Loading...

Mengenal Aqua Regia, Cairan Setan Super Korosif

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Sains
Mengenal Aqua Regia, Cairan Setan Super Korosif

Mengenal Aqua Regia, Cairan Setan Super Korosif

TERUSKAN.COM – Beberapa pekan terakhir ibukota Jakarta kembali digemparkan dengan modus baru pencurian kendaraan bermotor, yakni dengan menggunakan cairan setan bernama Aqua Regia.

Cairan setan ini jika disemprotkan pada gembok motor, akan bekerja sangat cepat dalam hitungan detik bisa menghancurkan gembok. Aqua regia memang dikenal sebagai cairan kimia yang sangat korosif, bahkan merupakan satu-satunya cairan yang mampu meluruhkan emas dan platina!

Loading...

Sebenarnya Aqua regia sudah lama dikenal masyarakat, khususnya para pedagang emas dan logam mulia yang lain. Penggunaan Aqua regia untuk melebur emas sudah dari dulu dilakukan.

Aqua regia adalah bahasa latin dari “air kerajaan”. Pada laman Wikipedia dijelaskan bahwa Aqua regia ini adalah larutan yang dibuat dari percampuran asam klorida pekat (HCL) dan asam nitrat pekat (HNO3) dengan perbandingan 3:1. Rumus kimia Aqua regia adalah HNO3+3 HCl dengan titik didih yang hanya 108 °C.

Selain super korosif, larutan Aqua regia juga akan mengeluarkan uap berwarna kuning ketika disemprotkan pada logam atau besi. Hanya saja, Aqua regia juga ternyata bersifat kurang stabil dan karenanya tidak dijual dalam bentuk jadi di toko-toko bahan kimia. Larutan ini hanya dibuat ketika akan digunakan.

Modus Pencurian dengan Aqua Regia

Karena sifatnya yang sangat korosif dan bahan-bahan pembuatnya dapat dengan mudah didapatkan di pasaran, Aqua regia kini malah dialihfungsikan sebagai salah satu alat untuk melakukan tindakan kriminal pencurian kendaraan, terutama motor.

Motor yang diparkir di tempat terbuka memang sudah rawan kecurian karena kini komplotan pencuri juga sudah begitu mahir dengan urusan mengakali kunci motor. Karena itu, banyak pemilik motor melengkapi kendaraan mereka dengan gembok yang dikenakan pada pelek motor ketika diparkir.

Eh, ternyata hal ini pun sudah ditemukan solusinya oleh para pencuri. Mereka kini ada yang menggunakan Aqua regia sebagai cairan setan pembobol gembok motor. Dengan kemampauan mengutak-atik kunci motor dan tambahan Aqua regia, maka lengkap sudah persyaratan pencuri mendapatkan motor incarannya dengan mudah.

Tidak menutup kemungkinan Aqua regia juga dipakai oleh para pencuri untuk meluluhkan gembok rumah, kantor, ruko dan bangunan-bangunan penting lainnya. Karena itu, perlu kiranya memikirkan bagaimana cara mengantisipasi hal ini terutama karena proses pembuatan larutan Aqua Regia ini ternyata sangat mudah dilakukan.

Larutan Aqua Regia Untuk Meleburkan Emas

Larutan Aqua Regia Untuk Meleburkan Emas

Berdasarkan penelusuran kami di laman internet, kami menemukan tutorial bagaimana cara membuat larutan Aqua regia. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah larutan Asam Klorida (HCL) dan Asam Nitrat Pekat (HNO3). Kedua larutan dicampurkan dalam sebuah wadah non logam dengan perbandingan 3:1.

Supaya larutan Aqua regia ini tidak menimbulkan bau yang sangat mencolok, maka bisa ditambahkan dengan Aqua desk atau air steril dengan perbandingan 1:1. Para pembeli emas biasanya membuat larutan Aqua regia ini ketika akan melebur emas atau memurnikan emas yang mereka miliki.

Manfaat dan karakter larutan Aqua regia sebagai pelebur logam inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh para pencuri untuk mendapatkan kendaraan incaran mereka. Waspadalah!