Loading...

3 Cara Tradisional Atasi Keputihan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Wanita

Cara Tradisional Atasi Keputihan

TERUSKAN.COM – Keputihan bagi kaum wanita memang menjadi hal yang biasa. Walaupun bukan merupakan suatu penyakit, namun keputihan adalah tanda-tanda adanya masalah yang tengah dialami miss V.

Keputihan (Flour albus) ini yaitu cairan atau lendir yang keluar dari vagina karena infeksi oleh bakteri, jamur, virus atau parasit. Jika dibiarkan, maka keputihan akan menyebabkan peradangan pada saluran kencing yang nantinya menimbulkan rasa perih ketika anda sedang buang air kecil.

Loading...

Tanda-tanda jika anda mengalami keputihan yang memerlukan penanganan serius adalah cairan berwrna bening kehijauan secara berlebih, cairan yang keluar kental dan berbau amis serta daerah di sekitar vagina terasa gatal hingga muncul rasa panas di sekitar daerah tersebut. Hingga saat ini, perbincangan mengenai solusi mengatasi keputihan memang menjadi pembahasan yang menarik bagi para wanita.

Nah, jika anda memang ingin mengatasi keputihan namun ingin cara yang lebih aman, maka anda bisa menggunakan cara-cara tradisional berikut ini :

1. Daun Sirih

Daun sirih adalah tanaman asli Indonesia yang mengandung minyak atsiri, pati, seskuiterpen, diastase, zar samak, gula dan kavikol yang dapat mematikan kuman serta mengandung antioksidan dan anti jamur. Daun sirih ini menjadi salah satu cara tradisional yang paling sering digunakan untuk mengatasi keputihan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil sepuluh helai daun sirih yang sudah dibersihkan dan kemudian direbus dengan dua liter air selama kurang lebih lima menit. Jika air rebusan sudah hangat, maka anda bisa mengangkatnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh miss V anda selama seminggu tiga kali.

Ingat, jangan terlalu sering karena hal ini malah akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya berfungsi untuk menjaga pH kewanitaan.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang berkhasiat untuk rambut. Akan tetapi, siapa sangka ternyata tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi keputihan?

Kandungan vitamin C dan vitamin E di dalam lidah buaya adalah antioksidan alami. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung antijamur, antiseptic, antibakteri dan antivirus.

Caranya adalah dengan mengambil bagian dalam daging lidah buaya dan potong. Kemudian blender potongan lidah buaya tersebut hingga halus dan rebus bersama dengan dua gelar air serta dicampur dengan lima lembar daun sambiloto. Tunggu hingga hangat dan gunakanlah untuk membasuh area kewanitaan anda.

3. Sambiloto

Sambiloto adalah salah satu tanaman herbal yang populer. Sambiloto memiliki kandungan laktone, flavonoi, homoandrografolid, keton, alkane, aldehid, asam kersik, mineral dan damar.

Tumbuhan ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi keputihan dengan cara mengambil tiga batang sambiloto dan rebus dengan empat gelas air. Diamkan dan pastikan bahwa air yang tersisa berkurang menjadi dua gelas. Saring rebusan tersebut dan minum sebanyak tiga kali sehari.