Loading...

5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

Mengatasi rambut-rontok

TERUSKAN.COM – Rambut yang panjang, sehat, tebal dan hitam berkilau pasti menjadi dambaan bagi setiap wanita. Setiap wanita pastinya akan melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan rambut tersebut.

Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan rambut seperti itu. Salah satu masalah klasik yang kerap kali menimpa wanita adalah rambut rontok. Dengan rambut yang rontok, maka rambut pun akan terus berkurang serta mengurangi keindahan rambut.

Loading...

Memang, saat ini banyak sekali salon yang menawarkan perawatan rambut rontok. Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa tidak semua perawatan tersebut mampu membuat rambut anda terlihat seperti semula. Apalagi jika perawatannya tidak cocok maka akan memperparah kondisi rambut anda.

Di sini, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah rambut rontok.

1. Menggunakan lidah buaya

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat tanaman yang satu ini. Lidah buaya memang sudah diakui sejak lama dapat mengatasi masalah pada rambut, salah satunya yaitu untuk membantu mengurangi rambut rontok. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam lidah buaya tentunya sangat bermanfaat untuk menyuburkan serta menjaga kondisi rambut agar tetap sehat.

Cara menggunakannya pun juga mudah. Anda hanya perlu mengambil beberapa tanaman lidah buaya lalu mengupasnya. Setelah itu, oleskan gel pada bagian kulit kepala serta rambut anda. Diamkan beberapa saat dan keramaslah seperti biasa.

tips rambut sehat

2. Menggunakan daun seledri

Daun seledri juga bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Tidak percaya? Kandungan zat besi, vitamin A, vitamin B dan natrium di dalam daun seledrilah yang ternyata dapat membantu menstimulasi pertumbuhan agar lebih sehat dan kuat. Untuk itulah daun seledri ini bisa anda pilih untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambut anda.

Cara pemakainnya juga cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan daun seledri menggunakan blender dan mencampurkannya dengan telur ayam kampung kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan pada bagian kepala, diamkan dan bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan teh hijau

Teh hijau kaya akan zat antioksidan yang dapat melindungi rambut dari polusi. Sementara teh melati dapat membuat rambut tampak lebih berkilau. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu menghilangkan rasa gatal, menenangkan kulit dan mengurangi ketombe di kepala.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduh teh menggunakan air panas pada malam hari. Diamkan hingga dingin (1 malam). Keesokan paginya, oleskan pada bagian kulit rambut anda sebelum keramas.

4. Menggunakan bawang merah

Selain menjadi salah satu bumbu dapur, ternyata bawang merah juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok loh. Memang, bau dari bawang merah sangat menyengat di hidung. Akan tetapi, tentunya anda tidak bisa menyepelekan keberadaan tanaman ini apalagi jika ingin mengatasi kerontokan pada rambut anda.

Untuk perawatannya, anda bisa langsung memakan bawang merah atau bisa juga dengan memblendernya hingga menjadi seperti jus dan minum. Akan tetapi, jika anda tidak kuat dengan baunya yang terlalu menyengat, maka anda bisa membalurkan jus bawang merah pada rambut di malam hari dan membilasnya keesokan pagi harinya.

5. Menggunakan alpukat

Khasiat buah alpukat untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan. Selain berkhasiat untuk perawatan wajah, buah ini juga mampu mengatasi masalah wanita lainnya, yaitu mengurangi rambut rontok.

Cara menggunakannya cukup sederhana. Anda hanya perlu menghancurkan buah alpukat di dalam sebuah mangkok hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada bagian kulit kepala sampai ujung rambut dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air bersih.

**

rambut sehat bercahaya

Nah, itulah sejumlah tips mengatasi rambut rontok dengan cara alami. Dengan menjalankan tips tersebut secara rutin, maka rambut tebal dan indah bercahaya bukan sekadar impian lagi. Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.