Loading...

5 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
5 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

TERUSKAN.COM – Kapalan atau kutil dapat terjadi karena seringnya terjadi gesekan yang terus-menerus dan berulang-ulang pada kulit, sehingga kulit tersebut menjadi tebal dan mengeras. Penebalan tersebut biasanya terbentuk pada bagian tumit, sisi atau telapak.

Bagian tubuh yang sering terkena kapalan yakni tangan dan kaki. Kapalan pada kaki terbentuk karena penggunaan sandal atau sepatu yang sempit, sedangkan pada tangan terjadi karena padatnya aktifitas sehingga menekan permukaan kulit.

Loading...

Pengobatan kapalan jauh lebih sulit diobati, maka dari itu sebaiknya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Untuk menghindari kapalan pada bagian tangan sebaiknya memakai penghalang seperti sarung tangan atau pelindung lainnya, sedangkan untuk bagian yang terlanjur tumbuh kapalan, maka bisa dikurangi perkembangannya dengan mengoleskan lotion tiap hari sebelum melakukan aktifitas dan jangan lupa olesi pula pada malam hari sebelum tidur.

Kapalan, Penyakit Yang Kadang Terasa Cukup Mengganggu

Kapalan, Penyakit Yang Kadang Terasa Cukup Mengganggu

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena kapalan, berikut adalah 5 cara menghilangkan kapalan secara alami, aman, dan ampuh, yaitu:

  1. Rendamlah kedua kaki ke dalam air hangat lebih kurang selama 30 menit, lalu gosok kulit kaki dengan sikat atau scrub, atau bisa juga menggunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
  2. Gunakan pelembab atau lotion khusus untuk kaki dan tangan, agar kulit tidak menjadi kering.
  3. Minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dapat pula digunakan untuk melembabkan kuat.
  4. Gunakan pula krim yang mengandung salicylic acid untuk membantu mengelupaskan kulit yang tebal dan keras tersebut, sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  5. Gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kapalan.

Bahan-Bahan Alami Untuk Mengatasi Kapalan

Untuk mengatasi kapalan secara efektif, Anda bisa menggunakan ramuan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di sekitar kita. Bahan-bahan alami untuk menyembuhkan penyakit kapalan antara lain adalah:

Daun Kamboja

Oleskan getah daun kamboja pada bagian yang terkena kapalan, lakukan tiap pagi dan sore hari hingga kapalan mulai menipis dan menghilang.

Jeruk Lemon Segar

Gunakan perasan jeruk lemon segar untuk mengurangi rasa nyeri yang biasanya muncul pada kapalan, diamkan selama satu malam.

Pepaya

Pepaya juga bisa digunakan mengatasi penyakit kapalan. Caranya dengan menghaluskan beberapa potong pepaya mentah, lalu tempelkan pada bagian yang terkena kapalan, lakukan selama 2-3 kali sehari.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki banyak sekali khasiat di bidang kesehatan, salah satunya adalah mengobati kapalan. Haluskan bawang putih kemudian tempelkan pada bagian yang terkena kapalan, diamkan selama satu malam.

Kentang

Ternyata kentang juga tidak luput dari manfaatnya menghilangkan kapalan. Parut beberapa kentang lalu tempelkan pada bagian yang kapalan, tutupi dengan kain kassa lalu diamkan selama 2-3 jam.

***

Demikianlah beberapa cara dan bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kapalan. Jika dilakukan dengan tekun dan teratur, Insya Allah penyakit kapalan yang Anda derita akan segera sembuh.