Loading...

11 Tips Jadi Copywriter Hebat

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

TERUSKAN.COM – Perkembangan industri berbasis internet belakangan tahun terakhir, tentunya memberi peluang bagi anda yang gemar kegiatan tulis menulis. Tidak hanya industri media massa, namun bisnis penjualan produk dan jasa yang juga marak ditawarkan lewat internet atau jejaring sosial media, membuat semakin banyak dibutuhkan para penulis konten.

Nah, tentu saja, konten di masing-masing media menjadi pembeda antara deskripsi kerja satu penulis dengan penulis lain. Beda, dengan profesi jurnalis atau penulis novel, kali ini akan dibahas profesi copywriter di mana tulisan yang dihasilkan harus bisa membuat orang yang membacanya tertarik membeli sebuah jasa atau produk suatu brand company.

Tips Menjadi Copywriter

Loading...

Cukup menantang ya? Mari simak sedikit tips menjadi copywriter hebat berikut, yang mungkin dapat membantu anda.

Kenali audiens anda

Hal penting yang harus diketahui seorang copywriter adalah mengenali audiensnya. Jika anda mengetahui apa yang mereka inginkan atau pikirkan, anda bisa sepenuhnya menggenggam mereka sebagai calon konsumen potensial.

Terus melakukan penelitian

Teruslah lakukan penelitian atas produk anda. Mengenali sebuah produk dapat membantu anda memahami Unique Selling Point (USP) dan tentu saja anda bisa lebih mudah menjualnya dengan berbagai ide kreatif anda.

Dapatkan pengalaman

Tidak ada hal mudah di dunia ini, begitu juga dengan profesi seorang copywriter. Namun, giat berlatih akan membuat hasil tulisan anda semakin berkembang. Jangan langsung frustrasi menghadapi klien rewel atau bos yang keras. Biarkan, pengalaman yang akan membuat anda makin berkembang menjadi copywriter hebat.

Buatlah sebuah tren

Cobalah membuat suatu yang beda lewat konten video atau tagline, di mana anda harus membuat sebuah produk dibicarakan banyak orang. Jadi, cobalah terus berbagi dan berbagi lewat berbagai media.

Sempurnakan bahasa

Sebuah bahasa menjadi kunci utama pekerjaan seorang copywriter. Kesalahan penggunaan kata, penyebutan atau tata bahasa hanya akan membuat tulisan anda menjadi sampah.

Tampil mencolok

Dalam hal ini, artinya ide-ide anda harus mencolok dan mampu mencuri perhatian banyak orang. Buatlah ide-ide yang tak biasa. Anda bisa menjadikan konsep iklan sebelumnya sebagai inspirasi, lalu cobalah memodifikasinya.

Lakukan brainstorming

Dalam industri kreatif, proses brainstorming sangat penting. Anda bisa melakukannya saat pagi hari bersama para klien. Kumpulkan ide-ide dari banyak pihak, tentu hal ini akan jadi cara terbaik untuk menghasilkan ide-ide segar.

Berpikir ulang

Sebagai copywriter, sangat penting untuk secara cepat menetapkan atau membuat perubahan pada hasil karya anda sesuai keinginan klien. Anda juga harus menyiapkan revisi konsep jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Miliki hasrat

Profesi copywriting sangat erat berhubungan dengan hal-hal kreatif, di mana anda bermain dengan kata-kata dan berbagai ide yang harus memunculkan dampak tertentu. Hasrat atau passion adalah bahan bakar pekerjaan seorang copywriter, yang dapat membantu anda bekerja di bawah tekanan, meski begitu anda sangat menyukainya.

Ikuti perkembangan situasi

Dunia ini penuh dengan berbagai perubahan, begitu juga dengan audiens anda. Mereka akan selalu membutuhkan sesuatu yang baru. Jadi tetaplah ikuti perkembangan pasar dan kompetitor.

Ambil insipirasi masa lalu

Di masa lalu, banyak sekali macam-macam jenis iklan dan kampanye, yang menarik perhatian audiens mereka. Bahkan, beberapa di antaranya masih begitu lekat di ingatan. Misalnya, brand Nike atau Cadbury, di mana iklannya memiliki ruang spesial di hati banyak orang. Coba ambil insiprasi dari mereka dan belajarlah bagaimana mereka sukses melakukannya.

**

Dengan disenjatai 11 tips ini, dan tentu saja secangkir kopi harum di hadapan anda, bersiaplah menjadi copywriter hebat dalam industri anda 🙂