Loading...

10 Alasan Mengapa Usaha Sampingan Begitu Digemari

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Bisnis
Alasan Mengapa Usaha Sampingan Begitu Digemari

Alasan Mengapa Usaha Sampingan Begitu Digemari

TERUSKAN.COM – Usaha sampingan memang selalu menggoda bagi anda yang telah memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan, karena seringkali usaha sampingan memberikan profit yang jauh lebih besar dibanding gaji anda sebagai karyawan.

Namun seperti yang umumnya diketahui, memulai sebuah bisnis itu tidaklah mudah. Selain masih dikatakan pemula dan belum memiliki pengalaman dalam menghadapi tantangan bisnis, anda juga masih harus mengerjakan pekerjaan utama anda sebagai karyawan.

Loading...

Sekalipun sulit untuk dimulai, namun pada kenyataannya, usaha sampingan memang memberikan keuntungan, sehingga wajar saja jika banyak orang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Berikut 10 alasan mengapa usaha sampingan begitu digemari :

Modal yang Dikeluarkan Kecil

Ada banyak macam bisnis yang dapat dipilih, mulai dari yang bermodal kecil hingga bermodal besar. Namun umumnya, modal yang digunakan untuk usaha sampingan relatif kecil. Hal ini dapat membantu karyawan yang tidak bisa mengeluarkan modal besar untuk memulai usaha sampingan.

Kurang Resiko

Usaha sampingan memiliki resiko yang kecil. Anda tetap dapat menjalankannya tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama anda. Pendapatan anda juga akan meningkat karena anda mendapat penghasilan dari dua tempat, yaitu gaji anda sebagai karyawan dan profit dari usaha sampingan.

Bebas dalam Menggunakan Uang

Penghasilan yang didapatkan dari dua tempat membuat anda memiliki pendapatan yang lebih dan itu sangat menguntungkan karena anda memiliki kebebasan dalam menggunakan uang.

Misalnya, gaji anda dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, sementara itu penghasilan anda dari usaha sampingan dapat ditabung ataupun digunakan untuk mengembangkan usaha.

Menguji Komitmen

Usaha sampingan merupakan media dimana anda akan diuji, apakah anda benar-benar berkomitmen atau tidak untuk terjun ke dunia bisnis, atau malah hanya sekedar ikut-ikutan karena melihat kesuksesan orang lain dalam usaha sampingannya.

Ada banyak orang yang membuka usaha sampingan saat masih berstatus karyawan dan akhirnya berhasil membuka usaha sendiri. Ada juga orang-orang yang gagal hingga akhirnya meninggalkan usaha sampingannya, namun biarpun begitu mereka tetap mendapatkan penghasilan karena masih memiliki pekerjaan tetap.

Membangun Pertemanan

Memiliki usaha sampingan membuat anda memiliki banyak teman dan kenalan baru. Mungkin di awal, anda membangun usaha tersebut seorang diri, namun seiring berjalannya waktu, mereka akan membantu anda dengan menyumbangkan ide-ide yang lebih segar.

Melatih Diri dalam Memanajemen Waktu

Kunci sukses seorang pengusaha adalah kemampuan memanajemen waktu dengan baik. Ketika anda mampu menyeimbangkan antara pekerjaan utama sebagai karyawan dan usaha sampingan, maka anda akan terbiasa untuk memanajemen waktu dengan baik ketika anda akan membangun usaha sendiri yang lebih besar dibanding usaha sampingan anda.

Mengasah Kreativitas

Ketika diperhadapkan pada dua pekerjaan, maka umumnya orang-orang yang menjalaninya akan berpikir kreatif agar mampu menyeimbangkan keduanya. Memiliki pekerjaan tetap dan usaha sampingan sekaligus akan membuat anda lebih kreatif.

Melatih Ketahanan Mental

Memulai usaha sampingan dari nol bukanlah hal yang mudah. Karakter yang pantang menyerah dan tahan banting sangat dibutuhkan dalam membangun usaha tersebut. Dengan berwirausaha, ketahanan mental anda akan terlatih.

Usaha Dapat Diwariskan

Membangun usaha sampingan otomatis membuka usaha pribadi yang dapat dipindahtangankan kepada orang lain. Apabila di suatu hari nanti, anda merasa lelah untuk menjalankan bisnis, maka usaha tersebut bisa anda wariskan kepada anak, pasangan, ataupun saudara.

Mencintai Pekerjaan

Seseorang tidak mungkin memulai usaha sampingannya di bidang yang tidak ia sukai. Kebebasan dalam memilih peluang usaha membuat orang-orang tersebut mencintai pekerjaannya.

Dengan begitu, sesulit apapun rintangan yang harus dihadapi dalam membangun bisnis, ia akan tetap menjalaninya dengan sepenuh hati, karena ia sudah mencintai usaha itu dan juga menikmatinya.

****

Itulah 10 alasan mengapa usaha sampingan begitu digemari oleh banyak orang. Semoga bermanfaat.