Loading...

5 Kesalahan Saat Membeli Power Bank

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Teknologi

Membeli Power Bank

TERUSKAN.COM – Dewasa ini, gadget sudah menjadi barang wajib yang selalu dibawa ke mana-mana. Ketika gadget anda kehabisan baterai tentu anda akan bingung dan segera mencari listrik guna mengisi kembali baterai anda bukan?

Seiring berkembangnya zaman, kecanggihan teknologi juga semakin maju. Untuk itu power bank adalah solusi yang banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat yang mempunyai aktivitas cukup padat. Akan tetapi, perlu anda ketahui kalau salah membeli power bank akan berakibat fatal untuk handphone atau gadget kesayangan anda.

Loading...

Kami berbagi 5 kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat membeli power bank dan solusi untuk mengatasinya. Simak yuk!

Lebih Mengutamakan Harga Murah dan Kapasitas Besar

Apa tujuan anda membeli sebuah power bank? Tentunya agar anda mudah membawanya ke mana-mana. Akan tetapi jangan sampai hal tersebut justru menjadi beban bawaan anda.

Siapa yang tidak akan tergiur dengan power bank harga murah dengan kapasitas yang besar, tetapi tahukah anda tidak semua power bank yang beredar di pasaran memiliki standar kualitas yang baik.

Sudah banyak sekali power bank yang beredar dengan menggunakan baterai second (alias baterai bekas pakai). Para konsumen rela mengejar harga yang murah sedangkan para produsen akan melakukan berbagai cara demi mengejar keuntungan semata.

Anda tidak perlu kuatir, solusinya adalah anda dapat memilih power bank yang sudah mempunyai nama dan terjamin garansinya minimal 1 tahun.Walaupun memang sedikit mahal daripada power bank yang abal-abal tetapi kualitasnya tidak akan diragukan lagi. Jadi anda tidak perlu pusing memikirkannya.

Apabila anda hanya membutuhkan daya tambahan 2000mah dalam sehari, anda hanya perlu memilih power bank dengan kapasitas 2600mAh.

Tidak Memperhitungkan CELL Baterai Power Bank

Tidak banyak pengguna yang tahu dan mengira untuk memilih power bank berdasarkan merek yang sudah dahulu beredar atau dengan harga yang murah di pasaran tanpa memperhitungkan CELL baterai dalamnya. CELL dalam baterai power bank sangat menentukan umur kualitas dari power bank itu sendiri.

Maka pilihlah merek yang memang terbukti kualitasnya, seperti Japan cell. Hal ini disebabkan Japan cell terkenal dengan kualitas terjamin bagi anda pengguna power bank. Jika anda ingin memilih power bank dengan kualitas maksimal pilihlah Sanyo. Jadi baterai power bank anda akan aman.

Menggunakan Konektor Yang Bukan Original

Anda harus paham hal yang penting ini, karena biasanya anda seringkali mengabaikannya sebagai pengguna power bank. Di pasaran banyak power bank yang menawarkan berbagai macam konektor namun tidak disertai dengan standar kualitas yang baik, hal ini dapat menyebabkan arus pendek dan membahayakan gadget kesayangan anda.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kabel data original dari gadget anda, karena lebih terjamin kualitasnya, arus yang dialirkan lebih stabil serta aman untuk gadget anda.

Tidak Memperhatikan Output Power Bank

Output power bank adalah fitur yang sebenarnya cukup penting bagi si power bank itu sendiri, namun banyak pengguna yang mengabaikannya, Banyak merek power bank yang arus outputnya tidak nyata atau merek yg banyak dipakai belum tentu menjamin output yang sebenarnya, sehingga saat anda sedang charging gadget  waktu yang dibutuhkanmenjadi lebih lama.

Anda dapat memilih power bank dengan menjanjikan output yang nyata, sehingga proses charging lebih cepat dan maksimal pengisiannya.

Tidak Menimbang Fitur Power Bank Dan Dengan Ul Certification

Anda sebagai pengguna power bank pasti seringkali menganggap bahwa power bank hanyalah sebuah alat untuk menyalurkan daya ke gadget, sehingga anda tidak memikirkan fitur-fitur lainnya yang terdapat di power bank tersebut.

Perlu anda ketahui fitur-fitur power bank sangat penting untuk keamanan gadget kesayangan anda, ada baiknya anda memilih power bank memiliki fitur keamanan beragam.

Fitur itu adalah short circuit protection yang berguna untuk melindungi gadget jika terjadi arus pendek. Jadi terjadi arus pendek yang terjadi, power bank maupun gadget akan terhindar dari kerusakan, sebab itulah disarankan untuk menggunakan kabel data original gadget.

Yang kedua over charging protection mampu melindungi gadget dari kerusakan saat charge yang terlalu lama, fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik apabila baterainya telah terisi penuh.

Selanjutnya yaitu temperature protection pada fitur ini mampu mendeteksi adanya panas yang berlebih pada saat pengisian baterai.

Standar Kualitas power bank akan terjamin dengan melihat power bank yang dibeli dengan UI Certification. Untuk itu ada baiknya anda menanyakan kepada tempat anda beli power bank tersebut sehingga kualitasnya terjamin dan anda pun tidak perlu takut.

Semoga informasi yang telah kami sajikan bermanfaat untuk anda.

(Foto : bakulpowerbank.wordpress.com)