Loading...

5 Destinasi Wisata Di Sidoarjo

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Sidoarjo memiliki beragam wisata yang dapat menghibur anda di saat kepenatan datang menghampiri. Sidoarjo merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Lokasi kabupaten ini juga tidak sulit dicari, tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa ada destinasi wisata di sidoarjo yang bagus dan tentunya menambah pengalaman wisata anda.

Di Indonesia sendiri setiap kabupatennya pasti memiliki objek wisata, namun belum adanya penyebaran yang merata dan informasi yang hanya memadai, jelas membuat objek wisata di Indonesia tidak banyak yang tahu.

Loading...

Sebenarnya destinasi wisata di sidoarjo tidak hanya 5, melainkan cukup banyak. Hanya saja kali ini cukup membagi informasi mengenai 5 destinasi wisata di Sidoarjo.

1. Alun-alun Sidoarjo

alun-alun sidoarjo

Alun- alun di sidoarjo berada di tengah kota, dan juga merupakan salah satu simbol sebuah pemerintahan. Alun- alun Sidoarjo memiliki background tugu, pendopo dan gambar logo yang dapat dijadikan kenangan lewat mengabadikannya dalam beberapa foto. Tentu saja foto yang anda dapatkan di alun-alun ini berbeda yang sangat Sidoarjo sekali.

Waktu malam adalah waktu yang cocok dan sering ramai dikunjungi para pelancong baik dari dalam maupun kota atau mancanegara. Keindahan alun-alun sidoarjo lebih terasa indahnya, karena ada lampu-lampunya.

Bangunan lainnya juga ada di dekat alun-alun ini, seperti Masjid Agung Sidoarjo, Wisma Delta Wibawa, dan Tugu Sidoarjo.

2. Lumpur Lapindo

lumpur lapindo

Lumpur lapindo bukan hanya menjadi masalah saja, tetapi tanggul lumpur yang berada di Jalan Raya Porong dapat dijadi pilihan untuk hunting foto, karena pemandangan lumpur Lapindo yang eksotis bagus untuk berfoto.

Namun, ingat harus hati-hati dan menjaga jarak, alih-alih mengambil foto, lumpur lapindo malah akan menyembur anda.

3. Candi Pari

candi pari

Candi Pari terletak di desa Sawahan, Porong Sidoarjo. Candi Pari merupakan salah satu Candi peninggalan masa lampau yang masih di lestarikan di Sidoarjo. Anda dapat berlibur sekaligus belajar tentang sejarahnya, tentu akan ada manfaat lain selain berekreasi dengan keluarga anda.

4. Pantai Kepetingan

pantai kepettingan

Kepetingan atau Pantai Ketingan menjadi objek wisata pantai di Kabupaten Sidoarjo. Kepetingan sendiri berada di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran.

Jalur ke Pantai Kepetingan menembus dari Bluru Kidul (Sidoarjo), Balongdowo (Candi), Karanggayam (Sidoarjo), Gisik Cemandi (Sedati), dan Kalanganyar (Sedati) hanya dengan menggunakan perahu yang bisa anda sewa dari nelayan setempat.

Jika pilihan anda menggunakan jalur darat agak sulit, karena di saat musim hujan medannya sangat mustahil untuk dilalui. Terlebih tambak-tambak dan hutan mangrove.

Pantai Kepetingan ini akan ramai dikunjungi pada hari libur dan puncaknya , karena waktu itu ada tradisi upacara Nyadran. Pantai Kepetingan akan sangat penuh, tetapi bila hari biasa tidak terlalu padat atau banyak pengunjungnya.

5. Sun City Waterpark

suncity waterpark

Sun City Waterpark dibangun pada tahun 2004 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum dan masyarakat sidoarjo khususnya untuk tempat rekreasi kolam renang di kota Sidoarjo. Sun City Waterpark terletak di Komplek Suncity yang berada di jl. Pahlawan no. 1 Sidoarjo.

Pintu gerbang hanya sekitar 10 meter disertai ornamen bertema Mesir. Wahana air yang disediakan cukup luas. Fasilitas yang ada di Sun City Waterpark adalah panggung hiburan, permainan air dragon sliding, water boom, life guard dan medical center.