Loading...

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan, Wanita

Kehamilan

TERUSKAN.COM – Bagi wanita hamil, tentunya menjaga asupan makanan adalah hal yang penting. Memilih makanan yang tepat akan membantu seorang ibu hamil menjaga kehamilannya sehingga janin yang dikandungnya pun dapat tumbuh dengan sehat.

Makanan menjadi faktor penting yang dapat membentuk sebuah kehamilan yang sehat. Jika ibu hamil mengonsumsi makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang cukup tentunya ibu hamil akan selalu sehat dalam menjalani masa kehamilan.

Loading...

Dalam menentukan jenis makanan yang baik untuk kehamilan tentunya akan banyak muncul pertanyaan – apa saja makanan yang dilarang dikonsumsi bagi ibu hamil? Apakah makanan tersebut berisiko atau bahkan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan?

Jika anda belum tahu, maka sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang harus anda hindari saat kehamilan karena berpotensi mengandung Toksoplasmosis, Salmonella, Listerial, E-colli yang dapat menyebabkan infeksi serta membahayakan janin dalam kandungan. Tentunya anda tidak ingin janin anda mengalami gangguan bukan?

Makanan dilarang saat hamil

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus hindari saat hamil, antara lain:

• Daging mentah (sushi) atau yang kurang matang

Jika anda penggemar sushi, maka sebaiknya saat hamil jangan mengonsumsinya terlebih dahulu. Anda juga tidak diperbolehkan mengonsumsi daging yang dimasak kurang matang.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan daging tersebut mengandung toksoplasmosis yaitu parasit yang akan menimbulkan infeksi serius pada janin anda serta E-coli yang akan membahayakan ibu hamil.

• Sayuran yang tidak dicuci bersih

Sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, jika sayuran yang anda konsumsi tidak bersih dan cara mencuci sayuran tersebut salah, maka akan berbahaya bagi kandungan, apalagi jika akan dikonsumsi sebagai salad dan lalapan. Pasalnya, sayuran yang tidak bersih mengandung toksosplasmosis.

• Daging ayam dan telur setengah matang

Jika anda sedang hamil, hindarilah memakan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang dan mentah. Hindari juga konsumsi hati daging atau ayam karena dikhawatirkan akan menyebabkan diare berat pada ibu hamil.

• Ikan sea bass, ikan tuna steak atau ikan berukuran besar

Jika anda ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya hindarilah ikan-ikan berukuran besar karena mengandung tingkat mercuri tinggi yang akan mengakibatkan kerusakan pada saraf jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

• Alkohol

Hindarilah alkohol saat tengah mengandung pasalnya minuman ini akan menyebabkan kelainan pada janin yang ada di dalam kandungan serta berpengaruh pada emosional bayi.

• Keju Lunak

Hindarilah memakan keju lunak seperti blueveined, bria dan camembert serta keju dari susu domba dan kambing. Hindari juga mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan listeria yaitu tipe bakteri yang dapat menembus plasenta sehingga menimbulkan infeksi pada janin. Listeria dapat menyebabkan terjadinya keguguran, keracunan di dalam darah dan bayi lahir prematur.

• Minuman dengan kandungan kafein

Saat anda hamil, anda harus berhenti meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena akan mempengaruhi berat badan rendah pada janin dalam kandungan, mengurangi penyerapan zat besi serta menyebabkan terjadinya keguguran.