Loading...

Tips Memilih Bimbingan Belajar Terbaik Untuk Anak

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Pendidikan

Bimbel anak

TERUSKAN.COM – Prestasi anak adalah kebanggaan setiap orangtua, berbagai cara akan dilakukan orangtua demi membuat prestasi anak meningkat. Cara yang mudah dilakukan para orangtua adalah memilih bimbingan belajar untuk anda tersayang dari sekian banyak bimbingan belajar yang tersebar, baik dari harga yang ditawarkan, kualitas, maupun kelebihan lainnya.

Orangtua harus lebih selektif dalam memilih bimbingan belajar. Bimbel menjadi salah satu solusi bagi orangtua dalam membantu anak mengulang kembali pelajaran di sekolah sehingga anak lebih paham.

Loading...

Kadang orangtua memaksakan kehendaknya untuk memberikan bimbingan belajar, padahal belum tentu si anak mau untuk mengikuti kemauan orangtua mereka. Umumnya, para orangtua lebih banyak memilih tempat bimbingan belajar di luar rumah dan sekolah. Padahal ada loh alternatif bimbingan belajar di rumah yang tidak kalah dari segi kualitas dengan harga yang bersaing.

Nah, untuk orangtua yang lebih memilih bimbingan belajar anak di luar rumah ada syaratnya. Yuk simak tips dan cara memilih bimbingan belajar terbaik untuk anak di bawah ini, jadi prestasi anak anda akan aman dan anak akan nyaman dalam menjalani prosesnya.

1. Mengutamakan kenyamanan anak

Jangan pernah melupakan hal yang satu ini, sebagai orangtua perlu menanyakan keadaan sekitar bimbingan belajar. Apakah nyaman? Tempatnya disukai? Teman-temannya membuat betah belajar? Guru yang mengajar baik dan sabar?

Itulah beberapa pertanyaan yang harus ada di dalam diri setiap orangtua sehingga kenyamanan anak menjadi nomor wahid. Bila perlu orangtua mengajak anak berkeliling tempat bimbingan belajarnya sehingga anak tahu tempat-tempat saat yang ia butuhkan sewaktu-waktu.

tips memilih bimbingan belajar anak

2. Rasio di kelas bimbingan belajar

Kualitas pada bimbingan belajar tentu akan menjadi pilihan setiap orangtua, kuantitas  akan membuat orangtua berpikir dua kali untuk memilih tempat bimbingan belajar itu. Pada dasarnya bimbangan belajar yang baik adalah memiliki satu guru dan tidak lebih ada 10 anak di dalam kelasnya.

Bila perlu satu guru dan satu murid saja, hal ini akan mempermudahkan anak untuk bertanya dengan leluasa jika tidak mengerti pelajaran sulit. Anak akan mudah diperhatikan perkembangannya, sehingga orangtua dapat mengikuti terus bagaimana perkembangan si anak. Apakah perkembangannya pesat atau justru sebaliknya malah semakin menurun.

3. Jarak ke bimbingan belajar

Patokan yang wajib diingat orangtua adalah jarak ke bimbingan belajar, baik dari sekolah maupun rumah. Sayang sekali bukan, jika jarak dari sekolah jauh, anak akan merasa mudah lelah untuk mengikuti proses belajar di lokasi bimbingan belajar.

Jadi alangkah baiknya memilih jarak yang tidak terlalu jauh dari tempat sekolah dan rumah. Sehingga kondisi anak tidak terlalu lelah dalam menjalani rutinitas bimbingan belajarnya.

memilih bimbel untuk anak

4. Fasilitas bimbingan belajar

Sebelum memutuskan anak akan bimbingan belajar di satu tempat, pastikan fasilitas yang akan didapatkan anak baik dan sesuai dengan tarif yang dikenakan. Selain itu fasilitas akan menunjang tambahan prestasi anak, misalnya saja komputer atau internet. Akan tetapi, tetap harus ada pengawasan dari pihak bimbingan belajar.

5. Bahan materi untuk anak

Setiap bimbingan belajar tentu mempunyai bahan tersendiri untuk memudahkan anak menerima pelajaran yang diajarkan. Sebagai orangtua kenalilah bahan materi yang akan didapatkan anak, sesuaikan dengan materi di sekolahnya.

Bila perlu materi yang diajarkan di tempat bimbingan belajar dapat mengulang pelajaran di sekolah dan lebih dulu mampu menjelaskan pelajaran yang belum dapat di sekolah. Hal ini tentu akan membuat anak menjadi percaya diri untuk tampil di kelas.