Loading...

5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Kerja Lembur

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir, Kesehatan

Cara Tetap Sehat Walau Sering Kerja Lembur

TERUSKAN.COM – Sebagian besar orang yang kerja kantoran tentu pernah mengalami lembur atau kerja hingga larut dan di atas jam pulang kantor. Lembur memang identik dengan lelah, mengantuk dan gaya hidup yang tidak sehat karena biasanya orang lembur ditemani kopi hitam atau jenis minuman lain yang mampu mengatasi rasa kantuk.

Jika Anda mulai merasakan hal-hal seperti tubuh yang terasa sangat lelah, otot yang terasa tegang, pusing hingga tidak tidur nyenyak, mungkin Anda terlalu sering lembur dan tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Loading...

Bagaimana cara agar tetap sehat walaupun sering lembur? Ini dia tips kami untuk Anda.

1. Camilan Yang Sehat

Ngemil atau mengonsumsi kudapan sering menjadi pilihan orang yang lembur untuk tetap menjaga semangatnya agar tak mudah ngantuk. Namun, tak jarang camilan yang dipilih tidak sehat sehingga dapat meningkatkan resiko obesitas.

Untuk menjaga semangat Anda dan juga dari rasa kantuk yang sering muncul, ganti kudapan Anda dengan kudapan yang sehat seperi buah dan sayur-sayuran baik dalam bentuk jus, salad maupun dalam bentuk kripik yang tidak mengandung banyak garam.

Anda juga dapat memilh camilan coklat yang mengandung campuran serat seperti yang terdapat pada banyak fiber chocobar saat ini.

2. Pola Makan

Lembur sering membuat kita menunda makan malam dan akhirnya makan di jam yang larut. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dan dapat membuat Anda tidur tidak nyenyak karena mengonsumsi makanan sesaat sebelum tidur.

Sebaiknya makanlah pada jam Anda biasa makan malam dengan makanan yang sehat seperti salah satunya sup ayam. Kaldu ayam diyakini dapat meingkatkan energi Anda. Padukan juga dengan sayur dan buah-buahan serta minuman yang menyehatkan.

Hindari pola makan yang tidak teratur dan selalu utamakan kualitas asupan Anda.

3. Konsumsi Vitamin

Bagi Anda yang mungkin tidak sempat membawa buah atau sumber vitamin alami lainnya ke kantor, Anda dapat selalu menyiapkan vitamin dalam bentuk pil seperti vitamin C dan berbagai macam vitamin B.

Saat ini juga terdapat vitamin dengan campuran kandungan nutrisi lengkap. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter maupun apoteker untuk memilih vitamin yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh Anda.

4. Hindari Rokok

Lembur hingga larut malam dan rasa kantuk yang menyiksa sering diatasi dengan merokok. Merokok dipercaya dapat membuat Anda semakin semangan bekerja. Benarkah demikian?

Mungkin tak jauh berbeda dengan kafein,merokok membuat Anda terus terjaga, padahal kandungan nikotin di dalamnya dapat meningkatkan resiko stress dan juga memperburuk kesehatan Anda. Hindari merokok dan cari cara lain yang lebih sehat!

5. Rajin Olahraga

Olahraga perlu Anda lakukan untuk menyeimbangkan aktivitas Anda yang penuh stres. Rajinlah berolahraga terutama di hari libur Anda karena olahraga sangat nyata efeknya bagi kesehatan tubuh yaitu memperlancar peredaran darah, menjaga kinerja jantung serta menghilangkan stres.

**

Dengan melakukan 5 tips di atas, meski sering lembur, diharapkan Anda tetap sehat sehingga kinerja Anda tetap baik dan terus semangat dalam beraktivitas.

Selamat bekerja dan semoga sukses!