Loading...

Cara Menjaga Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Awet dan Langgeng

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Keluarga, Remaja
Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

TERUSKAN.COM – Setiap pasangan pasti memimpikan bisa tinggal serumah setelah menikah dan berumah tangga. Akan tetapi, tidak sedikit pasangan yang terpaksa tinggal berjauhan dengan suami atau istrinya, atau dengan kekasihnya.

Bisa jadi karena pasangan sedang menyelesaikan studi di luar kota atau luar negeri, atau karena tempat kerja pasangan tidak satu kota. Hal ini terkadang bisa menjadi permasalahan tersendiri.

Loading...

Perasaan rindu, curiga, takut sering dirasakan oleh seseorang yang harus menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR).

Nha, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga hubungan jarak jauh (LDR) agar tetap awet dan langgeng:

Saling Percaya

Kepercayaan adalah inti dari suatu hubungan. Kita harus selalu percaya bahwa pasangan kita tidak akan berbuat macam-macam disana. Jika mulai muncul keraguan, ingatlah kembali moment bahagia pernikahan Anda.

Bukankah saat itu Anda berdua sudah berjanji untuk saling setia? Dengan mengingat saat itu, pasti rasa kepercayaan Anda akan muncul lagi. Toh pasangan Anda bekerja di luar kota juga demi masa depan berdua.

Sebaliknya, Anda pun juga harus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pasangan Anda. Anda juga harus setia meskipun tidak bisa selalu bersama.

Saling Komunikasi

Selain kepercayaan, komunikasi juga merupakan hal yang penting. Suami istri yang tinggal serumah saja butuh komunikasi, apalgi yang berjauhan. Setiap hari sempatkanlah untuk menghubungi pasangan, sekedar mengungkapkan rasa rindu, saling menanyakan kabar, ataupun saing bercerita tentang kejadian yang dialami seharian.

Komunikasi adalah Kunci Sukses LDR

Komunikasi adalah Kunci Sukses LDR

Manfaatkan teknologi yang ada saat ini dimana sudah banyak fasilitas yang membutuhkan biaya sedikit, bahkan gratis. Akan tetapi yang perlu diingat, janganlah terlalu sering menghubungi pasangan.

Jangan setiap jam mengirim pesan dan menanyakan lagi di mana, sedang apa, dan sebagainya. Hal ini tentu akan membuat pasangan risih dan merasa tidak dipercaya. Selain itu hal ini juga dapat mengganggu konsentrasi kerja pasangan. Anda tentu tidak ingin performance pasangan Anda menurun, bukan?

Saling Mendoakan

Doa juga tidak kalah penting. Setiap selesai beribadah, khususkan doa Anda untuk pasangan Anda. Mintalah pada Tuhan untuk selalu menjaga hubungan kalian berdua. Mintalah juga pada Tuhan agar secepatnya bisa berkumpul dalam satu rumah.

Saling Mengunjungi

Ada baiknya Anda menabung untuk yang satu ini. Jika ada libur panjang, Anda pasti ingin mengunjungi tempat pasangan Anda saat ini berada. Jadi tidak selalu pasangan yang pulang ke rumah Anda. Hal ini akan memberikan suasana baru dalam kehidupan rumah tangga Anda.

Anda akan mengenal lebih dekat kebiasaan-kebiasaan pasangan di tempat kerjanya. Anda juga bisa memberikan masukan pada pasangan missal penataan ruang kerja, kamar tidur, dapur, atau yang lainnya.

Special Date Saat Pasangan Pulang

Saat kepulangan kekasih, suami atau istri merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu bagi siapa saja yang harus menjalani LDR ini. Jadi pada saat pasangan berada di rumah, hendaknya Anda bisa bersikap lebih baik dan lebih romantis daripada biasanya.

Cara Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Awet dan Langgeng

Cara Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Awet dan Langgeng

Manfaatkan setiap waktu yang ada sebaik mungkin. Ciptakan banyak memori yang dapat dikenang bersama saat berjauhan. Salah satu caranya adalah merencanakan sesuatu yang istimewa setiap kali pasangan Anda berkesempatan untuk pulang.

Anda bisa saja merancang sebuah makan malam yang special, atau mengunjungi tempat wisata yang Anda berdua belum pernah kunjungi, atau apapun itu.

Beri Kenang-kenangan Saat Pasangan Kembali Berangkat

Setelah puas menghabiskan waktu bersama, tibalah saat perpisahan. Jika sudah tiba saatnya pasangan kembali meninggalkan kita, antarkan pasangan ke tempat pemberangkatannya (stasiun/bandara).

Berikan senyum termanis Anda dan jangan menangis, yakinlah bahwa dalam waktu dekat Anda segera bisa bertemu kembali dengannya. Biasakan untuk memberi kejutan kecil sebelum dia berangkat.

Berilah pasangan Anda sebuah benda unik yang bisa dikenang, misal jam tangan atau foto kalian berdua saat berrekreasi. Berilah benda yang mudah dilihat ketika pasangan merindukan Anda.

***

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk orang-orang yang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangannya. Semoga dalam waktu dekat Anda berdua bisa berkumpul kembali.