Loading...

9 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Manfaat CabaiTERUSKAN.COM – Siapa sih yang tidak kenal dengan cabai? Ya, cabai adalah salah satu bahan makanan yang bagi sebagian orang menjadi hal yang wajib ada saat sedang bersantap. Cabai sendiri biasanya diolah dan disajikan untuk berbagai makanan.

Di balik rasanya yang pedas, tahukah anda bahwa sebenarnya cabai itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Penasaran? Yuk simak ulasan tentang manfaat cabai bagi kesehatan tubuh, di bawah ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cabai mengandung banyak vitamin C sehingga tidak heran jika cabai sering diandalkan juga sebagai peningkat daya tahan tubuh. Jadi, misalnya anda terserang flu, anda bisa mengkonsumsi cabai untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Loading...

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah riset yang dilakukan, selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, cabai juga mampu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan zat capsaicin yang berfungsi untuk membantu proses penurunan berat badan. Capsaicin diketahui mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Untuk itulah, jika anda ingin menurunkan berat badan, maka banyak-banyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung cabai sehingga proses pembakaran pun juga jauh meningkat.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Cabai mengandung vitamin B yang mampu melancarkan peredaran darah serta mengencerkan darah. Tidak hanya itu saja, vitamin B yang terkandung dalam cabai juga dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cabai juga mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Antioksidannya bekerja dengan cara mengikat kolesterol jahat yang kemudian dinetralkan sehingga tidak akan berbahaya bagi tubuh manusia.

5. Mengeluarkan Keringat

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai juga ternyata mampu melebarkan pembuluh darah manusia. Hal ini yang membuat seseorang yang mengkonsumsi cabai pun akan mengeluarkan keringat.

Dengan anda mengeluarkan keringat maka saat itulah racun yang terdapat di dalam tubuh anda pun akan dikeluarkan sehingga tubuh anda pun akan lebih sehat.

6. Menghilangkan Stress

Memang masih belum bisa dibuktikan apakah cabai benar-benar dapat menghilangkan stress. Kabarnya banyak orang yang mengakui bahwa setelah mereka mengonsumi makanan pedas, stress mereka hilang begitu saja.

Akan tetapi, hal ini masih belum diketahui apakah berlaku untuk banyak orang atau hanya sebagian orang saja.

7. Melegakan Hidung yang Tersumbat

Cabai juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan yakni merangsang sekresi yang dapat membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat. Tidak hanya itu saja, cabai juga memiliki sifat antibakteri yang akan secara otomatis melawan infeksi sinus kronis.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Sebuah riset membuktikan bahwa dengan memakan cabai maka akan membantu mengontrol kadar insulin sesudah makan. Perlu anda ketahui bahwa jumlah insulin normal yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tingkat gula darah usai makan akan berkurang sebesar 60%.

Tidak hanya itu saja, cabai juga mampu membangkitkan mood seseorang. Hal ini lantaran dengan mengonsumsi makanan yang pedas akan membantu tubuh untuk dapat melepaskan endorfin di dalam tubuh. Dengan itulah, hasil yang akan diperoleh adalah tubuh mendapatkan suasana hati yang baik.

9. Membantu Proses Pencernaan

Ketika dikunyah di dalam mulut, cabai akan langsung meningkatkan produksi saliva. Cabai juga mampu membantu mengosongkan lambung serta akan secara cepat menyingkirkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dari dalam perut.