Loading...

20 Kehebatan Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

bawang-putihTERUSKAN.COM – Bumbu dapur satu ini pasti selalu hadir untuk menambahkan cita rasa dalam masakan Indonesia, bawang putih memiliki bau yang cukup menyegat. Baunya inilah yang membuat banyak orang tidak menyukai si putih ini, padahal memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan manusia.

Tanaman yang memiliki tinggi sekitar 50-60 cm ini terkategori di dalam keluarga liliacea dengan nama latin Allium sativum. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda perlu memperhatikan warna bawang putih harus putih bersih, tidak lunak, tidak ada noda yang nempel, dan baunya khas.

Kehebatan bawang putih terletak pada kandungan mineral Ca, P, dan K. Selain itu ada vitamin C, Fe,dan B. Kalsium yang bagus untuk tulang ada di dalamnya, antioksidan untuk tubuh juga tersimpan, potasium, dan koraten serta selenium.

Loading...

Khasiat Hebat Bawang Putih

Lalu khasiat besar apakah yang tersimpan? Anda cukup menyimaknya dan mungkin akan berdecak kagum dengan kehebatan bawang putih.

  1. Dapat menyembuhkan penyakit kulit. Bawang putih telah terbukti memiliki khasiat sebagai anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri sehingga bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit pada kulit.
  2. Mengobati Penderita Diabetes, dengan mengontrol jumlah kadar gula pada darah yang menyebabkan bawang putih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan cara dicampurkan ke makanan atau dimakan mentah.
  3. Mengontrol berat badan, karena memiliki kandungan yang dapat membantu menekan nafsu makan. Di sisi lain bawang putih ini akan membantu anda dalam memacu metabolisme sehingga kalori dalam tubuh akan dibakar dan hasilnya akan membantu menurunkan berat badan.
  4. Melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.
  5. Mengobati radang bagi anda yang sedang demam dan mengalami radang tenggorokan, dengan cara mengunyah bawang putih mentah ini. Dengan demikian akan melancarkan tenggorokan yang sakit.
  6. Kandungan antidioksidannya yang mampu untuk membantu menyingkirkan racun yang ada di dalam tubuh dan dapat membuat tubuh anda menjadi kebal terhadap virus.
  7. Meredakan nyeri pada bagian otot dengan cara mengompreskan bawang putih yang telah ditumbuk dan dibalut kain ke bagian yang terasa nyeri. Terutama bagi anda penderita arthritis.
  8. Menyembuhkan luka dengan cara menaruh bawang yang sudah dihancurkan di atas luka tersebut dan dibalut dengan perban, niscaya luka anda semakin berkurang.
  9. Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Cukup dengan cara menggosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata.
  10. Kandungan suplemen yang dimiliki bawang putih dapat membantu proses penyembuhan sariawan, dengan sifat alaminya yang anti inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sariawan. Caranya anda tinggal menempel tumbukan bawang putih.
  11. Jangan heran jika bawang putih sangat berguna untuk meringankan keracunan merkuri, meskipun untuk pertolongan pertama saja, untuk selanjutnya segera lakukan perawatan intensif dari dokter.
  12. Bawang putih adalah obat alami yang dapat menghilangkan jerawat di wajah, karena memiliki anti oksidan yang mampu membunuh bakteri. Dengan cara menggosokkan bawang putih perlahan-lahan ke bagian jerawat dengan rutin maka jerawat anda akan berkurang.
  13. Merendam bagian tubuh yang terserang jamur ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih, bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.
  14. Membantu menghambat penyebaran kanker dan menghambat kemerosotan otak. Jadi sangat baik untuk anak-anak.
  15. Bawang putih memiliki zat anti-kolesterol untuk mencegah pengumpalan darah.
  16. Bumbu dapur ini mempunyai fungsi untuk meredakan stress yang berlebihan, despresi, dan keadaan gelisah lainnya.
  17. Untuk anda yang takut terkena penyakit jantung, ada baiknya mengonsumsi bawang putih 2-3 siung perhari untuk mencegah penyakit jantung.
  18. Untuk meningkatkan nafsu makan dan kekebalan tubuh, dapat mengonsumsi bawang putih mentah atau yang dicampurkan dengan masakan lainnya.
  19. Kandungan antitrombotik, antiarthritis, antimikroba, hipoglikemik, hipolipidemik berfungsi antitumor.
  20. Mencegah dan mengobati flu, dengan cara meminum rebusannya dan langsung memakan bawang putih rebusannya.

Begitu banyak manfaat bawang yang tanpa anda sadari, untuk itulah jangan pernah menyia-nyiakan kehebatannya. Di balik baunya yang menyengat, tersimpan sejuta manfaat.

Bagi anda yang tidak menyukai bawang putih akibat baunya, anda dapat mengonsumsinya dengan bentuk tablet. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika dari bahan alami. Selain tablet tersebut dimasukan beberapa zat pengawet, anda juga harus hati-hati dengan kebersihannya.

Semoga kehebatan bawang putih ini dapat bermanfaat untuk anda.