Loading...

Makanan Khusus Untuk Menurunkan Kolesterol

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

cara menurunkan kolesterol

TERUSKAN.COM – Kolesterol bisa mengancam siapa saja karena kolesterol pada dasarnya dipicu pola makan yang tidak benar. Pola makan inilah yang akan membuat anda mengalami kolesterol, sebagian besar dari anda akan mengalami kolesterol di usia dewasa atau usia lanjut.

Menurut penelitian, anda dapat menurunkan kadar kolesterol dari makanan juga. Jadi selain makanan dapat mengakibatkan kenaikan kolesterol, ternyata makanan juga bisa menurunkan kolesterol. Hanya saja ini bukanlah makanan biasa, melainkan makanan khusus untuk menurunkan kolesterol.

Loading...

Apa sajakah jenis makanan yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah? ini dia:

1. Bayam

Sayuran yang satu ini sudah terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan ,juga dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh, membantu meingkatkan produksi kolesterol baik, dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jangan takut untuk memasukkan bayam di menu makanan anda, agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

2. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh yang ada di alpukat dapat meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh. Makanan ini tidak hanya enak, tapi juga kaya manfaat bagi penderita kolesterol tinggi.

3. Delima

Buah delima yang lebih akrab dengan sebutan buah pome ini sangat baik untuk tubuh, karena kandungan buah ini dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol di dalam tubuh dan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam arteri dalam tubuh.

Jadi manfaatkan buah manis berbiji ini untuk penurun kolesterol anda.

makanan penurun kolesterol

4. Anggur

Buah anggur yang biasanya dijadikan wine ini ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi dua gelas jus anggur per hari, maka anda akan lebih terlindungi dari bahaya kolesterol.

Anda juga bisa mengonsumsi buah anggur secara langsung sebagai camilan sehat, untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Tomat

Tomat memiliki manfaat untuk menurunkan kadal lemak jahat dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah tomat 1 gelas perhari untuk menghindar dari berbagai penyakit serius yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi. Makanan khusus untuk menurunkan kolesterol ini baik juga untuk perawatan tubuh lainnya.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari buah tomat yang berwarna merah, selain bisa dibuat jus, alangkah lebih enaknya tomat dijadikan tambahan sambel. Tentu anda akan semakin doyan mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya sebagai makanan penurun kolesterol.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon yang biasanya dijadikan sushi ini mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi sehingga dapat berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa memakan mentah seperti sushi. Jika anda tidak suka makanan mentah, dapat mematangkannya dengan oven. Hindari menggoreng dan membakarnya, karena manfaatnya bisa berkurang.

7. Bawang Putih

Si bumbu dapur yang kaya selera ini mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (lemak) dalam tubuh sehingga kolesterol menjadi stabil. Anda bisa mencampurkannya ke makanan, atau langsung dikunyah untuk benar-benar mendapatkan manfaatnya sebagai penurun kolesterol.

8. Kacang-kacangan

Seberapa sering anda mengonsumsi kacang-kacangan? Seperti kacang almon, kedelai, kenari dan kacang tanah. Tentu tidak sesering kan? Sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk menyemil makanan yang memiliki kandungan anti oksida dan omega 3 yang lumayan tinggi dan juga sebagai penurun kolesterol.