Loading...

Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata Kuning

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan

Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata KuningTERUSKAN.COM – Dalam beberapa kasus yang mengalami mata kuning, pasti langsung diindikasikan terkena penyakit kuning.

Indikasi hal ini memang tidak menyalahi aturan karena salah satu gejala penyakit kuning adalah mata yang kuning.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata mata yang kuning bukan hanya dapat terjadi karena tubuh sedang terserang penyakit kuning? Ada banyak faktor yang dapat merubah warna mata yang jernih menjadi lebih keruh kekuningan.

Loading...

Nah, berikut ini adalah sejumlah penyebab mata menjadi kuning dan bagaimana cara mengatasinya:

Mata Terlalu Lelah

Terlalu banyak diam di depan komputer atau membaca buku lebih dari dua jam, dapat menjadi penyebab mata kehilangan sinarnya. Radiasi dari komputer yang dilihat terlalu dekat dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan merusak retina mata.

Membaca buku pun berdampak sama, karena membaca buku secara tidak langsung membuat mata untuk harus selalu fokus. Terlalu sering melemburkan kerja mata selain membuat mata rusak, juga dapat menyebabkan rasa pusing yang berkepanjangan.

Cara menghilangkan mata kuning dari penyebab yang satu ini adalah dengan melapisi layar komputer agar radiasinya tidak terlalu silau, dan selalu istirahatkan mata dengan melihat pemandangan lingkungan sekitar selama lima menit juga mengedipkan mata sebanyak enam belas kali agar mata terlapisi kembali oleh cairan alaminya

Kurang Tidur

Kurang tidur bisa terjadi karena memang disengaja untuk begadang setiap hari atau karena anda mengalami insomnia. Untuk penyebab kurang tidur yang pertama maka cara menghilangkan mata kuning yang satu ini sangatlah gampang, yaitu dengan menambah jam tidur.

Tubuh setidaknya mebutuhkan waktu delapan jam agar bisa bekerja dan berfungsi kembali dengan baik. Tapi untuk penyebab mata kuning kedua, yaitu insomnia, ada baiknya anda melakukan konsultasi pada ahlinya agar diberikan pengobatan professional.

Terlalu Stress

Terlalu memikirkan masalah selain menyebabkan kepala pusing, ternyata bisa ditunjukkan pula dengan mata yang kuning. Orang yang terlalu banyak memikirkan masalah biasanya memiliki mood yang sangat sensitif dan mudah tersinggung.

Selain itu, juga tidak mampu menikmati waktu aktivitas sehari-hari bahkan saat bersantai karena otaknya akan selalu berputar mencari jalan keluar untuk memecahkan beban masalah yang dipikirkannya.

Cara menghilangkan mata kuning pada penyakit yang satu ini adalah dengan mencoba mereleksasikan pikiran agar otot-otot sekitar kepala baik mata ataupun rahang tidak terlalu tegang.

Relaksasi pikiran sangat baik bagi orang yang sedang stress karena selain menenangkan otot, juga dapat membuat seseorang berpikir lebih jernih dan tenang agar masalah yang bertumpuk selama ini menjadi lebih mudah dipecahkan.

Sumbatan Saluran Empedu

Memiliki mata yang kuning bisa jadi salah satu pertanda terdapat masalah pada fungsi empedu atau hati. Dalam kasus yang lebih parah adalah salah satu indikasi terdapat tumor pada pankreas.

Pada penyebab ini, biasanya diawali dengan terjangkitnya penyakit terutama bila mata kuning disertai dengan gejala lainnya seperti mual, badan selalu merasa lemas dan lelah, tidak memiliki nafsu makan, serta demam yang tinggi.

Bila beberapa gejala ini telah nampak maka ada baiknya bila anda sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter agar penyakit yang diderita tidak menjadi lebih kronis.

Asap

Asap apapun itu sebenarnya menjadi penyebab pertama tidak langsung yang menyebabkan mata menjadi kuning. Bisa diperhatikan pada orang yang suka merokok, biasanya memiliki warna mata yang lebih kusam.

Bagi mereka yang selalu bersentuhan dengan asap baik makanan ataupun rokok, sebaiknya mulai jauhkan wajah dari asap tersebut agar mata tidak terkena udara panasnya.

***

Demikianlah beberapa penyebab mata menjadi kuning dan bagaimaan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!