Loading...

3 Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan, Wanita

Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid

TERUSKAN.COM – Setiap wanita pasti mengalami haid. Nah, terkadang ada sebagian wanita yang merasa tersiksa dengan datangnya haidt. Nah, tentu saja hal seperti ini akan mengganggu jalannya aktivitas bukan?

Mengatasi nyeri haid sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa. Cara yang dianggap paling ampuh adalah menggunakan cara tradisional.

Loading...

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatas nyeri haid.

1. Kunyit asam

Siapa yang tidak mengenal kunyit asam? Jamu tradisional yang sudah diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang kita ini memang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah mengatasi nyeri saat haid.

Kunyit asam bisa ditemukan di toko-toko jamu atau bisa dibuat sendiri karena bahannya cukup mudah ditemukan. Selain itu, harga kunyit asam terbilang juga cukup ekonomis. Selain mengatasi nyeri haid, kunyit asam dapat membuat tubuh terasa lebih segar jika dikonsumsi secara rutin.

Jika anda ingin mencoba membuatnya, maka ada cara langkah mudah yang bisa anda lakukan.

  • Siapkanlah beberapa ruas kunyit, kencur dan jahe lalu parut dan peras.
  • Ambil bagian sarinya saja dan rebus serta campurkan dengan asam jawa dan gula merah.
  • Rebus hingga mendidih lalu diangkat. Hidangkan selagi hangat. Anda bisa meminum kunyit asam minimal 2 kali sehari.

Jika anda ingin mendapatkan hasil terbaik, maka sebaiknya konsumsi kunyit asam sebelum datang bulan, saat datang bulan dan setelah selesai datang bulan. Memang, haid adalah suatu hal yang wajar yang terjadi pada setiap wanita. Akan tetapi, beberapa wanita mengelukan masa haid karena meninmbulkan rasa nyeri.

Untuk itulah dengan menggunakan ramuan kunyit asam ini, maka rasa nyeri saat haid pun akan dengan mudah teratasi.

2. Senam Kecil

Selain mengonsumsi minuman kunyit asam, anda bisa melakukan senam kecil untuk membantu anda mengatasi nyeri saat terjadinya menstruasi. Menstruasi sendiri biasa terjadi karena sirkulasi darah kotor yang mengalir mengalami gangguan.

Nah, dalam hal ini anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa olahraga ringan yang akan membantu melegakan aliran darah yang bekerja secara tidak normal. Dengan melakukan pergerakan kecil inilah nantinya akan terasa perbedaan yang akan membantu merangsang secara langsung pada bagian sistem sirkulasi darah yang kemudian membuat rasa nyeri saat haid pun berkurang

Cara ini bisa anda lakukan ketika sedang menstruasi. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih baik, sebenarnya senam dianjurkan untuk dilakukan tidak pada saat menstruasi saja, namun juga di hari-hari lainnya. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk menghindari rasa nyeri saat menstruasi datang.

Menjaga kesehatan tubuh selama atau sebelum datang bulan menjadi hal yang harus anda lakukan. Jika darah dapat mengalir dengan efektif, maka gangguan nyeri saat menstruasi pun akan teratasi. Oleh karena itulah, mulai sekarang anda perlu mengubah pola hidup anda.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid.

Wanita yang memiliki tekanan darah rendah lebih rentan mengalami nyeri saat datang bulan. Untuk mengantisipasi hal itu, maka sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, seperti sayur bayam, ubi rambat, ataupun kacang-kacangan.

**

Itulah 3 tips dan cara tradisional mengatasi nyeri saat haid. Jadi, perlu diingat bahwa anda harus menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang dan berusahalah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda baik sebelum datangnya menstruasi atau saat mengalami menstruasi.