Loading...

10 Tips Hidup Teratur Tanpa Rasa Gelisah

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anda sedang mencari cara mengubah gaya hidup anda untuk mengurangi rasa gelisah atau khawatir berlebih? Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat perubahan besar gaya hidup, dan beberapa tips di antaranya mungkin tak asing terdengar.

Coba simak dan praktikkan secara disiplin daftar tips hidup teratur tanpa rasa gelisah yang diulas berikut ini demi menjalani kehidupan yang lebih baik, seperti dilansir allwomenstalk.com.

10 Tips Hidup Teratur Tanpa Rasa Gelisah

Loading...

Kurangi konsumsi kafein

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa gelisah atau khawatir dalam kehidupan anda, yakni cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein. Meskipun, anda kerap kecanduan untuk mengonsumsi secangkir kopi setiap harinya, perlu diketahui jika kafein mengandung stimulan yang dapat menimbulkan efek tak menyenangkan dalam tubuh anda.

Bukan hanya konsumsi kopi yang harus dikurangi, namun juga teh berkafein, coklat dan soda yang juga mengandung kafein yang sekaligus dapat menyebabkan meningginya denyut jantung.

Berolahraga teratur

Tak perlu ditanyakan lagi, jika berolahraga memiliki manfaat besar bagi tubuh, sekaligus menjadi salah satu cara untuk membuat hidup lebih tenang. Kuncinya adalah anda harus berolahraga secara rutin agar dapat memanfaatkan keuntungannya terhadap jantung maupun perasaan yang lebih positif.

Berolahraga secara teratur juga diyakini mampu meningkatkan hormon endorfin yang merupakan zat alami tubuh yang menimbulkan rasa nyaman dan membantu mengurangi tekanan adrenalin berlebih.

Hindari Alkohol

Banyak orang beralih ke alkohol sebagai cara mengurangi rasa gelisah dalam diri, namun sayangnya justru alkohol memiliki dampak sebaliknya.

Untuk sementara, alkohol mungkin akan membuat anda lebih tenang, tapi alkohol juga dapat menyebabkan tingkat gula darah menurun dan meningkatkan asam laktik yang berhubungan dengan rasa gelisah seseorang. Cobalah untuk beralih pada minuman lebih sehat, seperti teh herbal untuk memberi efek menenangkan bagi pikiran anda.

Dengarkan musik favorit

Musik bersifat menguatkan, dan diyakini mampu menggairahkan semangat kita, memunculkan rasa simpati serta mampu menangkap apa yang ada dalam pikiran dan perasaan. Mendengarkan sebuah musik juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mengurangi stres dan kegelisahan.

Tarik napas dalam-dalam

Cara lain dalam mengurangi rasa gelisah adalah belajarlah untuk membiasakan menarik napas dalam-dalam dari perut. Jika mengambil napas dari dada, cenderung kurang efektif. Tentunya, cara ini butuh latihan pada awalnya, namun perlahan akan menjadi mudah dan dapat membantu menyeimbangkan pikiran dan tubuh.

Makanlah dengan baik

Mungkin kita tidak selalu menyadari, bahwa setiap makanan yang dikonsumsi sebetulnya ikut memengaruhi suasana hati. Tapi begitulah kenyataannya! Perlu diketahui, makan sesuatu jenis olahan, gorengan, atau jenis makanan lemak lainnya dapat meningkatkan rasa gelisah.

Anda pun masih punya kesempatan untuk mengubah gaya hidup semacam itu, cobalah lebih sering makan sesuatu yang lebih sehat, seperti sayuran, buah, protein, dan gandum. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan protein sangat ideal sebagai makanan yang memberi efek menenangkan.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga meningkatkan kualitas hidup jadi lebih baik. Berdasarkan studi UC Berkeley’s Sleep and Neuroimaging Laboratory, kekurangan waktu tidur malah semakin mengintensifkan antisipasi reaksi otak, yang menyebabkan anda semakin gelisah. Tidurlah dalam 6-8 jam  sehari akan memberi kenyamanan tubuh dan pikiran.

Kurangi konsumsi gula

Gula adalah satu konsumsi yang harus kita kurangi, jika ingin memiliki kualitas hidup lebih baik. Makan terlalu banyak makanan kecil atau permen mengandung gula dapat meningkatkan asam laktik pada tubuh dan menyebabkan perasaan gelisah, dan suasana hati melayang-layang.

Jika anda memang menyukai sesuatu yang manis-manis, cobalah untuk menyimpannya saat acara-acara tertentu saja, dan mulai beralihlah mengonsumsi lebih banyak buah sebagai pengganti camilan anda.

Awasi kerja usus

Tahukah anda bahwa ada beberapa kajian menunjukkan bahwa kegelisahan justru dimulai dari bagian usus bukan otak sebagai basis pikiran? Cobalah makan yang benar dan dapatkan keseimbangan pada perut anda adalah ide baik. Konsultasikan pada dokter anda tentang konsumsi probiotik untuk meningkatkan bakteri baik bagi pencernaan anda.

Bersikap ikhlas

Setelah berbagai upaya di atas untuk meningkatkan kualitas hidup anda, cara terakhir tentu dengan mengikhlaskan segala sesuatu yang terjadi pada diri anda. Merasa terus-menerus gelisah dan khawatir atau memendam hal-hal yang tak perlu sangat tidak sehat. Cobalah berbicara pada orang terdekat anda mengenai persoalan atau sesuatu yang mengganggu pikiran anda.

**

Bagaimana dengan anda, punya cara sendiri untuk mengurangi stres dan menjalani hidup selalu lebih baik?