Loading...

Ini 5 Alasan Mengapa Harus Kurangi Konsumsi Gula

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

bahaya gula

TERUSKAN.COM  – Pernahkah terpikir oleh anda untuk berhenti mengonsumsi gula? Apapun versi anda mengenai mengurangi makanan manis-manis, seperti desert atau buah, hal ini benar-benar menjadi perhatian semua orang. Namun, segala sesuatunya adalah demi kebaikan pada akhirnya.

Inilah 5 alasan mengapa anda harus mulai mengurangi konsumsi gula, dilansir thebeutybean.com:

Loading...

Gula menghasilkan gula

Pastinya, anda berpikir hanya memakan satu kukis (Apakah anda benar-benar yakin hanya akan memakan satu kukis?)

Sekalipun, anda berupaya menahan diri untuk mengambil lebih banyak lagi di toples, gula bersifat sangat adiktif, dan satu kue atau kukis akan menggiring anda mengambil lebih banyak dan banyak lagi. Bahkan, terus hingga esok hari dan esok harinya lagi.

Gula dapat membuat anda depresi dan sedih

Mungkin banyak yang tak tahu, jika konsumsi gula berlebih ternyata memiliki efek negatif bagi emosi seseorang. Percaya atau tidak, itulah salah satu dampak negatif gula. Coba anda lihat seorang anak kecil yang diberikan kue ulang tahun dan setelah itu mereka bisa sangat marah dan labil dalam sikapnya?

Pada gilirannya, hal yang sama pun bisa terjadi pada orang dewasa. Sedangkan, untuk kasus lainnya, gula dapat menyebabkan emosi atau suasana hati tak stabil, bahkan depresi.

Gula menyebabkan kulit meradang

Ketika anda mengonsumsi gula, hal itu dapat meningkatkan tingkat gula darah yang memicu meningginya kadar insulin, di mana peningkatan keduanya akan berpotensi menyebabkan peradangan (membuat pori-pori yang tersumbat makin parah).

Selain itu, juga meningkatkan respon hormon yang  menyebabkan tubuh anda mengeluarkan lebih banyak sebum (minyak pada pori-pori wajah).

alasan kurangi konsumsi gula

Gula menyebabkan anda terlihat tua

Berdasarkan keterangan seorang pakar kesehatan, Dr Frank Lipman, konsumsi gula berlebih akan meengurangi kolagen dan elastin pada kulit serta menyebabkan kerusakan radikal bebas menjelang usia matang anda, menyebabkan keriput, bahkan kulit kusam.

Silakan anda garis bawahi pernyataan berikut, bahwa sebuah permen lolipop mungkin membuat anda merasa seperti kembali ke masa kanak-kanak, tapi sebetulnya hanya akan membuat anda terlihat tua 10 tahun dari usia anda.

Gula membuat anda sakit

Hal terakhir yang perlu diingat jika anda mengonsumsi gula berlebih adalah gula berpotensi menekan sistem kekebalan tubuh, yang membuat anda lebih cepat sakit dan sembuh lebih lama.

**

Nah, bagaimana  dengan anda, masih sulit untuk mengurangi konsumsi gula? Dengan banyaknya bahaya yang mungkin timbul akibat konsumsi gula berlebih, sebaiknya anda berpikir dua kali jika ingin mengonsumsi gula.

Semoga bermanfaat.