Loading...

Cara Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

cara memilih kosmetik

TERUSKAN.COM – Sebagai wanita, tentunya anda pasti ingin selalu tampil cantik bukan? Dengan tampil cantik inilah, maka anda pun akan merasa lebih percaya diri. Selain itu, dengan tampil cantik pasti banyak mata pasang lelaki yang akan tertuju pada anda.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang wanita untuk terlihat cantik adalah dengan make up. Make up menjadi hal penting yang sepertinya tidak boleh dilewatkan ketika seorang wanita ingin bepergian.

Loading...

Kosmetik menjadi salah satu item yang wajib dimiliki oleh setiap wanita karena dengan kosmetik, maka wajah pun akan terlihat lebih cantik. Akan tetapi, apakah anda pernah berpikir apakah kosmetik yang anda pilih sudah cocok dengan anda atau belum? Nah apa jadinya jika anda memakai kosmetik yang salah?

Bukan malah mempercantik wajah malah akan merusak wajah anda. Tentunya anda tidak mau bukan? Untuk itulah, jangan sampai anda salah memilih kosmetik

Sebelum anda memilih kosmetik yang tepat, sebaiknya ketahui dulu jenis kulit wajah seperti apa yang anda miliki. Pasalnya hal ini akan berpengaruh pada pemilihan kosmetik nantinya karena kesensitifan kulit setiap orang berbeda-beda.

Memilih Kosmetik sesuai jenis kulit

1. Kulit Berminyak

Jika anda memiliki wajah yang berminyak, maka sebaiknya pastikan bahwa anda teliti memilih kosmetik.

Ada beberapa cara yang perlu anda lakukan, di antaranya adalah:

  •  Lihat kandungan bahan kosmetik dan usahakan untuk memilih oil free karena jika anda memilih kosmetik dengan kandungan minyak malah akan membuat wajah anda menjadi lebih berminyak dan menimbulkan banyak jerawat
  • Gunakan pembersih dengan jenis gel karena akan mudah meresap serta dapat mengurangi minyak pada wajah
  • Pastikan bahwa anda memilih kosmetik dengan kandungan oil control sehingga dapat mengatur minyak pada wajah
  • Jangan menggunakan bedak berbentuk padat, sebaiknya gunakan yang berbentuk powder
  • Gunakanlah produk acne series

2. Kulit Kering

Selain kulit berminyak, anda yang memiliki kulit kering juga sebaiknya memperhatikan tips-tips memilih kosmetik berikut ini:

  • Saat anda memilih kosmetik, sebaiknya jangan memilih kosmetik oil free atau yang diperuntukkan untuk kulit berminyak karena malah akan membuat wajah semakin kering
  • Gunakan pencuci wajah yang dapat membantu melembabkan kulit wajah
  • Gunakanlah cream atau moisturizer yang dapat melembabkan kulit wajah
  • Pilihlah bedak padat namun saat pemakaiannya jangan terlalu kasar karena akan menimbulkan luka dan iritasi pada wajah

3. Kulit Normal

Untuk anda yang memiliki wajah berkulit normal, berbahagialah anda karena kulit normal selalu cocok memakai kosmetik jenis apapun. Akan tetapi, anda harus tetap memperhatikan wajah anda. Selalu bersihkan wajah karena wajah yang rusak diakibatkan oleh banyak faktor, mulai dari jarang dibersihkan, polusi dan lain-lain.

Jika anda sudah memiliki kosmetik dan menemukan gejala berikut ini, sebaiknya segera ganti kosmetik anda dengan yang lain karena itu artinya anda mengalami alergi.

  • Wajah terasa pedih dan menyakitkan
  • Wajah terasa panas dan memerah
  • Timbulnya jerawat yang berlebihan
  • Wajah menjadi terlalu berminyak dan sebaliknya

**

Demikianlah tips memilih kosmetik berdasarkan jenis kulit anda. Memilih kosmetik memang gampang-gampang susah, diperlukan ketelitian untuk memilih yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Penting untuk diingat. begitu menemukan kosmetik yang cocok untuk jenis kulit wajah anda, jangan tergoda untuk mencoba yang lain lagi. Ini untuk menjaga agar kulit wajah anda tidak mengalami iritasi dan akhirnya meradang.

Bagaimana dengan anda, sudah menemukan kosmetik yang cocok?