Loading...

Khasiat dan Manfaat Makan Buah Pinang

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Makan Buah Pinang

Khasiat dan Manfaat Makan Buah Pinang

TERUSKAN.COM – Buah yang bernama Latin Arecha Catechu ini, merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang memiliki berbentuk lonjong dan bewarna kuning keorange-an ini merupakan tumbuhan yang tidak dapat tumbuh dimana saja.

Tumbuhan buah pinang tidak dapat ditemukan di negara-negara yang memiliki empat musim seperti Eropa dan Amerika. Biasanya tumbuhan buah pinang mudah tumbuh dan ditemukan di wilayah Pasifik, benua Asia dan Afrika bagian timur yang dilewati garis lintang sehingga memiliki hawa atau cuaca yang cukup panas.

Loading...

Karena berfungsi sebagai bahan campuran obat-obatan yang penting, sedangkan tumbuhan ini tidak dapat tumbuh disembarang tempat. Maka, kesulitan untuk mendapatkan buah pinang tersebut membuat buah ini menjadi salah satu produk ekspor paling berharga.

Untuk negara Indonesia, buah pinang sangatlah dikenal oleh masyarakat luas, mulai dari Sabang hingga Merauke. Bahkan masyarakat suku pedalaman pun, mengetahui manfaat makan buah pinang untuk kesehatan.

Perkebunan Pohon Pinang

Perkebunan Pohon Pinang

Buah pinang yang memiliki sifat alami sebagai obat memiliki berbagai sebutan mulai dari pineung, panggilan masyarakat Aceh hingga bua, ua, wua, untuk panggilan dari masyarakat di Nusa Tenggara dan Maluku.

Pohon pinang memiliki helai daun panjang dengan ujung yang sobek dan bergerigi. Buah pinang pun memiliki rasa yang pahit karena sebenarnya buah pinang merupakan buah yang bersifat adiktif dan beracun.

Namun, racun buah pinang tidak akan berbahaya bagi tubuh manusia jika buah ini diproses terlebih dahulu. Dalam buah pinang terdapat zat yang sangat berguna untuk obat yaitu arecaide, arecolidine, guracine, gucavoline. dan zat lainnya.

Bila zat yang terkandung dalam buah pinang dimakan tanpa diproses terlebih dahulu, akan menyebabkan kepala menjadi pusing sebagai efek sampingnya.

Khasiat dan Manfaat Buah Pinang

Manfaat makan buah pinang sangatlah beragam. Sebagai obat tradisional, biji buah pinang digunakan sebagai salah satu bahan campuran untuk “nyirih”. Nyirih adalah kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu jaman dahulu sebagai pengganti sikat gigi.

Biji buah pinang digabung dengan kapur, gambir, dan dibungkus daun sirih dan digigit terus menerus dapat membuat gigi menjadi kuat dan bersih. Kegiatan nyirih ini akan mengeluarkan warna merah seperti anggur bila terus dikunyah.

Selain untuk kesehatan gigi, buah pinang juga sangat berguna untuk mengobati sakit cacingan terutama cacing pita. Obat pinang untuk menghilangkan penyakit cacingan, tidak hanya dapat digunakan untuk manusia tapi juga dapat digunakan pada hewan.

Buah Pinang Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan

Buah Pinang Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan

Penyakit seperti penyakit disentri, diare berdarah, dan kudisan dapat diatasi dengan menggunakan buah pinang. Manfaat buah pinang untuk mengobati beberapa penyakit yang telah disebut diatas, bisa didapatkan dengan mudah dalam bentuk obat yang dijual di apotik.

Bagi wanita, manfaat makan buah pinang sangatlah besar karena biji buah pinang yang masih muda dipercaya bermanfaat untuk memperkecil rahim wanita yang membesar setelah melahirkan.

Cara memanfaatkan buah pinang untuk rahim wanita, adalah dengan merebus biji buah pinang yang masih muda dan meminum air rebusan tersebut.

Senyawa Choline, yang terdapat dalam buah pinang pun dipercaya sangat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Manfaat baik lainnya dari memakan buah pinang, adalah untuk menghindari mata rabun dengan mengunyah dan meminum air buah pinang.

*****

Banyaknya manfaat buah pinang, membuat tanaman pinang terutama di Indonesia sering digunakan sebagai apotik hidup juga dapat dijadikan tanaman hias.

Tanaman pinang dapat menjadi tanaman hias karena tanaman yang berjenis palma ini selain memiliki banyak manfaat juga memiliki bentuk tanaman yang menarik, juga tidak membutuhkan banyak perawatan.