Loading...

Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B12

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B12

Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B12

TERUSKAN.COM – Vitamin B12 termasuk kedalam salah satu jenis vitamin yang mempunyai sifat bisa larut dalam air, sama seperti vitamin C. Nama lain vitamin B12 adalah Cyanocobalamin.

Tidak ada banyak orang yang mengetahui dan mempelajari lebih dalam tentang vitamin ini karena dianggap kurang popular jika dibandingkan dengan vitamin yang lainnya. Vitamin B12 termasuk kedalam salah satu bagian dari vitamin B.

Loading...

Vitamin B12 sendiri mempunyai peran yang tidak kalah penting dari vitamin yang dibutuhkan oleh manusia. Hal ini dikarenakan vitamin B12 sangat memiliki keterkaitan dengan otak dan fungsi dari susunan syaraf dari seseorang.

Sel-sel pada otak sangat rentan dengan serangan dari radikal bebas jika tidak segera dilindungi. Vitamin ini bisa membuat pelindung yang bisa melapisi sel otak dari potensi kerusakan.

Fungsi yang lebih mencengangkan lagi adalah vitamin ini sangat erat kaitannya dengan regulasi dan proses sintesis atau lebih dikenal dengan proses pembentukan dari DNA. Ini adalah salah satu kegunaan yang sangat mengagumkan dan tidak bisa didapatkan dari suplai vitamin yang lainnya.

Vitamin B12 Berperan Penting dalam Proses Replikasi DNA

Vitamin B12 Berperan Penting dalam Proses Replikasi DNA

Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh seseorang yang mengkonsumsi sumber vitamin B12 dengan rutin adalah proses pembentukan sel darah yang stabil. Ini adalah hal yang sangat penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia.

Komposisi tubuh manusia yang delapan puluh persen terdiri dari cairan ini memang termasuk kedalam darah. Darah yang bisa dibentuk dengan stabil dan jumlah yang tepat bagi seseorang, berdasarkan umurnya, memang sangat penting.

Pembentukan sel darah yang stabil bisa menghindarkan seseorang terkena penyakit anemia. Ini adalah salah satu penyakit yang akan menyerang seseorang yang kekurangan produksi sel darah merah.

Sel darah merah yang tidak terbentuk dengan baik, bahkan jumlahnya kurang dapat dipastikan tidak akan bisa mengedarkan oksigen keseluruh tubuh seseorang. Orang yang terkena anemia akan mudah lelah dan cepat pusing setelah lama duduk kemudian langsung berdiri.

Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

Vitamin B12 juga sangat berguna untuk memperbaiki sel atau jaringan yang rusak. Salah satu contoh adalah ketika seseorang sedang sakit atau luka.

Maka vitamin B12 yang ada didalam tubuh seseorang akan dengan cepat memperbaiki kerusakan dan menggantinya dengan sel yang baru jika kerusakan sudah parah sekali. Orang yang sedang sakit akan mudah lemas dan lelah sekalipun tidak beraktifitas.

Mengkonsumsi vitamin ini dalam porsi yang cukup akan segera membuat pasien menjadi lebih bugar dan segar. Namun tentunya hal ini tidak akan dirasakan secara instan.

Selain itu, vitamin ini juga berguna untuk merubah kandungan makanan, seperti karbohidrat, protein dan lemak, yang dikonsumsi diubah menjadi energi. Inilah yang membuat mengapa seseorang yang sakit bisa kembali sehat setelah mendapatkan asupan yang tepat.

Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Hal mengagumkan lainnya yang bisa dilakukan oleh vitamin B12 adalah dimana kemampuannya untuk mencegah seseorang terkena stroke dan penyakit jantung.

Hal ini bisa dilakukan karena vitamin B12 dapat menghentikan proses penyumbatan pada pembuluh darah yang sangat sering terjadi pada pasien yang mempunyai potensi resiko penyakit stroke.

Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Vitamin B12 Dapat Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Istilah kimia yang digunakan untuk vitamin B12 adalah Cyanocobalamin. Ini mungkin adalah istilah yang cukup asing bagi seseorang yang tidak bergelut di bidang ini.

