Loading...

5 Langkah Cara Buat Web Toko Online di WordPress

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Internet

5 Langkah Cara Buat Web Toko Online di WordPressTERUSKAN.COM – Banyak orang yang baru belajar memulai bisnis secara online, biasanya masih berpikir dua kali untuk mengeluarkan modal yang lebih banyak.

Misalnya, membuat sebuah toko online profesional yang membutuhkan biaya besar untuk menyewa jasa pembuat web, pasti mereka akan mengesampingkan hal tersebut untuk pertama kali, dengan alasan modal tadi.

Nah, jika Anda juga berpikir seperti itu, ada baiknya untuk memanfaatkan toko online berbasis web yang gratis saja. Selain lebih aman dalam soal modal, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Loading...

Salah satunya adalah dengan cara buat web toko online di WordPress. Penyedia layanan web gratisan ini memiliki plug-in WP e-Commerce yang bisa mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki sebuah toko online. WP e-Commerce ini merupakan plug-in keranjang belanja atau shopping cart yang tersedia pada web berbasis WordPress.

Saat ini, WP e-Commerce membuat WordPress menjadi pilihan banyak pebisnis pemula untuk toko onlinenya, karena plugin yang dikembangkan oleh GetShopped.org ini ini cukup kuat untuk sebuah web gratisan. Dengan plugin ini, maka web WordPress Anda akan menjadi sebuah toko online yang menarik.

Cara Buat Web Toko Online

Untuk bisa membuatnya, sangat gampang sekali. Yang penting Anda sudah memiliki sebuah web WordPress. Berikut ini adalah lima langkah cara buat web toko online di WordPress:

Login ke halaman admin WordPress Anda dengan memasukkan alamat http://www.namatokoonline.com/wp-admin pada browser internet, lalu ikuti 5 langkah berikut ini:

  1. Klik Post > All Post, dan hapus posting default pada instalasi tersebut. Begitu juga pada halaman “All Pages”.
  2. Klik Posts > Categories, dan buat kategori yang sesuai dengan produk yang akan Anda jual. Jangan lupa buat juga deskripsi dari setiap kategori tersebut.
  3. Ganti theme default pada web tersebut dengan sebuah theme WordPress khusus untuk toko online, dengan cara klik Appearance > Themes > Instal Themes > Uploads. Kemudian, pilih e-Commercer theme yang diinginkan, dan aktifkan.
  4. Buka Plugins > Add New, serta ketikkan “WP e-Commerce” pada kolom pencarian dan klik Search Plugins. Setelah mendapatkannya, klik Install Now dan Activate Plugin untuk memasang plugin tersebut pada calon toko online Anda.

Setelah melakukan lima langkah cara membuat web toko online di WordPress di atas, maka toko online Anda pun sudah jadi. Dengan menggunakan plugin WP e-Commerce tersebut, toko online Anda tidak akan kalah jika dibandingkan dengan model professional.