Loading...

Kedahsyatan Kapulaga Bagi Tubuh Manusia

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tanaman yang subur ini mudah hidup di Indonesia yang beriklim tropis. Kapulaga masih memiliki kaitan persaudaraan dengan tanaman jahe. Biasanya kapulaga ditambahkan ke dalam masakan untuk menambahkan cita rasa.

Kapulaga selain bermanfaat bagi tubuh manusia, juga berfungsi sebagai media hijau yang menyegarkan mata. Sebaiknya ditanam dalam suhu kurang lebih 22 derajat celcius, jika ditanam di tempat yang dingin akan mati. Bisa juga di letakan di ruangan, tetapi ingat tanpa AC.

Khasiat Kapulaga

Kedahsyatan Kapulaga Bagi Tubuh Manusia

Loading...

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat kapulaga untuk  tubuh manusia, mulai dari kesehatan organ dalam tubuh hingga perawatan kulit dan rambut. Kami berbagi informasinya berikut ini.

Mengontrol Asam lambung

Kedahsayatan kapulaga ternyata cocok untuk perut, yang bermanfaat untuk mengontrol kesehatan empedu dan cairan lambung. Bagi anda penderita maag sangat baik mengonsumsi kapulaga yang dicampurkan ke makanan atau minuman, yang dapat membantu anda terhindar dari penyakit asam lambung.

Menjaga Kesehatan Mulut

Kapulaga dapat membantu menjaga kesehatan mulut, karena mampu mencegah bau mulut dengan cara mengunyahnya, mencegah nyeri gigi, menjaga kesehatan gigi dan gusi. karena mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiatnya yang lain adalah dapat mengatasi flu dan batuk, bronkhitis, dan asma. Efek terbaik dari kapulaga bisa menenangkan dan membantu mengencerkan dahak dari penyumbatan pada hidung dan tenggorokan. Kapulaga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang disebab bakteri sehingga dapat dijadikan pelawan bakteri dan pathogen.

Baik Untuk Kulit dan Rambut

Adakah diantara anda yang ingin menjaga kesehatan kulit dan rambut? Jika iya, kapulaga salah satu pilihan yang tepat, karena mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri fungsinya menghambat kerusakan dari radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput, dan mencegah penuaan dini.

Vitamin yang lain adalah vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit terasa kenyal dan berkilau alami. Untuk yang memiliki masalah dengan ketombe, kapulaga dapat anda tumbuk halus dan dicampurkan air, barulah diolesi di rambut.

Khasiat berikutnya untuk mencegah terjadinya jerawat dan noda hitam karena dan anti bakterinya dapat membantu mencegah terjadinya alergi kulit.vitamin C itu juga penting untuk mencegah osteoporosis.

Khasiat Teh Kapulaga

Khasiat Teh Kapulaga

Menurunkan Berat Badan

Kapulaga dapat membantu menurunkan berat badan, jadi manfaatkan kapulaga demi mendapatkan berat badan yang ideal.

Dari penelitian, fungsi dari penurunan berat badan adalah meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh dan mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Maka anda akan lupa makan siang atau mungkin makan malam berkat kapulaga ini.

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah diakibatkan naiknya darah, di dalam kapulaga ada berbagai serat dan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dengan cara menetralisir efek natrium di dalam tubuh. Sifat analgesik dari kapulaga mampu menghilangkan rasa sakit, nyeri otot, kejang, dan sifat anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain kandungan di atas, sifat diuretik yang dimiliki kapulaga penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih seperti sistitis dan nefritis.

Menghambat Metabolisme Sel Kanker

Kanker menjadi musuh besar manusia, tapi di dalam kapulaga ada anti karsinogen yang memiliki fungsi menghambat metabolisme sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan fitokimia, IC3 (indol-3-karbinol), dan DIM (diindolilmetan) dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium.

Meningkatkan Gairah Seksual

Untuk meningkatkan gairah seksual, kapulaga mempunyai sifat afrosidiak yang mampu menghindarkan dari impotensi dan ejakulasi dini. Jadi apabila anda terindikasi mengalami gejala impotensi dan ejakulasi dini, segera cari tanaman ini dan konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Memperbaiki Suasana Hati

Bagi anda yang sedang merasa sedih atau tidak bersemangat, cukup meminum secangkir teh kapulaga. Dengan demikian anda bisa meningkatkan kembali suasana hati. Penyebab kapulaga dapat mengubah mood, karena sifat anti depresan yang ada di dalamnya.

Melembabkan Bibir

Masalah lain wanita adalah bibir yang tidak lembab, maka gunakan kapulaga yang telah dihaluskan kemudian olesi ke bibir dengan alaminya bibir akan lembab, dan khasiat lainnya memperlancar buang air kecil.