Kebanyakan orang memang tidak tahu dengan hal-hal detail dari vitamin B12. Beberapa orang hanya tahu bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin ini maka seseorang bisa meminum suplemen yang bisa didapatkan dengan mudah di toko.

Suplemen dengan merk tertentu memang sengaja menyediakan kapsul yang berisikan dengan vitamin B12. Hal ini dikarenakan vitamin B12 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia melainkan didapatkan dari sumber makanan.

Jadi mereka yang merasa bahwa dirinya kekurangan vitamin ini bisa mendapatkan asupannya dengan mudah.

Orang yang biasanya mencari suplemen dengan kandungan vitamin ini biasanya adalah mereka yang vegetarian. Seseorang yang vegetarian, yang pada prinsipnya tidak makan makanan yang berasal dari hewan, akan sangat sulit mendapatkan asupan vitamin ini.

Sumber Vitamin B12

Sumber dari vitamin B12 sendiri bisa didapatkan dari daging, telur, daging ayam, dan protein hewani yang lainnya. Sebagai tambahan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa tempe ternyata mengandung vitamin ini walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Berbeda dengan vegetarian yang hanya membutuhkan vitamin B12 dalam jumlah yang normal, orang yang terkena HIV justru harus mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang rutin sekalipun mereka makan daging.

Ini dikarenakan orang yang terkena HIV mempunyai ketahanan tubuh yang akan terus menerus turun dikarenakan serangan dari virus ini. Asupan vitamin B12 yang rutin dan dalam jumlah yang terus meningkat seiring dengan kondisi pasien yang semakin memburuk sangat dianjurkan.

Vitamin B12 bisa membantu pasien mendapatkan kekebalan tubuh. Sel-sel yang rusak secara kontinyu akan diperbaiki sekalipun dalam waktu yang lambat dengan mengkonsumsi vitamin ini.

Suntikan Vitamin B12

Suntikan Vitamin B12

Sebagian orang yang merokok, wanita yang akan mengalami menopause, dan orang yang sangat rentan dengan stress sangat disarankan untuk segera mengkonsumsi vitamin B12 secara rutin untuk memastikan bahwa keadaan mereka stabil dan sehat.

Beberapa ahli medis bahkan menyarankan orang yang kekurangan vitamin B12 mendapatkan suntikan atau injeksi ke dalam tubuhnya melalui pembuluh darah.

Suntikan ini bisa dilakukan di daerah lengan atau bokong daripada di bagian tubuh yang lainnya. Suntikan ini akan langsung di terima dan diserap oleh tubuh sehingga manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu yang cukup cepat.

Namun ada baiknya orang yang hendak melakukan ini berkonsultasi dulu pada dokter untuk mendapatkan berapa asupan vitamin B12 yang tepat agar sesuai dengan kebutuhannya mengingat kebutuhan setiap orang akan berbeda.

Asupan vitamin B12 yang tepat untuk satu orang dewasa adalah sekitar 2.4 mikro gram saja dalam satu hari. Sebagian ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 6 mikro gram supaya kebutuhan sehari-hari lebih terpenuhi dan untuk memastikan bahwa tidak ada kandungan yang terbuang didalam perjalanan proses penyerapan dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan vitamin ini cukup sulit diserap dengan mudah oleh tubuh. Maka jumlah yang lebih besar sangat dianjurkan untuk masuk kedalam tubuh.

Lemah Letih dan Lesu adalah Tanda Kekurangan Vitamin B12

Lemah Letih dan Lesu adalah Tanda Kekurangan Vitamin B12

Mengingat vitamin B12 tidak bisa di produksi sendiri didalam tubuh, maka ada baiknya seseorang mengkonsumsi sumber makanan dan jika memang benar-benar diperlukan, bisa meminum suplemen seperti yang sudah dibahas diatas.

Orang yang kekurangan vitamin B12 akan mengalami penurunan kestabilan tubuh dan kesehatan, mudah lemas dan tidak bisa berpikir dengan baik. Salah satu contoh yang nyata adalah dimana mereka kehilangan konsentrasi dalam waktu sekejap saja.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12 akan mengalami masalah yang berhubungan dengan sistem kognitif, yakni sistem yang berhubungan dengan kemampuan berpikir seseorang.

Nah, sudahkah tubuh anda mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup hari ini?