Loading...

Solusi Mengatasi Rekan Kerja Yang Menjengkelkan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Dunia Karir

TERUSKAN.COM – Bagi kebanyakan orang, pekerjaan tentunya selalu melibatkan orang lain, entah itu atasan, rekan kerja ataukah konsumen. Kecuali bila Anda bekerja dari rumah.

Kantor adalah tempat dimana Anda akan harus berurusan dengan hal-hal yang kurang menyenangkan, yang kemudian dapat menimbulkan rasa tidak suka pada orang-orang dengan siapa Anda bekerja.

Solusi Mengatasi Rekan Kerja Menjengkelkan

Loading...

Jika Anda merasakan hal yang sama, simaklah beberapa hal berikut yang dapat membantu Anda untuk mengatasi rekan kerja yang menjengkelkan.

Rekan kerja yang bau

Ada banyak alasan yang dapat membuat Anda merasa jengkel kepada orang lain, salah satunya adalah bau atau aroma yang disebarkan oleh orang tersebut.

Bekerja di perusahaan orang lain berarti Anda cenderung untuk berada dalam jarak yang cukup dekat dengan rekan-rekan kerja Anda, dan hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Misalnya saja rekan kerja tersebut selalu menggunakan cologne terlalu banyak, sering mengkonsumsi bawang putih ataukah memiliki kebiasaan mengupil, ini tentu akan membuat Anda merasa risih, apalagi jika bilik kerja Anda bersebelahan dengan bilik kerja orang tersebut.

Nah, solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memindahkan meja atau mulailah melakukan percakapan pribadi dengan rekan kerja tersebut untuk membiarkan dia tahu bahwa Anda sangat sensitif terhadap bau yang kuat dan membuat Anda mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Rekan kerja ‘penjilat’

Tidak ada siapapun yang ingin memiliki kesan buruk dengan atasan mereka. Memberikan sapaan hangat kepada atasan setiap pagi atau memberi ucapan selamat ulang tahun merupakan suatu hal yang wajar dilakukan, tapi pasti selalu saja ada pihak penjilat atau mereka yang selau merayu dan menyebarkan pujian dengan maksud tertentu.

Hal ini dapat membuat siapa saja menjadi kesal dan menimbulkan rasa tidak suka. Nah, jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang tersebut.

Yang harus Anda lakukan hanyalah melakukan pekerjaan Anda sebaik-baiknya, dengan ini atasan akan melihat sendiri bagaimana usaha dan kerja keras yang Anda lakukan.

Rekan kerja penggosip

Rekan kerja seperti ini pasti selalu ada di setiap perusahaan. Mereka selalu menyebar rumor, dan kemudian membiarkan orang mendengarkannya dengan penuh perhatian. Ini tentunya bukan masalah besar bagi Anda, namun bagaimana bila Anda yang menjadi bahan gossip mereka?

Solusinya adalah jangan menjalin hubungan pertemanan dengan mereka di dunia maya seperti Facebook atau situs media sosial lainnya, selain itu hindari untuk memberitahu mereka segala hal pribadi tentang Anda, karena ini dapat dijadikan bahan untuk menyerang Anda.

Rekan kerja pengganggu

Hampir sama dengan penggosip, rekan kerja pengganggu sayangnya selalu muncul di sebagian besar tempat kerja. Untuk mengatasinya, jangan pernah membiarkan mereka tahu bahwa Anda terganggu oleh mereka.

Para pengganggu akan kehilangan minat ketika seseorang tidak memberi mereka perhatian yang mereka butuhkan.

Rekan kerja pemalas

Terkadang Anda akan menemui rekan kerja yang malas dan kurang bersemangat. Orang seperti ini tentunya akan membuat pekerjaan yang Anda lakukan terasa lebih sulit, karena mereka memiliki kecenderungan untuk membiarkan Anda melakukan segala hal sendirian.

Yang harus Anda lakukan adalah tetap menunjukkan sikap sopan dan profesional llau beritahu rekan kerja tersebut untuk mengubah sifat malasnya itu, jika hal ini rupanya tidak efektif, maka cobalah bicarakan dengan atasan Anda.

**

Satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah ketika berhadapan dengan rekan kerja yang menjengkelkan, cobalah untuk tetap tenang dan tampak tidak peduli. Cukup lakukan pekerjaan Anda dengan baik dan pastikan Anda benar-benar fokus pada tugas-tugas Anda, dan bukan pada rekan kerja Anda.