honda Beat, skuter otomatis ini mendapatkan kepopuleran karena bodinya yang mungil, akselerasi yang cepat, dan penampilan yang keren.

Kali ini kita akan berbagi cara membuat motor honda beat kencang. Sebelum berbicara lebih lanjut tentang cara modifikasi honda beat supaya kencang, ada baiknya kita memahami lebih dalam tentang Honda Beat.

Loading...

Mengenal Honda Beat

Honda Beat adalah sepeda motor matic andalan dari Astra Honda Motor yang dipasarkan di dalam negeri. Skuter otomatis dengan penampilan modis ini pertama kali dirilis pada 2008, Beat mendapatkan penjualan yang laris sehingga penggendara Beat semakin membludak di jalanan tanah air.

Honda Beat mendapatkan saingan berat dari beberapa skuter otomatis dari pabrikan Jepang lainnya, semisal Yamaha Mio, Suzuki Spin, dan Yamaha Nouvo.

Honda Beat 2014 yang sudah dirilis dan dapat dibeli konsumen menyediakan varian Power Black yang mempunyai kombinasi warna eye catching yaitu dominasi warna dasar hitam dipadu grafis kuning yang kontras.

Varian Samba Orange lebih berani dan sporty dengan perpaduan warna orange dan putih. Masih ada pilihan warna Beat lainnya yaitu : Techno White, Funk White, Hard Rock Black, dan Electro Red.

Bagian dapur pacu skuter otomatis ini mempunyai mesin irit BBM yaitu mesin berkapasitas 110 cc berteknologi fuel injection PGM-FI. Terdapat beberapa fitur semisal bagasi yang cukup luas berukuran 11,2 liter, Brake Lock, pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) dan standar samping otomatis (Side Stand Switch).

Cara Membuat Motor Honda Beat Kencang Tanpa Bore Up

Berikut adalah cara modifikasi Honda Beat yang dijelaskan per bagian yaitu :

1. Roller

Langkah pertama adalah mengatur ulang CVT dengan cara menurunkan bobot roller untuk memudahkan mengatur upgrade performa non bore-up yang sudah dirancang. Para bikers hanya membutuhkan sedikit penurunan bobot roller, cukup dikurangi 2 gram dari roller standar bawaan skuter otomatis ini.

Roller standar dari BeAT adalah 12 gram maka diganti dengan roller seberat 10 gram yang bisa dipilih dari beberapa merek semisal CLD, KTC, TDR kawahara, dan lainnya.

Cara praktis lain yang bisa dilakukan yaitu memperbesar lubang diameter roller original BeAT menjadi 5-6 mm, tujuannya sama yaitu supaya berat roller berkurang sekitar 2 gram.

2. Noken As

Pengaturan buka tutup klep harus diubah agar lebih baik, langkah praktis yaitu dengan mengganti noken as standar dengan tipe racing. Pemilik Honda BeAT hanya memerlukan settingan ulang kerenggangan klep.

Alat yang digunakan adalah fuller gauge, atur ulang klep inlet pada nilai 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dirapatkan pada nilai 0,07-0,1 mm.

3. Porting

Motor matic yang masih original dari pabrikan mempunyai dinding pada lubang inlet maupun exhaust dengan tekstur kulit jeruk. Kita hanya perlu menghaluskan bagian exhaust saja, agar proses produksi tenaga hasil pembakaran menjadi maksimal.

Menghaluskan bagian exhaust dikerjakan teknik porting memakai alat tuner atau amplas.

4. Knalpot

Pilihan utama pada knalpot adalah diganti dengan jenis racing, akan tetapi sebenarnya knalpot bawaan motor bisa dimodifikasi supaya proses pembuangan asap kendaraan lebih lancar.

5. Spuyer

Pengaturan ulang spuyer tergantung dari selera si pemilik skuter otomatis ini. Apabila tetap memakai filter udara, maka pengaturan spuyer dikondisikan kering. Namun jika ingin open filter maka perbandingan spuyer dirubah menjadi basah.

6. Piston

Para pecinta Beat jika ingin modifikasi lebih sempurna bisa mengganti piston standar Beat dengan standar Vario yang memiliki permukaan lebih jenong 1 milimeter, hal ini bertujuan untuk menaikkan rasio kompresi namun masin aman untuk pemakaian bahan bakar bensin Premium.

**

Sekian ulasan cara membuat motor honda Beat kencang, Anda bisa mengerjakan tips di atas sendiri atau membawa motor matic ke bengkel terpercaya. Semoga bermanfaat.