Loading...

Tips dan Cara Sembuhkan Flu Tanpa Obat

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Cara Sembuhkan Flu Tanpa Obat

TERUSKAN.COM – Flu merupakan salah satu penyakit ringan yang sangat mengganggu. Walaupun tergolong penyakit ringan yang dapat sembuh dalam waktu beberapa hari, flu dengan gejala-gejalanya seperti demam, pusing, hidung tersumbat dan batuk tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Tak jarang orang yang terkena flu akan merasa lemas, tidak bersemangat melakukan apapun hingga menurunnya nafsu makan. Hal ini biasa disebabkan karena lidah terasa pahit saat mengonsumsi makanan dan hidung tersumbat yang sangat menyiksa.

Loading...

Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang cukup padat, flu tak ayal menjadi masalah besar karena dapat menurunkan kinerja Anda. Hal ini menyebabkan Anda ingin segera meminum obat dan berharap flu dapat langsung sembuh.

Akan tetapi, seperti yang Anda ketahui, obat flu juga memiliki beberapa efek samping yang juga dapat mengganggu seperti rasa kantuk ta tertahankan hingga bibir yang sangat kering.

Jika Anda tertarik untuk mencoba mengatasi flu dengan cara yang lebih alami, kami punya informasi asupan alami sebagai alternatif penyembuh sakit flu. Ini dia.

1. Vitamin C

Vitamin C alami banyak terdapat dalam buah dan sayuran. Vitamin C ini juga sangat berkhasiat utuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat Anda dalam penyembuhan penyakit flu.

Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi dan masih banyak lagi dapat Anda langsung nikmati atau diolah dalam bentuk jus dan salad. Selain rasanya yang enak, buah-buahan ini mampu menyembuhkan Anda.

2. Bawang Putih

Mungkin Anda tak mengira bahwa bawang putih mampu membantu menyembuhkan penyakit flu. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan serta selenium yang tinggi yang dikenal sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Rajin-rajinlah mengonsumsi bawang putih dalam menu makanan Anda.

3. Jahe

Jahe merupakan obat bermacam-macam penyakit yang tak asing lagi. Begitu juga untuk menyembuhkan peyakit flu, Anda dapat mengonsumsi jahe yang dikenal sebagai pereda demam dan membantu meringankan batuk.

Anda dapat menyajikannya dalam minuman maupun makanan. Yang paling mudah adalah dengan memarut jahe dan mencampurnya dengan air hangat yang dicampur dengan gula merah, madu atau lemon.

4. Bayam

Jenis sayuran yang satu ini ternyata banyak memiliki manfaat dalam membantu Anda sembuh dari penyakit flu. Kandungan di dalamnya seperti folat, antioksidan, serat serta vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sajikan bayam dalam bentuk sayur sop atau sayur bening dengan memasaknya sekitar 5 hingga 10 menit saja. Penting untuk diingat, jangan megonsumsi sayur bayam yang telah dimasak lebih dari 4 jam!

5. Teh Hijau

Teh hijau yang kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan ini juga dapat membantu Anda sembuh dari penyakit flu. Konsumsi teh hijau secara rutin karena teh yang satu ini mengandung jenis antioksidan yaitu cathechin dan theanine yang sangat ampuh melawan penyakit.

Cara terbaik adalah dengan meminumnya selagi hangat tanpa campuran pemanis apapun.

***

Itulah 5 asupan alami yang sangat mudah didapat dan bisa Anda manfaatkan sebagai obat penyakit flu tanpa efek samping. Tetap jaga kesehatan Anda dengan asupan makanan dan minuman yang sehat serta olahraga secara teratur.

Semoga bermanfaat.