Loading...

7 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

Manfaat Daun KemangiTERUSKAN.COM – Indonesia terkenal dengan tanaman herbalnya yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, jadi sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga. Salah satunya adalah daun kemangi, daun ini biasanya dimakan dengan cara mentah sebagai lalapan atau ditumis.

Daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) yang berfungsi untuk penglihatan, meningkatkan respon antibodi dan juga mengandung vitamin C yang berguna dalam pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik.

Daun kemangi juga kaya akan mineral. Kalsium ini penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Loading...

Kemudian ada kandungan fosfor yang berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Juga kandungan magnesium yang membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Berikut 7 khasiat daun kemangi untuk kesehatan.

1. Anti inflamasi dan cocok untuk perokok

Kemangi memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan bengkak,  ampuh meredakan radang sendi dan baik bagi yang mengalami osteoporosis sebagai pencegahannya.

Dalam daun kemangi ada antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin bagi para perokok, dengan cara mengunyah daun kemangi saat mereka merokok.

Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal pada penderitanya.

2. Meredakan demam dan masuk angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita dan dewasa.

Dengan cara mengambil beberapa lembar daun kemangi, kemudian diremas bersamaan dengan bawang merah, dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita selama 3 hari. Namun, bila belum sembuh sebaiknya dibawa ke dokter.

3. Mencegah batuk dan antiradang

Di dalam daun kemangi ada zat cineole, myrcene, dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan. Anda dapat mendapatkan khasiat dari daun kemangi dengan menyaajikannya seperti teh yang berguna saat terserang batuk, pilek, atau demam.

4. Menyehatkan mata dan mulut

Khasiat keempat daun kemangi adalah dapat menyehatkan mata dan mulut, karena kandungan vitamin A dalam daun kemangi yang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, mencegah gangguan pada mata, dan meredakan mata yang stress.

Mengonsumsi daun kemangi dapat menyegarkan mulut, karena bau kemangi yang harum dapat menetralisirkan bau pada mulut sehabis makan.

5. Melancarkan ASI

Setelah menyehatkan mata dan mulut, daun kemangi juga berguna melancarkan ASI. Jadi sangat baik bagi ibu dan bayinya.

Sang ibu cukup memakannya seperti lalapan saja atau dikunyah begitu saja. Bisa juga dengan cara direbus dan airnya diminum setiap hari di pagi dan sore hari sebelum menyusui.

6. Mengatasi keputihan, merangsang sel telur dan menopouse

Kandungan senyawa eugenol yang terdapat di daun kemangi berfungsi untuk membunuh jamur penyebab keputihan bagi wanita. Caranya sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes, tentu manfaatnya baik untuk anda.

Daun kemangi dapat merangsang sel telur atau ovulasi, karena di dalam daun kemangi memiliki kandungan zat stigmaasterol yang mampu merangsang pematangan sel telur. Untuk anda yang ingin menunda monepouse, daun kemangi salah satu pilihannya, karena zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause

7. Kesehatan jantung dan mengatasi stroke

Daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Selain itu kemangi juga membantu penyembuhan pasien stroke.

Kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi bagi pasien stroke.

**

Banyak bukan manfaat dari daun kemangi yang lezat dimakan sebagai lalapan? Nah, kini Anda tak perlu ragu lagi menambahkan daun kemangi ke dalam menu harian Anda. Semoga bermanfaat.