Loading...

Cara Membersihkan Alat-alat Elektronik di Rumah

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Keluarga

Cara membersihkan alat elektronikTERUSKAN.COM – Ada pepatah yang mengatakan kebersihan luar menyimpulkan pribadi kita, berarti anda harus mulai berpikir untuk membersihkan lingkungan anda seperti rumah, tempat kerja di kantor anda, dan alat-alat elektronik lainnya. Dengan menciptakan kebersihan maka anda akan bebas dari penyakit.

Ada studi yang mengatakan “telepon genggam 18 kali lebih penuh kuman dibanding pegangan toilet” menurut Stanford University, yang dikutip dari laman Today beberapa waktu yang lalu.

Membersihkan alat-alat elektronik kesayangan anda mempunyai cara tersendiri, bukan asal-salan. Salah-salah elektronik anda rusak.

Loading...
  • Cara pertama adalah memastikan semua alat elektronik atau gadget anda dalam keadaan mati. Bila perlu cabut colokan atau baterainya.
  • Cara kedua yaitu hindari mengggunakan produk pembersih yang mengandung kimia berat, seperti amonia. Senyawa kimia ini akan merusak lapisan sejumlah layar gadget atau elektronik kesayangan anda. Selain itu hindari pemakaian cairan disinfektan, kecuali untuk keyboard atau remote TV.
  • Yang ketiga, jangan biarkan semprotan cair apapun langsung ke alat. Hal ini akan berdampak kerusakan bagi alat elektronik atau gadget anda. Jika anda ingin membersihkan menggunakan cairan pembersih, gunakan dengan lap bersih baru, lalu anda dapat mengusapkan alat-alat kesayangan dengan kain lap tersebut perlahan-lahan.

Nah, alat elektronik apa saja sih yang dapat anda bersihkan, berikut penjelasannya.

Remote kontrol

Kebersihan benda ini jarang terjamah oleh anda, bahkan mungkin tidak pernah berniat untuk membersihkannya. Padahal banyak kuman dan debu yang bersarang di antara angka-angka remote TV atau remote lainnya.

Sebenarnya mudah saja untuk membersihkannya, cukup menggunakan kapas korek kuping untuk membersihkan kotoran dan debu di antara tombol-tombol tersebut. Lakukan secara berkala, sekitar 2 kali dalam seminggu.

Mouse

Benda kecil ini berfungsi saat anda menggunakan laptop atau komputer, anda akan lebih mudah menjelajahi windows dengan mouse. Tahukah anda bahwa gadget kecil ini pun menjadi magnet yang cepat menyebar bagi kuman.

Mouse memiliki banyak bentuk, jika mouse anda dari mekanikal baiknya bagian bolanya di lap menggunakan kain lembut. Kemudian anda dapat membersihkan seluruh mouse menggunakan kain lembut yang lembab.

Jangan lupa menggunakan kapas yang dibalutkan ke lidi atau korek kuping untuk membersihkan bagaian kecil mouse sehingga anda mencapai titik yang sulit. Sementara untuk mouse optikal, cukup menggunakan lap bersih kering.

Headphone

Headphone merupakan benda yang hampir setiap hari menemani anda, ternyata perlu dibersihkan juga loh. Membersihkannya harus ekstra hati-hati menggunakan kain bersih dengan dicampurankan sedikit sabun dan air. Kemudian basahkan kain dan bersihkan headphone pelan-pelan.

Jika anda memiliki ear buds, cukup menggunakan larutan alkohol isopropyl dengan kapas korek kuping untuk membersihkannya. Setelah usai membersihkannya jangan lupa mengelap kembali headphone dan ear buds anda, tunggu beberapa menit. Barulah anda dapat menggunakannya kembali seperti semula.

Lakukan seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya. Semakin sering anda menggunakannya, maka semakin sering juga anda membersihkannya.

Telepon genggam

Telepon genggam anda sebaiknya seringlah dibersihkan, guna mencegah kuman dan debu yang menempel di telingga maupun di tangan anda.

Caranya, bersihkan dengan kain yang sudah dibasahkan sedikit air. Atau menggunakan tisu basah yang khusus ditujukan membersihkan barang elektronik. Setelah itu keringkan dengan tisu kering atau lap. Jangan lupa mematikan dan mencabut baterai anda.

Komputer atau Laptop

Pastinya anda jarang membersihkan benda ini bukan? Biasanya dibersihkan saat debu terlihat jelas, selebihnya jarang.

Kebersihan komputer atau laptop perlu terjaga setiap hari, cukup membersihkannya dengan tisu kering sampai ke tombolnya. Saat menutup laptop, lapisi dengan tisu atau anda membeli pelindung tombol. Sementara komputer jangan lupa menutup dengan kain bersih. Ingat ganti kain penutup komputer minimal seminggu sekali.